vps murah

Home / Satwa Liar

Selasa, 10 Desember 2013 - 17:28 WIB

Burung Bangau Hijau Binatang Pintar Menipu Mangsa

Halo juragan… Beberapa binatang predator seperti ular derik, penyu buaya kakap dan wobbegong memiliki umpan palsu yang terdapat pada tubuh mereka sendiri untuk menipu calon mangsanya.

Tetapi bagi burung bangau hijau (Green Heron) yang tak memiliki umpan pada anggota tubuhnya, mereka bisa berburu mangsa dengan cara yang tak kalah pintar. Yaitu dengan cara menipu ikan dengan menggunakan benda lain sebagai umpan.

listverse.com

Memang, burung kowak hijau ini telah dikenal suka menjatuhkan benda kecil ke permukaan air. Apa tujuannya? Untuk menipu ikan agar muncul ke permukaan air.

Ikan-ikan kecil yang tertipu akan berebut ke permukaan air untuk menyelidiki benda jatuh itu dengan harapan sesuatu itu mungkin bisa dimakan. Tetapi ternyata kuntul hijau ini dengan cepat menyambar salah satu dari mereka yang sedang tidak curiga sama sekali.

READ  Caracal Kucing Hutan Afrika Jago Melompat

Memang tidak semua bangau hijau menggunakan teknik ini, tetapi merekalah yang paling berbakat berbakat dan bahkan seringkali mereka melakukan percobaan dengan berbagai jenis umpan. Beberapa kuntul hijau telah terlihat mencuri roti milik orang di kolam bebek, dan menggunakan roti itu sebagai umpan untuk berburu mangsa.

flickr.com

Selain itu, beberapa kuntul hijau sering diketahui suka menangkap ikan kecil tapi bukannya dimakan, tetapi mereka menggunakannya sebagai umpan untuk menangkap ikan yang lebih besar. Tidak ada yang tahu bagaimana bangau hijau ini belajar menggunakan umpan sebagai alat untuk menangkap mangsanya.

READ  Pendaki Gunung Mengaku Bertemu Harimau Jawa di Gunung Slamet

Beberapa ahli percaya bahwa burung-burung cerdik ini belajar dari manusia, sementara para ahli lainnya berpemikiran bahwa bangau hijau belajar sendiri dengan mengamati bagaimana ikan kecil akan menyelidiki benda kecil yang jatuh ke air.

Bay the way, perilaku ini jelas tidak naluriah alias tidak alami dan telah membuat bangau hijau dikenal sebagai hewan predator paling cerdas di antara hewan-hewan predator penipu lainnya.

Share :

Baca Juga

Misteri

Peranan Harimau Loreng Menurut Mitologi Jawa

Satwa Liar

Tahukah Anda Macam-Macam Tekstur Bulu Kucing Besar?

Satwa Liar

Beruang Grizzly Meksiko Hewan Punah Sering Muncul

Satwa Liar

Aye-aye Hewan Cantik Yang Langka

Satwa Liar

Fakta Tentang Kura-kura Buaya Kakap

Satwa Liar

Cendrawasih, Burung Dari Surga Yang Mempesona

Satwa Liar

Ular Mamba Hitam Berbisa Racun Paling Mematikan di Dunia

Satwa Liar

Rusa Thomson Afrika (Gazelle)