vps murah

Home / Adsense

Senin, 14 September 2015 - 07:28 WIB

Berapa Trafik Minimal Untuk Mendapatkan Fitur Matched Content?

Halo sahabat blogger dan pembaca tercinta blog juragan cipir… Tentunya kita semua sudah tahu tentang fitur baru iklan adsense keluaran april 2015, yaitu unit “Konten Yang Sesuai” atau Matched Content. Sejak sebulan terakhir ini banyak teman-teman publisher yang mendapatkan fitur tersebut. Seminggu kemarin saya juga barusan mendapatkan fitur ini, silakan simak Mencoba Iklan “Konten Yang Sesuai” (Matched Content) Adsense.

iklan-matched-content

Iklan matched konten adalah iklan google yang mengiklankan artikel milik kita sendiri dengan tampilan seperti related posts atau artikel terkait, atau dengan kata lain: anda mendapat hadiah beriklan gratis untuk mengiklankan konten anda yang paling berpotensi dibaca oleh pengguna di blog anda sendiri.

Google meluncurkan fitur ini dengan tujuan untuk memudahkan pengguna menemukan konten yang mereka minati serta membantu publisher meningkatkan  penghasilan adsense. Dengan adanya iklan Konten Yang Sesuai / Matched Content yang tampil di blog anda maka diharapkan pengguna akan berlama-lama di situs anda sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan adsense anda. Seperti itulah gambaran secara umumnya.

Namun fitur matched content ini tersedia terbatas dan hanya diberikan kepada publisher yang memenuhi persyaratan saja, diantaranya adalah situs harus menerima lalulintas yang cukup serta memiliki banyak konten unik. Berikut ini penjelasan resmi Google:

Kelayakan dalam menggunakan Konten yang sesuai

Fitur Konten yang sesuai tidak tersedia untuk semua penayang. Agar memenuhi syarat, Anda harus memiliki situs yang memenuhi persyaratan minimum untuk volume lalu lintas dan jumlah laman yang unik. Kami memberlakukan persyaratan ini untuk memastikan bahwa Konten yang sesuai memberikan pengalaman yang baik bagi Anda dan pengunjung situs Anda. Setelah situs disetujui, Anda akan memiliki akses ke fitur Konten yang sesuai di akun AdSense Anda.

Sekarang pertanyaannya adalah:

Berapa trafik minimum yang diperlukan untuk bisa mendapatkan fitur matched content?

Hanya Google yang tahu. Karena google tidak menjelaskan secara rinci tentang berapa trafik minimal untuk fitur matched content.

Tapi baru saja ada seorang teman kita, yaitu mas Anton Ardyanto, yang juga mendapatkan fitur matched content di blognya http://lovelybogor.com yang mana blog tersebut menerima trafik kalau tidak salah sekitar +/- 1.000 VU perhari. Jadi dengan 1.000 visitor unik perhari maka anda bisa menunggu fitur matched content hadir di akun adsense anda. Namun tentunya patokannya bukanlah trafik saja, tetapi jumlah laman/ konten unik di blog anda juga mempengaruhi, atau dengan kata lain: blog anda berisi konten orisinil dan memiliki nilai manfaat bagi pembaca. Selain itu, “mungkin” juga ada faktor-faktor lain yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh google untuk menghadiahkan fitur matched content di akun adsense anda.

READ  Apakah Blog Adsense Boleh Diisi Bahasa Campuran Indonesia & Inggris

Sekarang pertanyaan yang kedua adalah:

Apa keuntungan dari menggunakan fitur matched content?

Keuntungannya banyak. Pembaca blog kita bisa dengan mudah melihat konten yang mereka minati tampil pada iklan matched content. Google sepertinya lebih memprioritaskan penargetan berbasis minat untuk menampilkan iklan matched content di blog kita ketimbang penargetan kontekstual, sehingga peluang untuk diklik pengguna sangatlah tinggi yang akhirnya meningkatkan jumlah tayangan laman dan tayangan iklan di blog anda, dan pada akhirnya meningkatkan potensi pendapatan adsense anda.

Seberapa besar matched content meningkatkan pendapatan adsense?

Saya akan berkata jujur kepada teman-teman demi kebaikan serta demi kesuksesan kita semua, pendapatan adsense naik hingga lebih dari 200%, dan itu merupakan grafik yang saya alami sejak seminggu menggunakan matched content. Sampai berapa lama peningkatan pendapatan itu bisa terjadi? Saya tidak tahu, semoga bisa selamanya.

Tapi bagi publisher lain mungkin hasilnya berbeda, tergantung bagaimana mereka memanfaatkannya, bisa lebih besar atau sebaliknya. Selain itu juga ada faktor lain yang mungkin mempengaruhi perbedaan pendapatan antara masing-masing publisher pengguna matched content, seperti perbedaan jumlah artikel yang mereka miliki, perbedaan jumlah trafik, perbedaan niche blog, dll.

pendapatan-matched-content

Tapi ingat lho ya, penggunaan unit matched content yang berlebihan (misal: lebih dari satu) justru akan menjatuhkan pendapatan adsense anda, dan saya telah mencobanya. Sebelum menerapkan unit matched content di blog ini saya telah berkonsultasi langsung dengan tim google untuk meminta saran terkait kebijakan program dan tata letak iklan di blog juragan cipir ini agar saya bisa melakukan percobaan-percobaan penempatan yang paling optimal dengan leluasa tanpa khawatir melanggar kebijakan program adsense. Dan setelah itu berbagai macam gaya dan penempatan unit matched content saya uji di blog ini.

Opini pribadi tentang kinerja matched content

Ini hanya pendapat saya saja berdasarkan pengalaman saya pribadi, jadi jangan disalahkan jika tidak sama dengan pengalaman anda jikalau anda juga menggunakan fitur matched content di blog anda.

READ  Tips Mengoptimalkan Google Adsense Dengan Pengujian A/B

Iklan matched content sangat cocok bagi blog bertema gado-gado. Mengapa? Karena semakin banyak tema atau jenis-jenis artikel yang ada di blog anda maka akan semakin banyak pula persediaan iklan yang ingin ditampilkan oleh matched content, karena iklannya adalah artikel milik anda sendiri.

Pada blog juragan cipir misalnya. Jika anda biasanya suka membaca artikel otomotif di internet dan kemudian anda mengunjungi blog juragan cipir maka anda akan melihat iklan matched content bertema otomotif tampil blog ini, karena di blog juragan cipir ini tersedia artikel apa saja, termasuk artikel otomotif 😀

Ini berarti blog juragan cipir memiliki bermacam-macam topik artikel dan kesemuanya itu merupakan inventori iklan yang siap untuk ditampilkan oleh unit matched content di blog ini yang sesuai minat pembaca. Dan nantinya iklan adsense milik adwords yang tampil di halaman hasil tayangan matched content akan benar-benar tertarget kepada pembaca, baik tertarget secara kontekstual maupun tertarget menurut minat. Jika pembaca tidak mengklik iklan, maka mereka akan mengklik matched content sehingga BPK dan RKPT akan naik dan itulah yang membuat pendapatan adsense cepat meningkat.

Untuk blog niche saya belum pernah mengalaminya, jadi saya tidak tahu seberapa besar prosentase peningkatan pendapatan adsense dari penggunaan unit matched content. Jika anda mengalaminya pada blog niche maupun blog gado-gado, silakan dishare di blog ini dengan mengklik Tulis Artikel di menu atas.

Bagaimana cara mendapatkan fitur matched content dari Google?

Ini mungkin pertanyaan yang ingin teman-teman ajukan. Jawabannya adalah: Tidak ada cara khusus untuk meminta atau mengajukan fitur matched content ke Google, karena ini merupakan hadiah dari Google bagi publisher yang memenuhi kriteria di atas. Namun ada upaya yang bisa kita lakukan agar Google mau memberikan hadiah fitur matched content ke kita, yaitu dengan cara memperbanyak konten unik dan berkualitas serta meningkatkan trafik dari search engine, maka ada kemungkinan fitur matched content hadir di akun adsense kita.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa simak juga Menyimak Iklan Adsense Musiman.

Share :

Baca Juga

Adsense

Tips Membuat Blog Micro Niche Untuk Optimasi Adsense

Adsense

Alternatif Kedua Selain Adsense

Adsense

Mengambil Rezeki Dari Allah Melalui Keahlian Kita di Blog

Adsense

Menyimak Iklan Adsense Musiman

Adsense

Pengaruh Ponsel Cerdas Dalam Klik Iklan

Adsense

Mengapa Akun Google Adsense Anda Dibanned?

Adsense

Tips Sukses Membangun Blog Adsense Niche Premium

Adsense

4 Plugin WordPress Yang Wajib DiPasang di Blog Adsense