Bisnis Apa ya? Dengan Modal 5 Juta Saja

Setiap anda ingin merintis sebuah usaha yang paling utama adalah asalah permodalan, meskipun kadang kita mempunyai ide-ide yang kreatif tapi hal tersebut tidaklah menjadi hal utama dalam membangun sebuah bisnis kedepanya, disamping ide-ide kreatif anda yang paling penting ialah ketersediaan biaya yang cukup untuk merealisasikan ide cemerlang anda.

bisnis-modal-kecil

Tak dapat kita pungkiri jika membangun sebuah usaha harus disokong dengan modal yang lebih jika tidak ide-ide cemerlang anda akan menjadi impian semata, artinya ada sekian persen untuk yang dipakai dana cadangan. Akan tetepi tidak semua calon wirausahawan mempunyai dana yang lebih ketika ingin membangun sebuah usaha impian, meski itu hanya usaha kecil-kecilan.

Usaha apa yang menjanjikan dengan modal 5 juta saja?

Dari beberapa kasus yang didapat pengalaman para wirausahawan ada beberapa jenis bidang usaha yang bisa dibangun di indonesia dengan jumlah modal yang relatif kecil.

Berikut saya sajikan beberapa jenis usaha dengan modal kecil 5 jutaan rupiah. Perlu diketahui modal usaha diatas hanya digunakan untuk pembelian peralatan dan bahan usaha saja tidak termasuk pebangunan gedung dan fasilitas lainya. Berikut adalah alternatif usaha untuk anda:

1. Bisnis Kuliner.
Bisnis kuliner memang banyak sekali peminatnya karena bisnis dalam bidang makanan dan minuman adalah jenis usaha yang cukup menjanjikan dengan modal lima juta rupiah tersebut. Yang harus anda persiapkan adalah ketrampilan dibidang tersebut misalnya membuat makanan atau minuman dan tepat atau alat usaha, misalnya gerobak dorong. Ada banyak sekali jenis pilihan usaha kuliner, tergantung menu apa yang mau anda sajikan nantinya, misalnya saja usaha sate, telor asin, nasi uduk, gado-gado, ayam goreng ala kentucky, dagang bakso, jualan es yang banyak untungnya atau usaha makanan dan minuman lainya.

2. Usaha Bisnis Pulsa.
Bisnis seperti ini memang banyak yang merintisnya pasalya usaha seperti ini tidak memerlukan modal usaha yang terlalu besar, yang paling penting dalam usaha ini tentu saja anda harus memiliki handphone, deposit pulsa dan mungkin juga kios kecil atau tanpa kiospun usaha anda juga jadi.

3. Bisnis Dalam Bidang Fashion.
Bisnis ini juga dapat anda coba karena dapat berjalan dengan modal 5 jutaan saja, anda tinggal membeli pakaian yang sudah jadi pada pusat produksi agar anda mendapatkan harga dibawah pasaran, dan menjualnya kebali lewat gerai yang anda sewa.

4. Bisnis Parfum
Sudah banyak juga yang menjalankannya, terutama di kota-kota besar. Tetapi begitu banyak kesempatan bagi anda meraup untung juga mengikuti bisnis berjualan parfum ini. Anda tinggal membeli bibit parfum yang diletakan di botol-botol kemasan, ditambah ketrampilan anda meracik wewangian tersebut, anda sudah bisa memulai usaha berjualan parfum tersebut. Jika tidak memiliki tempat, usaha sedikit lebih keras dengan berjualan keliling.

5. Warung Klontong.
Dengan modal 5 juta tersebut anda bisa membeli barang-barang yang selalu dicari orang setiap harinya, misalnya gula, beras dll, selain itu anda juga dapat membeli produk kecantikan dan anda jual kembali. Bisa juga memanfaatkan gerobak untuk berjualan keliling.

6. Usaha Laundry.
Untuk memulai usaha seperti ini diperlukan paling tidak mesin cuci, detergen, pewangi, dan sertikaan. anda dapat menggunakan bagian rumah anda untuk membuka usaha ini, modalnya pun tidak besar, minimalisir menjadi 5 juta saja.

7. Usaha Peternakan dan perkebunan.
Seperti halnya usaha kuliner, usaha ini juga beragam misalnya usaha ternak ayam, ternak cacing, ternak burung puyuh, ternak lele, dan sebagainya, modal utamanya adalah lahan kosong di sekitar anda dan 5 juta untuk membeli bibit ternak ataupun bibit tanaman.

8. Menjadi Mitra Waralaba.
Ada banyak alternatif waralaba (franchise) yang dapat anda pilih untuk emulai membangun usaha anda. Modal lima jutaan biasana pada bidang usaha makanan atau minuman.

9. Usaha Warnet.
Dengan membeli 2 buah komputer yang berharga paling murah, apalagi dekstop bekas pasti harganya akan lebih murah, dan dua buah mode CDMA, anda sudah tentu dapat menjalankan usaha warung internet sederhana anda, akan tetapai semua itu belum termasuk sumber listrik dan mea kursi, sebagai tambahan anda bisa enerima jasa pengetikan dan pastinya usaha anda akan semakin lancar.

10. Usaha Cukur Rambut.
Yup usaha ini dapat anda jalankan dengan modal usaha 5 jutaan dan bahkan kurang dari itu pasalnya yang anda butuhkan hanya keahlian anda dalam mencukur rambut dan 2-3 mesin potong rabut yang harganaya sekitar 500 ribuan rupiah, dan sisir dan cermin.

11. Bisnis Game Center.
Untuk membuka usaha penyewaan game, anda bisa memulainya dengan peralatan terbatas, yaitu sebuah televisi yang harganya 1,5 juta rupiah dan playstation box dengan harga 3 jutaan, jika anda membelinya secound pasti juga dapat harga yang murah.

12. Usaha Kerajinan Tangan
Usaha rumahan ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk anda yang mempunyai ide-ide kreatif, ketrampilan dan juga pemasaran. Banyak pengusaha kecil yang sukses berwirausaha menciptakan handicraft yang lucu dan unik atau meanfaatkan barang-barang bekas yang tidak terpakai.

13. Jasa Selip
Usaha dibidang ini adalah usaha dengan mesin selip atau pencacah yang bisa membuat tepung atau perontok padi dan jagung. banyak sekali kita jumpai di daerah-daerah pedesaan dengan banyak yang berprofesi sebagai petani.

14. Bisnis Tanaman Hias.
Jika anda mempunyai lahan yang cukup luas untuk meletakkan pot-pot tanaman, maka bisnis ini juga mungkin cocok dengan anda, hanya dengan modal 5 juta rupiah anda sudah dapat menjalankan bisnis ini (bisnis nursery) sederhana. Silahkan anda berburu bibit-bibit tanaan sebanyak-banyaknya diwilayah anda untuk menambah variasi koleksi tanaman anda. Sebagai referensi bibit tanaman, anda bisa melihat-lihat di bibitbunga.com

15. Bisnis Online.
Bisnis yang satu ini mulai ramai sejak beberapa tahun ini yang paling utama adalah anda harus mempunyai koneksi internet dan perangkat komputer. Anda dapat menjalankan bisnis dengan berbagai pilihan, bisa dengan mengikuti progra Affiliate, PPC, dll.

Demikian tadi yang dapat saya sampikan mengenai alternatif pilihan bermodal 5 jutaan rupiah. Untuk memilih usaha mana yang cocok untuk anda alangkah baiknya anda mengkoreksi kemampuan dibidang mana yang anda inginkan, selain itu yang harus anda perhatikan adalah prospek usaha diwilayah anda dan juga jumblah kompetitornya.

Majukan Negara dengan Berwirausaha! Semoga Sukses

Bagikan:
12 Comments
  1. Supriyantocs

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.