Bisnis Jasa Domain Hosting, Apa Resikonya?

Halo sahabat tercinta blog juragan cipir… Malam ini saya akan berbagi sedikit coretan tentang enak dan tidak enaknya berbisnis online sebagai penyedia jasa domain dan hosting atau biasa disebut “Web Hosting Service”.

Sebenarnya saya tidak pernah mengalami atau tidak punya pengalaman sebagai server atau penyedia domain hosting maupun resseler hosting, namun saya melihat keponakan saya yang pernah melakukan bisnis ini.

Enaknya: 

Seperti biasa, dapat uang secara online hanya dengan menyediakan jasa pendaftaran nama domain dan sewa hosting.

Gak enaknya:

1. Uang sudah habis tapi klien masih tanya terus (kirim tiket) selama klien-klien tersebut masih menjadi tanggungjawabnya minimal setahun.

2. Harus terus bisa melayani klien (menjawab pertanyaan pelanggan dan memecahkan masalah pelanggan) dalam 24 jam atau setidaknya selama jam kerja. Sedangkan uang dari klien sudah habis.

3. Terus berpromosi untuk mendapatkan pelanggan baru agar tidak ditenggelamkan oleh pesaing-pesaing yang lebih aktif promosinya, dan terus bersaing dalam hal pelayanan dan kualitas hostingnya.

4. Terkadang hostingnya dihack oleh pesaing bisnisnya sehingga semua klien-kliennya lari karena merasa tidak aman dan terganggu. Maka harus bisa mengantisipasi serangan hacker agar bisnisnya serta semua kliennya aman.

5. Dan masih banyak lagi hal-hal lain yang saya tidak tahu.

Ini telah dialami oleh keponakan saya yang pernah menjadi jasa penyedia domain hosting selama bertahun-tahun, dan kini ia berhenti karena tidak telaten. Bagi mereka yang tekun dan telaten, bisnis jasa domain hosting merupakan pekerjaan yang enak dan memberikan penghasilan lumayan, apalagi bagi mereka yang telah mencapai sukses dalam berbisnis online sebagai jasa penyedia domain hosting.

Sekian info malam ini dan semoga bermanfaat. Jangan lupa simak juga Jualan Topi Secara Online Ternyata Bisa Dapat Uang Lumayan.

Bagikan:
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.