Cara Belajar Menguasai Internet Secara Otodidak

Halo juragan,,, Jika anda adalah seorang netter atau pengguna internet, baik pembaca yang masih baru ataupun sudah rada-rada lama, berikut ini juragan cipir ingin berbagi tips trik tentang cara belajar memahami dan mengerti keahlian di internet berdasarkan pengalaman pribadi.Keahlian di internet itu luas. Banyak sekali macam-macam jenis keahlian yang dimiliki oleh orang-orang yang ada di internet. Bagaimana mereka menemukan dan mengasah keahliannya? Dari membaca. Ya,, dari membaca di internet, lalu diterapkan pada dirinya dan kemudian direalisasikan. Jadi tidak hanya sekedar membaca saja.

Berikut ini pengalaman pribadi saya ketika pertama kali mulai mengenal dunia internet atau dunia maya dan kemudian belajar secara otodidak/autodidak, atau dalam bahasa Yunani disebut autodidaktos. Seorang otodidak tidak memiliki guru, kecuali gurunya adalah dirinya sendiri.

Otodidak di kalangan masyarakat Jawa disebut “ngaji barongan”, atau berguru kepada alam, beratap langit dan berlantai bumi (lebay.com). Artinya adalah belajar kepada diri sendiri dengan berpedoman pada pengalaman yang berasal dari dari apa saja yang pernah di ditemui, dilihat, dirasakan, dan alaminya. Lalu diolah dengan akal fikiran dan disaring dengan hati, kemudian diterapkan secara fisik atau secara nyata. Maka jadilah sebuah ilmu yang bermanfaat bagi diri kita sendiri dan juga bagi orang lain.

  • Saya pertama kali membaca internet diajari oleh seorang teman ketika bekerja di sebuah konveksi dibagian administrasi. Awalnya saya tidak bisa komputer sama sekali sehingga diajari. Lalu saya membaca sebuah blog/website, dan saya tidak tahu kalau itu namanya blog. Kemudian dalam hati saya berpikir ingin bisa menulis seperti apa yang telah saya baca tersebut. Saya ingin belajar bagaimana cara menulis di internet.
  • Kemudian saya menemukan bacaan yang berisi tentang cara membuat blog. Saya tidak tahu apa itu blog, tetapi saya mencoba membuatnya. Yaitu dengan blogger, sebuah blog gratis yang seperti juragan baca ini.
  • Setelah blog jadi, disitu ada tempat untuk menulis. Lalu saya menulis sepuas-puasnya dan sebanyak-banyaknya setiap hari. Lama-lama artikel saya menjadi banyak dan isinya tidak karuan atau tidak jelas maksudnya, karena asal nulis saja sesuai dengan tujuan saya ingin belajar menulis di internet.
  • Berikutnya saya mencoba membaca blog lain. Ternyata blog lain juga sama-sama blog gratis yang bernama blogger/blogspot. Tetapi kenapa blog mereka lebih keren dan tulisannya lebih bagus daripada saya. Kemudian saya ingin belajar membuat desain yang keren seperti itu dan ingin bisa menulis yang bagus seperti itu juga. Tapi bertanya kepada siapa?
  • Akhirnya saya mencari tahu di google search atau pencarian google. Hasilnya, saya menemukan informasi yang saya cari. Kemudian berangsur-angsur saya mulai bisa membangun desain blog yang bagus menurut saya, serta bisa menulis artikel keren seperti yang pernah saya baca kemarin.
  • Namun ternyata tidak sampai disitu saja ilmu yang harus saya pelajari. Ternyata masih banyak ilmi-ilmu lain di internet yang saya belum bisa. Secara bertahap saya terus belajar dengan mencari informasi di google dari hari ke hari. Hasilnya, ternyata ilmu di internet tidak pernah habis. Ada saja pelajaran lain yang saya belum bisa.

Kesimpulan:
1. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan semuanya berawal dari bodoh.
2. Kita pasti bisa asalkan mau mencobanya, jika ada kemauan pasti ada jalan..
3. Ilmu itu tidak ada habisnya, diatas langit ada langit.
4. Jika terus belajar ilmu akan bertambah, jika tidak ilmu akan mentok disitu saja.
5. Semua jawaban ada di google, jika ingin mencari informasi apapun carilah di google.

Orang bodoh akan menjadi pintar jika mau belajar, dan orang pintar akan kembali bodoh jika berhenti belajar, karena akan dikalahkan oleh orang yang tadinya bodoh.

Kesuksesan adalah perubahan. Siapa yang bisa berubah maka akan sukses. Jika tidak bisa berubah maka akan menjadi orang yang tertinggal. Begitulah.

Itu saja yang bisa saya sampaikan, selebihnya silakan juragan tambahi sendiri di kolom komentar. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan terima kasih. Jangan lupa baca juga Cara Membuat Blog Gratis Tanpa Bayar Selamanya

Bagikan:
22 Comments
  1. Gus Durohman

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.