Berbagi Pengalaman Saya Tentang Blogging

Juragan-juragan semuanya, baru bisa update artikel di Juragan Cipir hari ini. Terlalu banyak kesibukan yang menyita waktu, bahkan untuk menambahkan postingan di blog sendiri saja masih kesulitan membagi waktunya. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya yang masih sangat sedikit sebenarnya, dengan harapan dapat mendapatkan tanggapan-tanggapan berupa pengalaman-pengalaman yang berbeda dari juragan-juragan yang lain sebagai pelajaran dan motivasi bagi saya.

Saya sudah pernah menuliskan artikel tentang bagaimana saya mengenal blog dan google adsense, hingga saya mulai belajar memeras otak lebih kuat karena ada istilah SEO yang belum lama saya kenal. Tapi sudahlah, SEO tak akan bisa diterapkan 100%, karena (kata suhu2 blogger) ada 200+ faktor. Tuh kan…, bisa pening tak sembuh-sembuh kepala aku kalo cuma mikirin SEO (pakai logat bang poltak ya gan).

Banyak pertanyaan-pertanyaan di beberapa forum (baik lokal maupun bule) termasuk di forumnya big boss juragancipir, IAPD yang pada intinya sama saja. Tentang bagaimana agar bisa diterima google adsense, syarat-syaratnya apa saja, review satu, dua dan banyak lagi yang lainnya (pada intinya hampir serupa maksudnya).

Banyak jawaban untuk setiap pertanyaan, dan semuanya ada benarnya meskipun tak mutlak seperti itu. Saya kembali ke pengalaman saya sendiri, bagaimana saya akhirnya bisa diterima dalam “keluarga besar” penayang Adsense meskipun hanya berstatus Hosted. Anggap saja anak bawang lah di keluarga, hehehe…

Saya baru sadar ada e mail balasan setelah 2 hari mendekam di dalam akun e mail saya. Setelah membaca isinya saya mencari-cari cara memasang kode iklan di beberapa web/blog sampai iklan dapat terpasang di blog saya. Lalu memasang Menu Navigasi pada blog saya, dan membuang beberapa widget yang tidak seberapa penting menurut saya. Sisanya adalah berdo’a…

Terus terang saya belum tahu bahwa yang sedang saya jalani adalah masa review kedua. Yang saya tahu hanyalah saya ingin terus menambah artikel di blog agar blog dapat terus berjalan, karena saya sadar pengunjung akan meninggalkan blog jika isinya hanya itu-itu saja.

Beberapa hari kemudian ada e mail masuk, alhamdulillah diterima. Lalu bagaimana keadaan blog saya waktu itu???

Template masih standar bawaan blogger dengan isi kurang lebih 27 artikel, umur blog memang sudah 6 bulan an tapi sempat terbengkalai, hehehe. SEO? boro-boro pakai tehnik SEO, kenal saja belum. Permalink belum paham, internal link nihil, pengunjung perharinya masih di bawah 50. Do’a? every single time.

Kesimpulan saya (ini saya lho) adalah :

  • Artikel dengan topik unik, meskipun belum banyak artikelnya kalau jarang yang memakai topik yang sama berkesempatan mendapatkan nilai lebih.
  • Umur blog, sepertinya hal ini tetap memiliki pengaruh pada penilaian simbah, kecuali yang TLD.
  • Perbanyak artikel di masa-masa review
  • Banyak do’a, mengutip kata-kata mbak Indri Lidiawati bahwa rejeki adalah milik Allah dan Google Adsense pun (sebagai sumber rejeki) milik Allah.

Pengalaman selanjutnya adalah ambisi yang berlebihan untuk mendapatkan pundi dollar secepat mungkin dari Adsense. Saya mencoba membuat blog-blog yang lain sebagai sumber tambahan bagi pemasukan akun GA saya. Pelan tapi pasti, saya mulai mengelola blog-blog baru.

Sampai akhirnya, saya menyadari keterbatasan saya serta kapasitas saya. “Ternak blog” bukanlah hal yang mudah, karena kita harus punya waktu yang benar-benar luang untuk bisa mengelola semua blog dengan rata (meskipun tetap ada yang menjadi blog utama), belum lagi pemikiran yang “dihajar” untuk memikirkan konten-konten yang berbeda untuk setiap blognya.

Hal ini (ternak blog) akan mudah dilakukan jika pemiliki blog memang benar-benar seorang Full Fime Blogger, dimana laptop selalu menjadi menu utama di sela-sela aktivitasnya. Bagi yang masih harus bekerja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari (seperti saya), mengelola 1 blog dengan lebih serius adalah pilihan yang paling bijak.

Semoga setiap juragan yang ada di dalam juragan cipir ini bisa menjadi Full Time Blogger pada saatnya nanti. Karena sebagaimana saya, pasti banyak (atau bahkan semua) blogger bercita-cita menjadi full time blogger serta mendapatkan penghasilan yang wah dari blognya. Jangan lupa simak juga Update Artikel dan SEO.

Bagikan:
13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.