vps murah

Home / Blogger

Kamis, 18 Desember 2014 - 15:56 WIB

Bisakah Mengganti Domain TLD Yang Berbeda Dengan Aslinya di Blogspot?

Halo teman-teman setia blog juragan cipir… Berikut ini ada satu pertanyaan dari teman kita mas +Samsudin Syamsu di kolom komentar, namun saya terpaksa tidak bisa menampilkannya di kolom komentar karena ada URL blog yang dipastekan pada kalimat komentar.

Sebenarnya URL yang dimaksud mas Samsudin tersebut hanyalah sebagai contoh saja, yaitu http://hanyacontoh.blogspot.com. Namun karena google menganggap hal itu sebagai spam dan tidak berbeda dengan link aktif, maka saya terpaksa tidak bisa mengapproved maupun menjawab pertanyaan tersebut di kolom komentar, tetapi saya akan menjawabnya di postingan ini.

Pertanyaan itu adalah:

Mba juragan, misalkan alamat blog saya http://hanyacontoh.blogspot.com, kemudian aku beli domain tersebut sudah tidak tersedia, apakah aku bisa membeli domain yang namanya beda dengan alamat di blogspot dan diterapkannya ke blogspot tersebut???

Jawaban:

Bisa! Meskipun nama domain TLD yang baru di beli tersebut berbeda jauh dengan nama sub-domain di blogspot yang akan dialihkan, hal itu tidak masalah.

READ  Perbedaan Menulis Arikel di Dalam Rumah Dan di Luar Rumah

Keterangan:

Misalnya: Kita ingin merubah http://samsudin-syamsu.blogspot.com menjadi www.samsudin-syamsu.com, tetapi nama domain tersebut tidak tersedia untuk TLD, maka terpaksa kita harus menggunakan nama domain lain yang berbeda dan masih tersedia. Meskipun berbeda jauh dengan domain aslinya di blogspot, hal itu tidak masalah. Kita bisa menggantinya dengan menggunakan nama domain lain yang berbeda, misalnya: www.samsudin-ganteng.com, atau www.samsudin-cakep.com, lalu kita pasang di blogger kita yang URL-nya http://samsudin-syamsu.blogspot.com.

Nantinya URL http://samsudin-syamsu.blogspot.com akan berubah menjadi www.samsudin-ganteng.com. Dan tentunya domain baru tersebut akan menjadi ganteng seperti orangnya 😀

( i ) Penggantian url blog dari blogspot ke dotcom hanyalah merupakan pengalihan saja. Artinya, URL blogspot hanya dialihkan ke URL lain yang berjenis dotcom tanpa meninggalkan pengunjung blog. Semua pengunjung blog akan dialihkan ke URL baru dengan menggunakan pengalihan 503.

READ  Tips Sederhana Membuat Blog/Website Ringan Loadingnya

Bahkan jika kita bosan dengan URL dotcom milik kita, maka kita bisa mengalihkannya lagi ke URL dotcom yang baru tanpa meninggalkan pengunjung blog kita, yaitu mengalihkan URL dari dotcom ke dotcom dengan menggunakan pengalihan 503 juga. Bagaimana caranya? Itu adalah urusan pihak server yang melayani pendaftaran nama domain kita. Kita tidak perlu repot-repot menyetel apapun, karena pengalihan akan dilakukan oleh pihak server alias “jasa domain hosting” tempat kita membeli domain.

^^ Jangan lupa baca juga Tanya: Bagaimana Agar Saya Bisa Memahami Adsense?

Share :

Baca Juga

Blogger

Memahami Ciri Khas Blog Dan Sifat-sifat Si Empunya Blog

Blogger

2 Cara Optimasi Blog/Website Paling Benar Dan Ampuh

Blogger

Tips Menulis Artikel Ringan Namun Berkualitas Untuk Blog Anda

Blogger

Cara Menutup Kolom Komentar di Blog WordPress Secara Manual

Blogger

Tips Membangun Website Forum Yang Bermanfaat Dan Paling Benar

Blogger

Tips Mencari Artikel di Tempat Wisata Buat Bahan Ngeblog

Adsense

Apakah Artikel Copy Paste Bisa DiBanned Oleh Google Adsense?

Blogger

Mengapa Harus Update Artikel Ngebut di Blog?