Blok Website Spam Untuk Blog Dengan Search Console Google

Pada tulisan pertama di blog Juragan Cipir ini, saya akan membagikan bagaimana cara untuk memblok website spam dari blog kita dengan bantuan tool disavow-links pada Search Console Google Webmaster.

Website spam sangat meresahkan tidak hanya bagi pengguna internet saja namun juga khususnya bagi para blogger, seperti yang kita ketahui bersama bahwa website spam akan menurunkan SEO blog kita di mata mesin pencari. Oleh karena itu sebisa mungkin kita harus melakukan langkah – langkah antisipasi untuk melindungi blog atau website kesayangan kita dari serangan website spam. Seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati.

link spam

Beberapa hari yang lalu saya melihat pada tab statistik di blog saya tautan eksternal referal dengan domain yang aneh, setelah saya telusuri referal dari tautan tersebut pada mesin pencari ternyata berasal dari situs de**sa dengan domain negara rusia, hal ini sudah jelas akan membahayakan bagi blog apabila dibiarkan begitu saja. Maka saya kemudian mencari rekomendasi daftar website yang dianggap spam atau berbahaya contohnya seperti sarang virus/malware, perj**ian, website de**sa, dll.

Ketemulah salah satunya di website github yang menampilkan daftar website spam yang telah di share oleh salah satu anggotanya yang bernama Mattab dan diupdate oleh ke-16 anggota lainnya, dari sumber tadi kemudian saya edit dan upload ulang ke google drive untuk dibagikan kepada sobat yang berminat untuk mencobanya.

Inilah sumber referal website spam dari Github dengan sedikit pengubahan.
https://github.com/piwik/referrer-spam-blacklist/blob/master/spammers.txt

Tertarik ingin mencoba, berikut adalah langkah-langkah yang harus sobat lakukan:

  • Langkah pertama adalah dengan mendownload file txt daftar tautan website spam yang telah saya edit ulang melalui Google drive berikut ini: https://drive.google.com/file/d/0B2bcR1VVyenlQVdQNkphODU4LUk/view?usp=sharing
  • Kemudian buka tool disavow-links pada Search Console
    https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links
  • Pilihlah salah satu blog sobat kemudian Menolak Tautan
  • Klik Menyangkal tautan
  • Pilih file *.txt yang telah sobat download tadi kemudian klik Kirim
  • Dan terakhir klik Selesai
Hasil Upload
Hasil Upload

Dari gambar diatas terlihat ada 274 domain spam yang telah diblokir aksesnya ke blog kita 😎

Catatan: Apabila sobat ingin memperbaharui website spam pada disavow-links, cukup timpa saja file upload-an sebelumnya dengan file upload-an yang baru.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas setidaknya kita telah memblokir website yang telah terindikasi spam yang mengarah ke blog kita.

Demikianlah tulisan yang singkat ini semoga bermanfaat. Salam blogger.

Bagikan:
20 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.