Burung Bangau Hijau Binatang Pintar Menipu Mangsa

Halo juragan… Beberapa binatang predator seperti ular derik, penyu buaya kakap dan wobbegong memiliki umpan palsu yang terdapat pada tubuh mereka sendiri untuk menipu calon mangsanya.

Tetapi bagi burung bangau hijau (Green Heron) yang tak memiliki umpan pada anggota tubuhnya, mereka bisa berburu mangsa dengan cara yang tak kalah pintar. Yaitu dengan cara menipu ikan dengan menggunakan benda lain sebagai umpan.

listverse.com

Memang, burung kowak hijau ini telah dikenal suka menjatuhkan benda kecil ke permukaan air. Apa tujuannya? Untuk menipu ikan agar muncul ke permukaan air.

Ikan-ikan kecil yang tertipu akan berebut ke permukaan air untuk menyelidiki benda jatuh itu dengan harapan sesuatu itu mungkin bisa dimakan. Tetapi ternyata kuntul hijau ini dengan cepat menyambar salah satu dari mereka yang sedang tidak curiga sama sekali.

READ  Cara Berburu Babi Hutan Dari Masa ke Masa

Memang tidak semua bangau hijau menggunakan teknik ini, tetapi merekalah yang paling berbakat berbakat dan bahkan seringkali mereka melakukan percobaan dengan berbagai jenis umpan. Beberapa kuntul hijau telah terlihat mencuri roti milik orang di kolam bebek, dan menggunakan roti itu sebagai umpan untuk berburu mangsa.

flickr.com

Selain itu, beberapa kuntul hijau sering diketahui suka menangkap ikan kecil tapi bukannya dimakan, tetapi mereka menggunakannya sebagai umpan untuk menangkap ikan yang lebih besar. Tidak ada yang tahu bagaimana bangau hijau ini belajar menggunakan umpan sebagai alat untuk menangkap mangsanya.

READ  Penguin AdΓ©lie Hewan Cantik Antartika

Beberapa ahli percaya bahwa burung-burung cerdik ini belajar dari manusia, sementara para ahli lainnya berpemikiran bahwa bangau hijau belajar sendiri dengan mengamati bagaimana ikan kecil akan menyelidiki benda kecil yang jatuh ke air.

Bay the way, perilaku ini jelas tidak naluriah alias tidak alami dan telah membuat bangau hijau dikenal sebagai hewan predator paling cerdas di antara hewan-hewan predator penipu lainnya.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

12 komentar

  1. ternyata triknya bagus juga ya yang dilakukan burung bangau hijau ini, kerja sedikit dengan tipuan sedikit mangsanya kena deh… seperti orang sedang memancing

    1. masih pinteran bangau ini mang, bisa mancing ikan tanpa pakai kail, hehehe πŸ˜›

    1. Apa nya yang di tirunya Mas

    2. meniru seperti bangau mas πŸ˜‰

  2. Burung juga ada akalnya yah Mbak Indri kirain Manusia<br />Aja yang punya akal dan basa-basi ternyata Burung pun<br />Punya trik dan cara untuk mendapat hasil bukan asal<br />Slonong Boy. berarti burung hewan yang punya akal hhh

    1. burung sih gak punya akal kayak manusia mas, tapi mereka pintar ngakalin ikan, hehehe πŸ˜› πŸ˜‰

  3. Gambar Gravatar Muya Devoteeshonesty berkata:

    Semua yang hidup pasti mrmiliki cara sendiri&quot; untuk mendapatkan makanan…<br />Termasuk burung

    1. benar mbak, semua makhluk diberikan kelebihan sendiri2 agar mudah mencari makan πŸ™‚

  4. wih,,,cerdik juga nih bangau,,,belum pernah lihat sebelumnya kalau ada yg warnanya cokelat,,,kalo di daerahku semua bangau berwana putih,,,

    kalau burung kenari tak kalah pintarnya dalam berkicaumbak.,,hehehe

    1. kwnari banyak diternak di daerah saya karena burungnya laku terus di pasar πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *