vps murah

Home / Blogger

Selasa, 23 Desember 2014 - 12:32 WIB

Blog Anda Hilang Dari Serp Google? Bisa Jadi Terkena Depakan Penguin 3.0

Halo sahabat juragan cipir… Beberapa teman-teman blogger mengeluhkan bahwa blog mereka hilang dari serp google, bahkan banyak teman yang curhat ke saya melalui kolom komentar bahwa trafiknya hilang hingga lebih dari 50%. Hmmm… benar-benar memprihatinkan.

Bisa jadi blog mereka terkena razia algoritma penguin 3.0 yang diupdate belum lama ini, yaitu sejak tanggal 17 oktober 2014. Namun algoritma tersebut baru menunjukkan reaksinya beberapa bulan kemudian dan pada bulan desember ini banyak website yang tumbang.

algoritma google penguin, algoritma google hummingbird, cara mengatasi website terkena sandbox

Penyebab website terkena pukulan mematikan dari si penguin 30 adalah dikarenakan blog/website tersebut terlalu banyak memilik backlink non-alami. Misalnya, menanam backlink di situs-situs direktori secara sengaja dan berlebihan atau submit ke situs-situs social bookmarking yang telah ditandai oleh goole.

Jika anda dulunya sering malakukan hal-hal semacam itu, bisa jadi blog anda menjadi sansak dari si penguin 3.0. Algoritma penguin merupakan komponen dari algoritma induk Google Humingbird (pahami juga Algoritma Google Hummingbird Dan Cara Menghadapinya), dan algoritma penguin ini terus diupdate setiap beberapa bulan sekali sejak pertama kali penguin diciptakan untuk menerkam website-website yang berani mencoba memanipulasi peringkat di halaman pencarian google.

Berikut ini sejarah update algoritma google penguin sejak robot mutakhir ini diluncurkan oleh Google:

Penguin 1.0 on April 24, 2012 (impacting ~3.1% of queries)
Penguin 1.1 on May 26, 2012 (impacting less than 0.1%)
Penguin 1.2 on October 5, 2012 (impacting ~0.3% of queries)
Penguin 2.0 on May 22, 2013 (impacting 2.3% of queries)
Penguin 2.1 on Oct. 4, 2013 (impacting around 1% of queries)
Penguin 3.0 on October 17, 2014 (impacting around 1% of queries)

READ  Tahap-tahap Kemampuan Menulis Artikel Seorang Blogger Pemula

Bagaimana cara mengatasi tendangan penguin 3.0 yang saat ini sedang mengamuk?

Seperti penjelasan Google yang dikutip oleh Danny Sulivan di situsnya Search Engine Land, blog yang terkena razia penguin ini tidak bisa mengajukan rekonsiderasi atau peninjauan secara manual oleh google karena penguin 3.0 bekerja secara otomatis dan telah terprogram dengan tegas dan jitu. Jika website anda terkena dampak akibat kesalahan teknis dari algoritma maut ini, maka nantinya akan sembuh sendiri tanpa anda mengajukan peninjauan secara manual ke google. Jadi anda jangan khawatir jika selama ini anda tidak pernah melakukan praktek pelanggaran pedoman mutu webmaster google. Bahkan blog saya sendiri juga terkena sikutan penguin 3.0 sehingga trafiknya sempat menurun selama seminggu. Namun hari ini telah kembali naik, Alhamdulillah.

Seperti yang pernah saya tulis pada posting-posting saya sebelumnya, bahwa sejak diluncurkannya algoritma Google Hummingbird kita tidak perlu pusing masalah SEO. Bahkan seorang webmaster pemula tanpa ilmu seo sedikitpun bisa mengacak-acak halaman pertama google jika mereka mengutamakan kualitas konten. Bahkan penggunaan SEO tanpa dilandasi pemahaman yang matang tentang cara kerja algoritma hummingbird sama saja dengan bunuh diri.

Sekali lagi, pada algoritma hummingbird ini kita jangan terlalu mengandalkan seo lagi seperti zaman tempoe doeloe. Cukup tulislah konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca, karena menurut Danny Sulivan, google hummingbird memiliki 200 resep yang salah satunya adalah bisa membaca makna dari artikel kita. Bahkan google bisa tahu maksud dari pengunjung blog anda dengan menggunakan teknologi percakapan pencarian atau “conversational search”. Penjelasan selengkapnya bisa anda baca Cara Terbaru Mengoptimalkan Blog Era Hummingbird.

READ  Pengertian Dan Sejarah KONTES SEO Serta Dampak Buruknya

Sebagai langkah preventif, sebaiknya kita jangan mencoba main-main dengan algoritma google yang sekarang ini. Saat ini belum ada satupun master dan jago-jago SEO di dunia ini yang bisa mengelabuhi algoritma google hummingbird yang terkenal  “cepat dan tepat” serta memiliki pukulan yang mematikan.

( i ) Oya, ini ada sedikit saran dari saya. Jika teman-teman ingin memiliki blog berperingkat kuat di halaman pertama google, janganlah melakukan hal-hal yang tidak disukai oleh google. Hanya itu saja kuncinya agar website anda selamat dari tendangan algoritma google yang mematikan yang bisa membunuh blog anda sewaktu-waktu.

Lalu bagaimana cara memulainya? Mudah! Tulislah artikel yang paling dicintai oleh algoritma hummingbird. Hanya dengan cara inilah kita bisa mencuri hati google. Realisasinya adalah: Jangan berpikir SEO, tapi berpikirlahtentang cara membuat artikel yang disukai pembaca. Untuk memahami cara-caranya, silakan baca selengkapnya Tips Menulis Mengatasi Algoritma Google Hummingbird.

Selamat menanti tahun baru 2015 dan salam sukses!

Share :

Baca Juga

Blogger

Cara Berhenti Menerima Email Notifikasi Komentar Blogger

Blogger

Cara Agar Ide Menulis Anda di Blog Tidak Hilang

Blogger

Update Artikel Ketika di Perjalanan Menggunakan Ipad Mini

Adsense

Cara Menghindari Penurunan Trafik Blog Pada Saat Anda Berlibur

Bisnis Online

Dapatkah Saya Menggantungkan Hidup Dari Blogging?

Blogger

Cara Menghapus Widget Yang Tidak Bisa Dihapus Paling Mudah

Blogger

Menulis Artikel Blog Dan Memompa Ban Mobil Ternyata Sama

Adsense

Keuntungan Anda Menggunakan Plugin Google Adsense