Berbicara Tentang Memilih Web Hosting

Seperti yang telah dibahas pada beberapa artikel posting yang ditulis oleh admin juragan cipir, bahwa sangat penting dalam menentukan pilihan tempat hosting yang terbaik untuk kita gunakan sebagai tempat menyimpan atau menghostkan website/blog kita, sebelum kita memesan paket hosting.

Begitu banyaknya layanan hosting baik di Indonesia maupun hosting luar, sehingga bagi teman yang baru akan mencobanya mungkin akan sedikit bingung dalam memilih web hosting yang terbaik. Maka oleh sebab itu, pada kesempatan posting kali ini saya ingin berbagi kepada teman-teman, yaitu tentang memilih web hosting.

Materi yang akan saya sampaikan ini mungkin hanya akan bermanfaat bagi teman-teman yang belum mengetahuinya, sedangkan bagi teman yang sudah level master tentu saja merupakan hal yang biasa.

Simak juga Mengenal WP-Plugin Yang Berguna Untuk Blog WordPress.

Baiklah, hal yang paling penting kita ketahui dalam menenentukan dan memutuskan pilihan yang terbaik dalam memilih tempat hosting adalah kualitas hosting itu sendiri.

  • Yang pertama adalah kualitas hosting dari sisi teknis dan kecepatan koneksi dalam menampilkan website kliennya di semua area global maupun lokal, kelengkapan dan kuantitas fitur yang diberikan seperti ukaran penyimpanan pada setiap paket host, ukuran bandwidth, jumlah addon domain, jumlah add sub sub domain, jumlah webmail, dll.
    • Sedangkan yang kedua adalah kualitas layanan sangat penting, dimana setiap clien hosting membutuhkan layanan yang cepat dan baik. Untuk mengetahui kualitas layanan dari sebuah web hosting tentunya tidak mudah sebelum kita mencobanya, kecuali kita sudah mendapat informasi dari clien yang sudah merasakannya. Seperti halnya juragan cipir telah menginformasikan kepada kita perihal layanan hosting yang digunakan juragan cipir.

Bagaimana cara mengecek kualitas sebuah web hosting dari sisi kecepatan koneksi, fitur yang disediakan? Ada banyak cara mengecek kecepatan koneksi sebuah web hosting, diantaranya dengan menggunakan situs tertentu, diantaranya situs http://check-host.net/.

Yang kita cek bukan situs web hostingnya, tetapi situs client web hosting.

Cara mengetesnya kita pergi ke link website tersebut, namun kita sebelumnya teman harus sudah punya beberapa alamat blog yang selama ini teman ikuti dan yang memiliki loading cepat. Setelah teman membuka website chek-host.net dan memasukan alamat url blog yang memiliki loading cepat yang akan kita tes, selanjutnya lihat hasilnya selah kita menekan tombol menu tertentu. Ada beberapa menu yang disediakan untuk mengecek, yaitu menu INFO, PING, HTTP, dst. Teman cukup menggunakan ketiga menu tersebut dengan menekan setiap tombol menu tersebut setelah memasukan URL.

Menu PING

Untuk melihat kecepatan koneksi blog yang bersangkutan. koneksi yang baik adalah dimana Result menunjukan angka 4/4, dimana angka yang tertera dalam kolom 3 (rtt min/avg/max) menunjukan angka kecil dalam satuan ms, seperti dapat teman lihat pada gambar berikut:

Berbicara Tentang Memilih Web Hosting

 

Menu HTTP

Hampir sama yaitu untuk mengecek kecepatan koneksi di setiap area global, namun di sini menunjukan kecepatan dalam satuan waktu (detik). Pada kolom result ok! kalau adada trouble akan muncul failed. Pada kolom Time terlihat kecepatan koneksi, semakin kecil kecepanan koneksi, berarti kualitas hosting blog tersebut adalah baik. Lihat gambar berikut:

Berbicara Tentang Memilih Web Hosting

 

Menu INFO

Setelah teman mengecek sebuah alamat blog yang hasilnya paling baik, selanjutnya pilih menu INFO. Selanjutnya tekan tombol INFO maka akan terlihat informasi mengenai hosting blog yang kita masukan tadi. Untuk melihat lebih detail siapa pemilik domain dan tempat hostingnya dengan menekan link Whois: Retrieve whois data di bagian paling bawah, dan cuplikan tayangan INFO -nya sbb:

Tech Name: Endang Kusmana
Tech Organization: Personal
Tech Email: endangkusman@gmail.com
Name Server: ns1.webiihost.com
Name Server: ns2.webiihost.com

Dari data tersebut, teman akan mengetahui siapa pemilik domain dan webhosting yang digunakan yaitu : webiihost.com

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar gambar di bawah :

Berbicara Tentang Memilih Web Hosting

Untuk membandingkan dan melihat kecepatan koneksi yang paling baik seperti apa hasil penetesan, maka teman bisa mengecek google.com, yahoo.com, dll. dan lihat hasilnya dan bandingkan dengan hosting lokal. Kenapa server Google sangat cepat? Silahkan tanya di kotak komentar, admin juragan cipir yang akan menjawabnya hehe..

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang memilih web hosting untuk menyimpan atau meng-hostkan blog/web kita masing-masing. Terima kasih saya ucapkan kepada juragan cipir yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk berbagi tips tersebut, dan mudah-mudahan ada manfaatnya. Salam blogging untuk semuanya!!

Simak juga Membuat Website Loading Cepat Untuk Adsense.

Penulis : Endang Kusmana
(Terverifikasi)
Address : Taman Pagelaran  Blok C9/30, Kec.Ciomas, Bogor 16610
Pendidikan : S1
Pengalaman Bekerja : PNS, IPB-Bogor, (1978 – 2012)
Kegiatan saat ini : Blogger & Bisnis Online
Website : www.softwarerab.com
Google+ +Endang Kusman

Bagikan:
16 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.