BULLDOZER ADALAH

Bulldozer Terbesar di Dunia, Foto: vincelewis.net

Bulldozer adalah sebuah jenis alat berat yang memiliki alat kerja utama berupa pisau (blade) yang diletakkan di depan tacktor dan dimotori oleh mesin diesel di atas roda rantai (trackshoe). Bulldozer merupakan peralatan berat penting bagi pembangunan sebuah proyek untuk pekerjaan pemerataan tanah, maupun proyek penebangan hasil hutan.

Alat berat ini memiliki kekuatan untuk mendorong dan menarik. Bulldozer mampu mendorong hingga roboh sebuah pohon raksasa dan juga mampu menariknya untuk dibawa ke suatu tempat (loging).

Penemu Bulldozer.
Beberapa sejarawan memberikan kredit bahwa Bulldozer pertama kali diciptakan pada tahun 1904 dengan merk Caterpillar oleh seorang ahli asal Amerika Serikat bernama Benjamin Holt. Istilah “caterpillar” ini berasal dari bahasa inggris artinya ulat yang dimaksudkan sebagai tracktor perayap (crawler). Nama caterpillar ini ditemukan oleh seorang photograper yang bekerja pada Benjamin Holt, dimana suatu ketika dia mem-foto bulldozer ciptaan Holt dengan posisi terbalik sehingga tampak rodanya (trackshoe) seperti ulat yang merayap.

Akhirnya Benjamin Holt mendirikan perusahaan bernama Caterpillar pada bulan agustus 1925, yang merupakan penggabungan perusahaan milik Holt dengan pesaingnya, yaitu C. L. Best Gas Tractor Co.

Sedangkan istilah “bulldozer” ini mengacu pada sebuah sekop atau pisau besar (blade) yang dipasang di depan traktor atau kendaraan apapun dan telah digunakan selama bertahun-tahun. Hal ini menimbulkan perdebatan, siapakah yang pertama kali menciptakan sekop semacam ini.

Seorang pengadu bernama Robert Gilmour Le Tourneau mengatakan bahwa La Plante-Choate company adalah sebuah perusahaan yang pertama kali menciptakan pisau bulldozer.

Julukan bulldozer ini berasal dari kebiasaan bulls (banteng) yang memiliki kekuatan lebih dimana mereka saling mendorong dalam sebuah kompetisi selama musim kawin.

Bulldoser Terbesar
Pada saat ini bulldozer diciptakan dengan teknologi canggih yang dilengkapi sistem digital untuk menunjang dalam pengoperasian maupun dalam segi keamanan. Bulldozer terbesar yang telah diciptakan adalah Komatsu D575A-3SD Super-Dozer yang dibuat oleh pabrik alat berat raksasa Komatsu di Ishikawa, Jepang.

Beberapa proyek raksasa yang menggunakan cara peledakan dilarang jika berdekatan dengan pemukiman penduduk, sehingga monster raksasa Komatsu D575A-3SD Super-Dozer buatan Jepang ini diterjunkan untuk merobek bumi.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.