Blog Terkena Deindex Ternyata Bisa Menyebabkan Sakit Gigi

Halo juragan… Deindex adalah disisihkannya artikel dari hasil penelusuran google. Bukan berarti artikel tidak diindeks oleh google. Artikel tetap terindeks oleh google namun tidak ditampilkan pada hasil penelusuran, melainkan dimasukkan ke dalam “hasil penelusuran yang disisihkan” di halaman paling akhir. Tidak mungkin pengguna akan membuka hasil penelusuran yang disisihkan tersebut. Dalam satu blog, tidak semua artikel kita disisihkan dari hasil penelusuran pada saat terkena deindex. Namun artikel yang selamat akan turun peringkatnya dan akan terusir dari halaman pertama google.Penyebab deindex adalah ditemukannya pelanggaran webmaster google oleh si robot dan deindex itu memang ada. Saya baru sekali ini merasakan dahsyatnya blog terkena deindex selama menjadi blogger. Ternyata berbeda dengan trafik turun. Deindex bukan trafik turun, tetapi trafik hilang. Dari 10 ribu pageview perhari bisa menjadi seratus pageview perhari dalam 48 jam. Rasanya blog seperti kiamat.

* Blog ini saya ketahui terkena deindex atau tendangan algoritma google akibat terlalu banyak memasang link iklan mandiri yang didukung oleh hosting kuat. Akibatnya blog ini tidak mampu karena backlinknya tersedot habis dan akhirnya trafik langsung anjlok alias turun drastis selama beberapa hari kemarin. Dan bertianya saya posting di Trafik Blog Anda Turun Tiba-tiba? Begini Cara Mengatasinya.

Pada awalnya blog ini memiliki peningkatan trafik yang signifikan setelah saya mengganti template blog ini dengan template responsive valid HTML5 Kompi Males buatan mas +Adhy Suryadi . Trafik yang tadinya hanya 5.000 pageview perhari mendadak naik menjadi 10.000 pageview perhari hanya dalam sebulan.

Saking senangnya saya langsung memasang link iklan sebanyak 4 buah dan semua iklan tampil di setiap halaman. Namun sayang, memasang link dofollow milik situs lain yang terlalu banyak ternyata bisa menumbangkan blog kita sendiri jika blog kita tidak didukung oleh backlink yang kuat. Setelah sekitar 3 hari saya memasang iklan mandiri di blog ini ternyata trafik turun drastis. Dari 10.000 pageview turun menjadi 9.000 ribu pageview, dan kemudian langsung anjlok menjadi sekitar 1000 pageview perhari, lalu turun lagi menjadi 100 (seratus) pageview. Lihat gambar dibawah ini.

Apa hubungannya dengan sakit gigi? 
Ternyata segala sesuatu yang terjadi pada blog atau website bisa berimbas pada si empunya blog. Trafik blog hilang mendadak tanpa diduga tersebut langsung membuat saya sakit gigi. Saya selama 3 hari tidak bisa update artikel dan membalas komentar maupun berkunjung balik ke blog teman-teman.

READ  Cara Membuat Sitemap / Daftar Isi di Blogger Paling Mudah

Karena selama 3 hari gigi saya rasanya cenut-cenut seperti ditarik-tarik pakai tang besi, terus ditambah lagi sakit kepala yang rasanya kepala seperti mengeluarkan suhu. Mungkin pada saat itu algoritma google juga menyusup ke si empunya blog, hehehe 😀

Setelah 3 hari saya browsing di webmaster central untuk mengatasi blog terkena deindex, akhirnya saya nemu juga solusinya. Mulai hari ini trafik kembali merangkak naik dengan ditandai laporan pengunjung online di histats dan google analytucs mulai membaik. Namun belum normal seperti semula.

* Saya mengatasinya dengan memperbaiki blog di 3 tempat, yaitu di blogger, di webmaster tools dan di google analytics.

Di blogger saya mengurangi link iklan mandiri (iklan adsense juga ikut dicopot agar tidak dibanned), lalu mempublish ulang semua artikel di blog agar kembali segar. Karena banyak artikel disisihkan dari hasil penelusuran oleh google ketika saya periksa di mesin pencari.

Di webmaster tools saya mem-fetching url utama, rss feed dan rss comments, lalu saya juga men-submit ulang sitemap. Selain itu saya juga melakukan penghapusan url 404.

Di google analytics saya memeriksa laman landas. Lalu saya mengedit ulang artikel berkualitas yang tidak bisa lampil di laman landas, serta mengedit ulang artikel populer yang terlempar dari laman landas.

* Hasilnya? Alhamdulillah, pengunjung online di histats maupun di google analytics mulai terlihat berdatangan dari mesin pencari dan silih berganti, bahkan tengah malam banyak terlihat pengunjung online. Padahal kemarinnya di siang bolong seringkali tidak ada pengunjung online sama sekali, kecuali hanya sesekali saja ada beberapa pengunjung dari google plus. Dan pada saat saya menulis artikel ini jam 01.00 malam menjelang pagi (dini hari), terlihat ada peningkatan pengunjung online di histats maupun google analytics. Terima kasih ya Allah, ternyata kerja keras saya selama 3 hari Engkau berikan hasil juga.

READ  Cara Menyimpan File Data Dokumen Anda di Internet Agar Aman Tidak Rusak

Sitelink kembali muncul, namun beberapa jam kemudian hilang lagi. tapi itu tidak masalah karena google masih menata ulang setelah blog ini saya fetching di webmaster tools.

Bagaimana rasanya orang yang blognya terkena deindeks?
Tidak berbeda jauh dengan blog yang dibanned oleh google adsense. Kecewa, sedih, gelisah, jengkel, marah, gondok, semuanya bercampur menjadi satu. Bagaimana tidak, trafik yang kita dapat dengan susah payah siang malam sampai makan dan tidur tidak teratur, ternyata hilang dalam sekejap. Dan untuk memulihkan lagi seperti semula perlu waktu tidak sebentar serta harus ditebus dengan sakit gigi juga.

Tapi akhirnya sekarang trafik mulai menanjak lagi dan semoga tidak terlalu lama bisa pulih seperti sediakala. Mungkin sebagian orang tidak tahu bahwa blog yang terkena deindex terkadang bisa menyebabkan pemilik blog sakit gigi, tapi saya tahu karena saya telah mengalaminya. Bersamaan dengan naiknya trafik blog ini maka sakit gigi saya juga mulai berkurang. Ternyata penyebab sakit gigi saya karena blog ini terkena deindex. Itu saja. Karena seumur hidup saya belum pernah tahu yang rasanya sakit gigi.

Sekian dulu informasi yang bisa saya sampaikan buat teman-teman dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Trafik Blog Tiba-tiba Turun, Ada Apa Gerangan?

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

78 komentar

  1. Iklannya jg hrs di istirahat kan dulu ya mba??<br />seng saba yo mba… 🙂

    1. iya mas, istirahat dulu dan hrs bersabar krn segalanya ada hikmahnya :)<br />makasih pertamaxnya 😀

  2. Waduh gawat juga kalo begitu yah..<br />Apa ini gara2 update google hummingbird itu?

    1. mungkin ada update sesuatu di google mas 😀

  3. Uda harus banyak belajar disini rupanya. Belajar bagaimana buk Indri dengan tepat mendiagnosis kesehatan web (trafik + artikel deindex) sekaligus memutuskan cara mengobatinya dengan jitu…Terima kasih sudah menebarkan pengalaman berharganya kepada kita semua, buk…

    1. makasih sama2 pak, saya juga msh belajar 🙂

  4. mudahan kembali seperti semula dan sakit giginya gak datang lagi

    1. amin, makasih doanya mas, salam sukses juga 🙂

  5. sampai terbawa sakit gigi juga ya kalau kita memang berniat mengelola blog dengan sungguh2 tapi banyak masalah terjadi pada blog kita. semoga cepet sembuh sakit giginya mbk Indri dan semoga trafik blog kembali melonjak..

    1. makasih doanya mas, semoga sakit giginya cpt sembuh dan bisa kembali ngeblog, amin 🙂

  6. sama bu, saya juga panas dingin entah napa..<br />kaki rasanya dingin banget<br />ngeluarin suhu panas<br />sakit sampai 3 hari jg saya bu, sampai ngga sanggup kuliah nih.<br /><br />sesakit-sakitnya putus cinta, ternyata lebih sakit diputusin google. <br />kalau diputusin pacar, masih mending bisa cari cewek yg lebih baik lagi.<br />nah kalau diputusi ama google. siapa penggantinya ya bu…<br /

    1. wah senasib donk mas suka sakit2an jika diputus cinta sama mbah google, hehehe 😀

  7. mantab share ilmunya hehe judulnya itu lhoo yang bikin greget

    1. memang judulnya itu yg jadi topik utama mas, hehehe 😀

  8. Waah kok bisa anjlok begitu begitu drastis ya.. hehe

    1. bisa donk mas, namanya lagi apes, hehehe 😀

  9. Saya juga pnya nasib sama mbak<br />pengunjung blog tidak menentu.. (maklum msih newbi) hehehe<br />tapi terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini<br />

    1. semoga pengunjungnya segera naik ya mas, amin 🙂

  10. Saya pernah mengalami hal itu, tapi tidak sampe kena sakit gigi he… 🙂

    1. wah kebal tuh berarti mas kalau gak sampai sakit gigi, hehehe 😀

  11. Ikut berduka mbak, semoga bsa pulih kembali trafiknya dan semoga sakit giginya sembuh juga,,, dan jangan sampai putus asa,,, ini adalah salah satu jalan untuk menjadi besar mbak,,, 🙂

    1. makasih doa n supportnya mas, semoga lekas sembuh trafiknya n sakit giginya ya, amin 🙂

  12. pageview punya saya malah belum sampai 500/day nih mbak 😀 kalau disini ilmunya sangat bermnafaat 🙂

    1. semoga pageviewnya segera naik ya mas, amin 🙂

  13. kaget saya dapet berita ini mbak :(<br />juragan cipir yang biasa dijadikan referensi saya dalam mengurus blog tertimpa musibah, tapi mudah-mudahan cepet sembuh ya blognya.. giginya juga 😀

    1. makasih doanya mbak, semoga trafiknya cpt pulih n giginya cepet sembuh ya mbak, amin 😀

  14. Urusan blog mmg bs berdampak pd si empunya…<br /> Wktu template saya error, gr2 terlalu senengnya edit html… jd meriang saya… h-haa…

    1. berarti sama donk mas kaya saya suka mriang kalau blognya ada gangguan, hehehe 😀

  15. kirain sakit gigi kenapa gitu,,,ahaha..namun yang suka dengan Juragan cipir adalah mencari penyebab lalu mencari solusinya,,,yang manfaat buat kawan2 selanjutnya siip semoga cepat normal kembali salam blogger !!

    1. makasih doanya mas, semoga lekas normal dn segera sembuh ya giginya, hehehe 😀

  16. semoga sakit giginya cepet reda ya sist dan selamat buat pengunjungnya yang sudah kembali lagi 😀

    1. makasih doanya n supportnya mbak, salam sukses juga 😀

  17. ilmu setiap hari nambah kalau sering main kesini, hari ini dapet ilmu berguna banget soal deindex, lama ng&#39;blog ngga pernah ngeh soal yang sedalem ini…kebetulan lagi ngutak ngatik rumah pengen kaya blog ini.

    1. semoga blognya sukses n gak pernah ada masalah ya mas, amin 🙂

  18. satu lagi pencerahan yang sangat berguna buat saya pribadi nih Mbak, soalnya saya tidak pernah melakukan seperti apa yang Mbak lakukan, makasih Mbak 🙂

    1. makasih sama2 mas yobert, semoga pengalaman ini bisa menambah masukan bagi teman2, amin 🙂

      1. oya Mbak kalau mau fetching di webmaster bagusnya url arikel atau rss…??? kalau rss formatnya gimana Mbak…??? Maksih sebelumnya 🙂

          1. wah makasih banyak ya Mbak Indri 🙂

          2. ikutan ah

  19. senang dengarnya blog mbak indri sudah kembali normal<br />blog panutan saya kalau tumbang bagaimana dengan blog saya<br />:D<br />ohw ya sakit giginya semoga cepat sembuh atau sudah sembuh<br />hehehe

  20. Gambar Gravatar Wahyu Eka Prasetiyarini berkata:

    wah ada-ada aja nih mbak indri, postingan de indeks bisa sakit gigi. Yang penting sabar aja mbak indri, dan kita tetap bersyukur karena blog nya masih bisa di akses. Kalau tidak bisa diakses, misal blog dihapus, kan tambah ngeri lagi mbak 🙂

  21. peningkatan significant biasanya gitu mbak indri persis saya kemaren kemaren dari 5rb mendadak 35rb langsung hilang :d kalo saya sih kebanyakan nyimpen bumbu keyword ditiap teks yg berhubungan hihihihi

  22. Kalau sudah terkena seperti ini puyeng rasanya dan bisa-bisa kalap bukan hanya sakit gigi aja. <br /><br />Itu sudah bisa mulai terindeks lagi, semoga semakin baik kedepannya.

  23. Waduhhh.. kok bisa gitu ya mba cckckck<br />yang sabar ya mba .. semoga trafik nye kembali lagiiii 🙂

  24. waduh ngeri juga ya mba.. semoga trafficnya cepat normal lagi ya mb.. bahkan bisa lebih baik lagi aaamin.<br /><br />Ternyata ini kesibukan mb indri kemarin, terus saya malah banyak nanya.. untung saya ga di timpuk.. kwakwakwa

  25. Gambar Gravatar Prisma Try Laksana berkata:

    Pasti bikin sakit hati deh, hehe

  26. Wah, menarik sekali mbk,uraiannya. Merangsang saya untuk mengajukan beberapa pertanyaan, sudilah mbk Indri membantu ya ?<br /><br />1. Di blogger, bagaimana cara mempublish ulang semua artikel di blog agar kembali segar? <br />2. Di webmaster tools , bagaimana cara mem-fetching url utama, rss feed dan rss comments, dan men-submit ulang sitemap?<br />3. Di google analytics, bagaimana memeriksa

    1. maaf trlmbat balas mas mahmud :)<br /><br />1. artikel dipublish ulang semua, maksimal 50 artikel sekali publish :D<br /><br />2. url utama n rss feeds di fetch diwebmaster tools, silakan cari di webmaster tools<br /><br />3. cari daftar laman landas di seminggu sebelumnya di google analytics, lalu lihat laman landas hari ini, lalu laman landas ada yg hilang silakan diedit dikit2 lalu dipublish

  27. itu over optimation <br />baca &amp; cari di trikmudahseo

  28. Gambar Gravatar Wahyu Ramadhan Nahumarury berkata:

    Makasih Infonya mba….<br /><br />Maklum ane masih newbie jd kudu banyak belajar nih dari juragan cipir… ^^

  29. deindex karna kebanyakan backlink,itu baru bencana yang sebenarx……google disavow pun <br />gak mampu berbuat banyak…blog andalanpun berubah jadi blog rongsok…hikzzzzz…..

  30. Mbak Indri.wah memang kampiun yea..heubaatt.;)<br />makasih mbak tips yg sangat2 bermanfaat..semuanya kembalih ya..<br /><br />&gt;maaf nanya mbak link iklan mandiri iu yg mana mbak?<br />apa yg di iklan adsense atau iklan adswork lain..

    1. link iklan mandiri adalah 4 banner milik pengiklan dengan aliran dofollow yg pernah saya pasang waktu itu hehehe 😀

  31. wah pageviewnya ga berubah rubah yach? apakah blog saya kena deindeks, solusinya apakah saya harus mempublikasikan lagi artikel2nya, padahal iklan sudah saya kurangi.

    1. tidak perlu mempublikasikan ulang, tapi tulislah artikel baru seperti biasanya ntar akan sembuh sendiri deindexnya sebulan kemudian 😀

  32. bu Indri, dari pengalaman ibu dengan menggunakan tips diatas, lepas dari deindex nya sampai berapa hari?

    1. sekitar satu bulan baru bisa lepas dari deindex, itupun kita harus rajin update setiap hari 😀

  33. kejadian saya mirip dengan yang di alami mbak indri. mulai tanggal 5 agustus tadi semua artikel yang saya publish ternyata tidak di index oleh google (dan saya tidak sadar) sebelumnya saya menggunakan template kompie males. ada peningkatan pengunjung, gembira sekali akhirnya pasang iklan dimana-mana2 😀 ganti template yang cepat. mulai tanggal 7 postingan saya yang berada di page 1 berada di page 2. pengunjung tetap ada di SE sekitar 5% dari semula. kalau menurut mbak indri apa yang harus saya lakukan?

  34. maaf juragan mlenceng dari topik,, itu buat juragan cipir bisa kayak gitu gimana ya ( tampilan di search engine )

    1. saya tidak tahu, itu google yg bikin begitu 🙂

  35. gara2 baca artikel ini jadi ingat masa lalu,,*nangis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *