Bisnis Online Jasa Penerjemah Artikel Bahasa Inggris Lewat Tokopedia

Anda mahir dalam berbahasa inggris? Itu adalah satu aset yang sangat mahal harganya. Anda bisa menjual jasa sebagai penerjemah artikel dengan cara membuka lapak di tokopedia.com. Nantinya pembeli akan menghubungi anda dan terjadilah transaksi.

Agar pembeli tidak kapok dan usaha anda berjualan lancar, maka janganlah menipu. Misalnya, anda ternyata menggunakan google translate untuk menerjemahkan artikel. Atau tata bahasa yang anda susun tidak sesuai struckture/ grammar yang benar sehingga hasil terjemahan anda akan terlihat “aneh” di mata pembaca luar negeri.

jasa-penerjemah-artikel

Apa saja contoh jasa penerjemahan?

Banyak. Salah satunya adalah menerjemahkan artikel dari bahasa indonesia ke bahasa inggris. Pangsa pasar anda adalah para blogger, terutama punlisher adsense. Saya sendiri pernah membeli jasa penerjemah artikel, namun tidak saya teruskan karena si tukang penerjemah tersebut kurang serius dalam melayani kebutuhan artikel bahasa inggris untuk website saya.

Kini saya belajar menerjemahkan sendiri, karena saya malas bekerjasama dengan orang yang tidak serius. Selain itu saya juga malas bekerjasama dengan orang yang hanya memenitingkan diri sendiri tanpa memikirkan kesuksesan kliennya.

Pernah saya membeli artikel online, uang sudah saya kirim tapi ternyata jumlah artikel tidak sesuai pesanan saya. Malah saya diatur sama dia, jumlah karakter ia yang menentukan dan bukannya mengikuti jumlah karakter pesanan saya. Dan yang paling tidak menyenangkan lagi, ketika saya komplin malah ia mengeluarkan kata-kata kasar. Ya sudahlah, biarin aja deh hehe 😀

Mungkin suatu saat nanti jika ada penerjemah artikel yang serius dan ada kesepakatan serta tidak memikirkan keuntungan diri sendiri, mungkin saya akan menggunakan penerjemah artikel lagi.

Dengan membaca sekilas cerita di atas, maka saya rasa anda bisa menjaga kualitas dan kepercayaan serta keramahan pelayanan terhadap pelanggan anda di tokopedia nati. Jangan sampai terjadi “pelanggan kapok”, karena mereka tidak akan pernah kembali tertarik dengan jasa anda bagaimanapun anda mempromosikan.

Pembeli anda di tokopedia yang kapok akan menulis sebuah ulasan dilapak anda dan menyampaikan kekecewaannya. Maka pembeli lain yang sebelumnya tertarik dengan jasa anda akan membatalkan niatnya karena melihat ulasan pembeli lama yang kapok di lapak anda di tokopedia.

Tapi jika pelanggan puas, mereka akan menulis ulasan yang menyenangkan di lapak anda. Sehingga para calon pembeli lain akan percaya terhadap kualitas dan layanan anda di tokopedia dan mereka akan menggunakan jasa anda tanpa ragu-ragu lagi, di situlah anda akan menemukan sukses. Itulah pentingnya kepuasan pelanggan gagi bisnis anda.

Oya, ada satu saran. Jika anda membeli artikel ke “penulis perseorangan” yang anda kenal di internet, janganlah membeli dalam jumlah banyak sekaligus, tetapi belilah sedikit demi sedikit saja. Jika anda membelinya dan mengirim uang dalam jumlah banyak sekaligus, saya sangat yakin bahwa artikel pesanan anda akan asal-asalan dan bisa jadi jumlahnya kurang dari pesanan. Sedangkan uang anda sudah berpindah tangan.

Tapi di tokopedia, uang bisa anda tarik kembali jika si penjual jasa artikel ternyata melakukan penipuan atau barang tidak sesuai dengan pesanan. Perlu kita tahu, di tokopedia siapapun tidak bisa melakukan penipuan. Mulai dari proses pembayaran hingga keluhan pelanggan akan dimonitor oleh tokopedia. Jika anda membeli barang di tokopedia namun barang tidak dikirim sesuai pesanan, maka anda bisa menarik kembali saldo anda di tokopedia.

Cara mengetahui proses transaksi di tokopedia

Seperti dijelaskan oleh Bapak Endang Kusmana dalam artikel sebelumnya yang berjudul Mencoba Ikut Berjualan di Mall Online Tokopedia, bahwa untuk mengetahui bagaimana prosedur transaksi di tokopedia maka anda harus mencoba menjadi seorang pembeli artikel. Sehingga nantinya ketika anda menjadi penerjemah atau penjual artikel, anda akan tahu serta bisa menjelaskan kepada pelanggan tentang bagaimana prosedur pembayaran untuk jasa penerjemah artikel anda.

jasa-artikel-online

Saya sendiri sebenarnya tertarik untuk berjualan artikel (bukan penerjemah artikel) di tokopedia, tapi sayangnya saya sendiri masih membutuhkan banyak artikel untuk kebutuhan update harian blog-blog yang saya kelola. Bahkan saya sendiri juga menggunakan penulis online atau penulis tetap untuk mengupdate website-website english.

Tapi jika anda memang memiliki bakat penulis atau memiliki keahlian dalam menerjemahkan bahasa inggris, maka buka lapak sebagai jasa penerjemah artikel di tokopedia adalah sebuah sumber penghasilan yang tepat. Anda akan menemukan jatidiri anda sebagai penulis online dan jasa penerjemah artikel. Keahlian anda berbahasa inggris tidak akan sia-sia.

Jika usaha anda menampakkan tanda-tanda kemajuan, anda bisa memanfaatkan muda-mudi di kampung anda yang mahir berbahasa inggris sebagai karyawan anda. Saya sendiri sebenarnya juga memiliki pandangan ke arah ini. Saya melihat banyak mbak-mbak pengajar kursus bahasa inggris di kampung saya yang memiliki banyak waktu senggang dan mereka membutuhkan usaha sampingan. Mungkin ini adalah job yang tepat bagi mereka.

Selamat mencoba dan semoga sukses dengan bisnis online anda di tokopedia. Jangan lupa simak juga Membuat Rumah Khusus Anda di Internet Secara Gratis Sambil Cari Uang.

Bagikan:
11 Comments
  1. VictoriaFitria

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.