Bisnis Online Jualan Artikel Website. Sudah Siapkah Anda?

Jasa artikel website – Bisnis online jualan artikel website sangatlah mudah. Hanya bermodal tulisan maka anda bisa mendapatkan uang. Namun dalam pelaksanaannya apakah semudah itu? Tentu saja tidak. Ada banyak masalah yang nantinya anda hadapi jika anda sudah mulai menekuninya nanti.

Jualan artikel online ini mencakup hal-hal seperti: menjadi penulis website/blog, jual artikel atau jasa artikel online, jasa penulis/ penyedia konten, dll yang berhubungan dengan isi website.

Simak juga artikel penting:

jasa-artikel-online

Saya melihat banyak jasa artikel online (terutama pemula) menyerah di tengah jalan ketika banyak order dari para pelanggan. Lalu mereka berhenti jualan artikel, atau ada juga yang tetap jalan namun menjual artikel copasan dari blog lain. Mereka terpaksa mengcopas karena tidak mampu menulis sendiri namun tergiur uang, sementara order terus meningkat dan tentunya sayang sekali jika semuanya ditolak begitu saja.

Hal-hal di atas adalah “tantangan” bagi para penjual artikel. Namun dengan tantangan-tantangan di atas maka seharusnya kita bisa menjadi lebih cerdas. Bukannya mengambil jalan pintas yang pada akhirnya akan menurunkan kredibilitas kita sendiri sebagai penulis online “terpercaya”. Janganlah kita merubah diri menjadi jasa artikel misterius yang hanya mau menampakkan tangan saja tetapi tidak mau menampakkan muka.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus kita persiapkan sebelum kita terjun menjadi “jasa artikel online” di dunia maya:

1. Komitmen jujur

Hal ini mencakup kejujuran dalam hal keuangan, konten yang selalu terpercaya (orisinil dan berkualitas), pengiriman order yang tepat waktu, penghitungan jumlah konten yang akurat (sesuai jumlah artikel dan harga yang dijanjikan), dll. Intinya: kita harus berjanji untuk melakukan yang terbaik sesuai apa yang telah kita gembor-gemborkan pada sesi dan seksi promosi.

2. Mampu menulis artikel

Yang dimaksud mampu menulis artikel bukan sekedar membuat coretan-coretan di blog saja, namun harus mampu membuat artikel bermanfaat yang membuat pembaca merasa terbantu dan ingin kembali lagi di masa berikutnya. Semakin lama jam terbang kita dalam menulis artikel maka harus semakin bagus pula kualitas artikel yang kita jual, bukannya malah sebaliknya.

Tentang harga, pastinya anda sudah menentukan tarif untuk masing-masing spesifikasi artikel. Misalnya tentang jumlah kata standar seo friendly, penambahan gambar, dll. Anda bisa membuat tarif yang berbeda-beda. Namun ada satu hal yang tidak boleh berbeda, yaitu “kualitas artikel”. Berapapun harga artikel yang anda patok namun kualitas harus dijaga. Jangan menjual artikel murah namun isinya asal-asalan. Maka nantinya anda akan dianggap sebagai penulis artikel asal-asalan oleh pelanggan.

3. Tidak lari dari tanggung jawab

Ini merupakan bagian penting. Lari dari tanggung jawab ini bukannya kita membawa uang pelanggan lalu kabur. Itu bukan disebut lari dari tanggung jawab, tetapi disebut kasus penipuan.

Lari dari tanggung jawab yang dimaksud disini adalah: ketika banyak pelanggan yang order, anda menolaknya karena tidak mampu lagi menulis/ menyediakan artikel. Hal ini biasanya dikarenakan kita kecapekan atau keterbatasan waktu dan tenaga dalam melayani pembeli yang semakin meningkat. Maka usahakanlah berapapun banyaknya order harus anda terima.

Jika anda tidak mampu melayaninya seorang diri, maka anda harus mencari terobosan-terobosan baru untuk mendapatkan artikel yang dipesan oleh pelanggan. Misalnya: anda merekrut beberapa orang penulis, atau membeli artikel dari penulis lain lalu anda jual lagi, dll. Intinya, jangan menolak permintaan pelanggan. Karena hal itu akan membuat pelanggan kecewa dan sekaligus akan membatasi income yang seharusnya masuk ke kantong anda sendiri.

Studi kasus:

Ada seorang blogger yang mencoba menjadi jasa penulis artikel. Namun setelah banyak orderan datang ternyata ia berhenti menjadi penulis artikel karena capek. Saya pun tertawa geli melihat kasus-kasus lucu seperti ini.

Bisnis jasa artikel online itu tidaklah mudah. Tidak semudah kita mengelola 10 blog milik kita sendiri yang bisa kita isi dengan artikel seenaknya dan sesempatnya. Jika anda memutuskan untuk terjun dalam bisnis jasa artikel online, maka pastikan anda siap menghadapi dan melaksanakan hal-hal di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam blogger. Apapun bisnis online yang anda lakukan semoga lancar, amin. Jangan lupa simak juga Mengembalikan Kemampuan Menulis Artikel Yang Hilang.

Bagikan:
9 Comments
  1. Risman Aji Darmawan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.