Berapa Umur Blog Mulai Tampil Normal di Google?

Halo juragan… Blog yang barus saja dibuat bisa saja langsung terindeks di google seketika, namun untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari dalam frekusensi yang normal perlu waktu 3 (tiga) bulan sejak blog di buat. Sebelum blog berumur 3 bulan, trafik dari mesin pencari belum stabil dan belum bisa konsisten.

Sedangkan berapa umur postingan mulai tampil pada posisi yang sebenarnya di mesin pencari? Postingan akan duduk pada posisinya di mesin pencari setelah berumur sebulan sejak anda publish. Jika belum berumur sebulan, maka postingan anda masih bergentayangan kesana kemari menunggu pemberian tempat dari mesin pencari.

tips seo, website seo, jasa seo, jawa website, jasa toko online, jasa backlink

Namun, penjelasan atau pendapat saya di atas hanyalah pedoman secara umum saja. Masih banyak faktor lain yang bisa mempercepat postingan anda duduk di mesin pencari maupun terusir dari tempatnya.

Misalnya, postingan anda dicopas secara utuh oleh blog yang berperingkat lebih tinggi, anda menautkan internal link ke postingan lainnya, jumlah “backlink berkualitas”yang merujuk ke blog anda bertambah, msein pencari melakukan perbaruan atau update algoritmanya, dan masih banyak lagi faktor lain yang mempengaruhi posisi artikel maupun peringkat blog anda di mesin pencari.

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan agar blog kita kuat di serp mesin pencari dan tidak mudah goyah adalah dengan menanam link di situs-situs berperingkat tinggi dengan aliran dofollow dan terus memperbanyak artikel orisinil dan berkualitas. Tujuannya untuk mendapatkan backlink berkualitas, bukan asal backlink, serta agar mesin pencari memeringkat blog kita sebagai blog aktif. 1 backlink yang berasal dari situs berperingkat tinggi akan lebih baik daripada 100 backlink yang berasal dari situs berkualitas rendah, dan blog yang aktif akan lebih baik daripada blog dengan ribuan artikel namun tidak aktif atau update-nya hanya seminggu sekali.

Namun saya sendiri malas mencari-cari backlink kemana-mana karena hanya menyikta waktu saja. Lebih baik waktunya saya gunakan untuk menulis artikel daripada mencari-cari backlink, sementara saya lebih suka menunggu backlink alami yang bisa didapat dari internet seiring dengan semakin lama umur blog kita. Selain itu, penerapan backlink manual yang salah bisa menyebabkan blog kita terkena sandbox maupun hukuman lain dari mesin pencari. Sekali lagi, saya lebih suka backlink alami.

READ  Cara Menyeimbangkan Kinerja Iklan Adsense di Blog

^^ Have a nice blogging. Take e few minutes also to read Tips Menghindari Rasa Bosan Ngeblog Dengan Adsense.

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

33 komentar

  1. pertamax gak ya? maksih mbak ilmunya…

    1. makasih pertamaxnya mas putra, silakan ambil sendiri di pom bensin bawa jirigen hehehe 😀

  2. Waduh ternyata butuh waktu juga ya untuk mengenalkan blog dan isinya kepada SERP… makasih ilmunya mbak…

  3. Ternyata harus menunggu bulanan ya mbak, pantesan blog saya yang belum sebulan belum ke index ..

  4. Gambar Gravatar Indra Kusuma Sejati berkata:

    Kirain saya langsung mba kebaca sama google, gak tahunya perlu gentayangan dulu ya artikel kita. he,, he,, he,<br /><br />Salam

  5. Saya juga rada males mbak nyari backlink.. tapi kalau cuma blog walking sih serhari sekali. Mau nanti dapet link atau tidak yang penting ikut berpartisipasi hehe. Sip juragan!

  6. ternyata artikel kaya hantu ya, bisa gentayangan juga..

  7. Gambar Gravatar DAnish FathurRahman berkata:

    Iya. betul sekali Bu.. dari pada pusing mikir backlink, lebih bagus pusing mikirin posting.. 😀

  8. artikel aku udah lama gentayangan, belon ada yang duduk disinggasana satu..

  9. saya malah ga ngeh dengan backlink :)<br />yang penting BW lancar kalau saya mah 🙂

  10. iya bu, saya juga malas nyari backlink. mening nulis aja ya and komentar di blog bu juragan cipir. he he..

  11. sehbis update 1 atau 2 jam memang tampil kadang dihalaman pertama kdang dihalaman kedua, tapi itu juga memang sering berubah posisi persis apa yg di tulis mbk indri ,,,,heheh

  12. jadi harus nunggu sampai 3 bulan ya mbak, lumayan lama juga..

  13. kira-kira 3 bulanan, ngeblog emang butuh kesabaran tingkat tinggi. hee..he yang penting tetap semangat.

  14. ternyata begitu ya, Mbak Indri lebih cenderung menunggu backlink alami. Dan mem-fokuskan pada postingan artikel.

  15. jadi nunggunya lama juga ya..<br />makasih infonya mbak..

  16. Oww..ternyata sebelum 3 bulan belum punya tempat di SERP ya .Makasih ya mbak sharinya.

  17. Gambar Gravatar Lilih Prilian Ari Pranowo berkata:

    Saya suka bagian akhir dari artikel ini, membangun tautlink ke sana ke mari hanya membuang-buang waktu. Terlebih salah penerapan akan membuat blog terdepak dari serp google, karena sudah ada algoritma si Penguin Madagaskar!

  18. sampai sekarang saya belum terlalu paham apa itu backlink?, apa itu menanam backlink? apa itu dofollow? <br />bisa admin jelaskan caranya dgn singkat? terima kasih..<br />saya masih newby.

    1. penjelasannya cukup panjang, sebaiknya mas Riio cari aja di google dengan keyword <b>pengertian backlink dofollow dan nofollow</b>, disana sdh banyak yg posting hal itu 😀

  19. Nice post juragan, very useful information 🙂

  20. makasih mbak sharenya, informasi yang luar biasa super sekali. dengan begini saya lebih jelas paham mana tn. blog dn artikel2nya yg uda punya tmpt duduk dn mn yg masih mondar mandir. sukses

  21. Pantesan, saya pernah menulis satu artikel di blog saya, blog A, selang beberapa jam saya copas untuk blog saya yang lain, blog B. Karena postingan ini bersifat umum, saya copas saja. Ternyata visitornya kok lebih banyak yang B, padahal yang di B saya copas dari aslinya di A. <br /><br />Baru tahu sekarang. Thanks ilmunya Mbak Indri.

  22. Gambar Gravatar Emil Qorib Abdillah berkata:

    mudah-mudahan artikel-artikel di blog saya cepat terindeks google 😀

  23. maaf OOT, bagaimana caranya memasang widget IAPD di blog kita, terimakasih mb Indri

    1. silakan cari di blog ini dengan keyword &quot;cara mendaftar adsense dengan menggunakan banner IAPD&quot; 😀

  24. Nice article mba .memang punya blog itu ibarat kita menanam tumbuhan ya mbak kita kasih bibit kita siram lalu nanti kita dapat petik buah nya hhe

  25. Oke deh, mba. Sekarang ane mau fokus nulis postingan yang berkualitas. Semoga bisa sukses seperti web mba ini ya!

  26. Gambar Gravatar Kumpulan Berita Bola Terlengkap berkata:

    makasih ya gan untuk infonya semoga tambah sukses aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *