Campak Pada Anak Bisa Dicegah Dengan Pemberian Vaksin

Dengan adanya pemberian vaksin campak kepada para balita itu memang penting dan harus dilakukan dalam mampu mencegah adanya penularan virus campak, di mana virus campak ini mampu menular dengan sangat cepat.

Biasanya, virus campak ini sendiri terjadi dengan melalui udara, bahkan hingga dari percikan atau cipratan dari air liut si penderita. Oya simak juga Gawat! Indonesia Menjadi Negara Penderita Katarak Nomor 2 di Dunia.

imunisasi-campak

Vaksinasi campak ini menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk bisa mencegah adanya virus yang menular dikarenakan oleh campak. Dengan pemberian vaksinasi campak ini, nantinya tubuh bisa kebal terhadap serangan campak.

Bisa kita ketahui, jika virus campak itu sendiri, biasanya akan menyerang pada saluran mukosa, entah itu pada daerah kulit, pada saluran cerna, hingga pada saluran pernapasan.

Biasanya, dengan adanya serangan penyakit ini, akan ditandai dengan munculnya demam yang tinggi, di mana demam ini akan berlangsung selama sekitar 3 (tiga) hingga 4 (empat) hari, akan merasakan peradangan selaput mata, batuk dan pilek, bahkan hingga secara perlahan mulai muncul ruam-ruam kecil yang berwarna kemerahan ini.

Ruam itu sendiri nantinya akan mulai muncul di kulit setelah pada beberapa hari, nantinya akan muncul di sekitar kepala, di leher, di belakang telinga, bahkan juga nantinya akan menyebar ke seluruh tubuh.

Sebenarnya, campak ini sendiri bisa dikatakan salah satu penyakit yang tidak berbahaya. Karena, campak ini, setelah 5 (lima) hari, nanti virus dengan sendirinya akan mati. Namun, walaupun tidak berbahaya, perlu juga untuk tetap diwaspadai.

Hal ini perlu ditekankan terhadap anak yang kekebalan tubuhnya kurang terjaga dengan baik, anak yang kurang akan gizi dan juga anak yang mengidap adanya penyakit berat. Pada anak-anak tersebut, resiko tertular campak akan lebih besar, sehingga mereka mudah terkena, bahkan bisa mengalami komplikasi.

Apabila komplikasi ini dibiarkan saja, maka virus bisa mengakibatkan terjadinya radang paru-paru, radang otak, begitu juga lainnya.

Lebih disarankan bagi orang tua untuk bisa sesegera mungkin dalam membawa anaknya apabila anaknya sudah mulai muncul gejala campak, ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Dengan begitulah, si penderita nantinya akan ditangani sesegera mungkin dan bisa terhindar dari kemungkinan adanya komplikasi. Untuk meminimalisir adanya penularan itu sendiri, anak itu sebaiknya dilakukan isolasi terlebih dahulu.

Jangan lupa baca juga Awas Waspada ! Penyakit Obesitas Ternyata Bisa Mempengaruhi Otak Kita !

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.