Beratnya Persaingan Penayangan Iklan di Perangkat Mobile

Bagi blogger, pasti sudah tidak asing lagi dengan Mobilegeddon (mobilnya gedon?) milik google yang menuntut setiap blog ataupun website mampu tampil dengan sempurna dan ringan saat diakses melalui handphone atau perangkat mobile lainnya.

Tapi setelah susah payah mengatur blog agar tampil mobile friendly, tantangan baru pun muncul yaitu kenyamanan pengunjung. Sudah menjadi rahasia umum bahwa keberadan iklan cukup mengurangi kenyamanan bagi penikmat sebuah sajian. Lihat saja reaksi anda ketika iklan menyeruak saat sedang menonton film box office yang disiarkan di televisi swasta.

Saat adegan seru sang aktor berjibaku dengan pasangan atau lawannya tiba-tiba iklan muncul. Tidak berbeda dengan blog, keberadaan iklan mungkin saja membuat sebagian pengunjung blog merasa sedikit terganggu jika penayangannya terlalu agresif meskipun ada juga pengunjung yang memaklumi dan merasa mendapat informasi tambahan melalui iklan yang ditampilkan.

Selain itu perebutan penayangan iklan juga bersaing dengan provider penyedia layanan komunikasi. Tak jarang saat pengunjung menemukan informasi melalui pencarian google di hape dan ingin mengakses blog yang dimaksud, maka pengunjung akan sejenak disuguhkan iklan dari provider yang digunakan selama beberapa detik baru kemudian di arahkan ke blog yang dituju. hal ini membuat jengah calon pengunjung blog anda. Padahal anda sebagai pemilik blog tidak tahu menahu dengan keberadaan iklan yang muncul tersebut kecuali jika jeli melihat statistik di laporan sumber trafiknya.

persaingan-iklan-1

 

Jika ditambah lagi tampilan versi blog anda menampilkan iklan di bagian atas halaman mungkin hal ini berpotensi membuat calon pengunjung blog anda semakin malas mengeksplorasi blog anda lebih jauh. Hal ini mungkin menjadi penyebab beberapa pengguna handphone lebih memilih menggunakan Ucbrowser yang dapat menghilangkan gangguan iklan saat browsing selain dapat menghemat quota menggunakan Ucbrowser lebih nyaman karena terbebas dari iklan yang mencegat (instrusive ads) dari provider telekumunikasi selular.

persaingan-iklan-2

 

Ucbrowser juga menjadi tantangan tersendiri bagi Blogger yang menjadikan tayangan iklan sebagai salah satu sumber penghasilan. Alih-alih memasang Adblock killer untuk memaksimalkan penghasilan tapi malah berdampak menurunnya visitor. Karena pesan berwujud Pop-up yang muncul dari Adblock killer lebih menyebalkan daripada iklan melayang.

Iklan melayang di handphone biasanya menyediakan Close Button yang bisa diklik agar pengunjung dapat melihat konten yang diinginkan, sedangkan Adblock killer “memaksa” pengguna ponsel melakukan sesuatu dengan browsernya. jika blog anda sekelas Juragancipir mungkin pengunjung akan rela melakukan apa saja untuk dapat melihat update terbaru dari Mbak Indri. Bagaikan buah simalakama yang bentuknya masih misterius.

Pengguna internet mobile mengalami peningkatan pesat seiring mudah dan melimpahya fitur handphone jaman sekarang yang hampir menyamai laptop ataupun pc desktop. Hal ini menjadikan pengguna mobile menjadi target pasar potensial bagi perusahaan dan para pengusaha untuk memperkenalkan produknya melalui tayangan iklan pada setiap kesempatan langsung kehadapan target market potensial yang konten iklannya bisa disesuaikan dengan kebiasaan dan minat pengguna ponsel tersebut.

Sama halnya dengan televisi yang salah satu fungsi utamanya adalah untuk dapat menawarkan produk langsung keruang keluarga tanpa perlu ketok-ketok pintu, tanpa perlu mengirim tim marketing ke penjuru negeri. Cukup pasang iklan maka produk langsung hadir ditengah-tengah ruang keluarga seluruh Indonesia. Itulah sebabnya mengapa pasang iklan di televisi mahal, karena jika dibandingkan dengan merekrut Salesman yang di tugaskan mengenalkan produk secara Door-to-Door tentu membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit, akan lebih efektif jika memasang iklan di Televisi bukan?

Bagi blogger, dengan semakin banyaknya produk-produk baru yang membutuhkan sarana promosi, tentu semakin banyak pula produsen atau pengusaha yang ingin mengiklankan produknya melalui banner iklan yang tersedia. hal ini bisa menjadi peluang penghasilan yang menjanjikan bagi pemilik blog tapi bisa juga tidak berdampak apa-apa karena persaingan penayangan iklan di handphone yang begitu ketat.

Baca juga :

Bagikan:
18 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.