Berapa Perbedaan Penghasilan Iklan Mandiri Dan Adsense?

Halo juragan… Seperti kita ketahui, beberapa blog memonetize dirinya dengan berbagai cara, diantaranya adalah sebagai penayang iklan adsense dan penayang iklan mandiri.

Penayang adsense adalah blog yang menayangkan iklan google (adsense). Sedangkan penayang iklan mandiri adalah blog yang menayangkan iklan milik perseorangan/perusahaan secara langsung tanpa melalui pihak lain. Artinya, kontrak sewa space iklan hanya melibatkan perjanjian kedua belah pihak saja, yaitu pihak pengiklan dan pihak pemilik blog/website.
Mana yang lebih besar penghasilannya?
Jika anda pemilik blog, saya yakin anda pernah bertanya-tanya dalam hati tentang hal ini. Jawabannya adalah relatif, tergantung berapa trafik blog dan berapa kapasitas ruang (space iklan) yang dimiliki oleh blog tersebut, dan masih banyak lagi faktor lainnya. Sekarang marilah sedikit kita jabarkan lebih lanjut.
* Iklan Mandiri
Untuk blog bertrafik 1K/day, anda bisa mengantongi 1 juta rupiah/bulan dengan memasang 4 iklan mandiri, dengan tarif 250 rupiah per-iklan. 
Uang akan anda terima sebelum iklan ditayangkan dan tidak ada resiko banned dari siapapun. Jika anda ingin menaikkan tarif, maka anda harus bisa meningkatkan trafik blog.
Berapa batas ideal memasang iklan mandiri di blog? Menurut saya yang ideal adalah maksimal 4 iklan. Jika lebih dari itu maka tampilan blog akan menjadi buruk sehingga pembaca akan sangat terganggu. Itu sudah pasti. 
* Iklan Adsense
Trafik 1K/day tidak cukup bagi blog bahasa Indonesia untuk mendapatkan payout secara rutin dari adsense. Diperlukan trafik setidaknya 2K/day untuk menjebol ambang pembayaran setiap bulan secara konsisten, dengan memasang 3 unit iklan adsense. 
Uang akan anda terima setelah iklan ditayangkan lebih dulu. Jika anda ingin menaikkan penghasilan, maka anda harus bisa meningkatkan trafik blog.
Berapa batas yang diijinkan memasang iklan adsense di blog? 3 unit konten, 3 unit link, dan 2 unit mesin telusur. Jadi totalnya ada 8 unit. Jika anda memasang lebih dari ketentuan, maka akun/situs anda akan dibanned oleh google, hanya cepat atau lambat. Kecuali anda mengantongi ijin khusus seperti para member adsense premium.
Kelebihan dan kekurangan
Antara iklan mandiri dan iklan adsense masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Di antaranya adalah:
Iklan Mandiri
Anda bebas mau posting apa saja tanpa perlu khawatir dibanned. Uang bisa didapat secara rutin tiap bulan sebelum iklan dipasang. Tidak terlalu pusing mikirin trafik, yang penting trafik bisa 1K dan jumlah komentar banyak pasti banyak pengiklan yang tertarik.
Namun space iklan terbatas, sehingga jumlah penghasilan anda akan dibatasi oleh ketersediaan ruang iklan di blog anda. Jika kita memaksa menambah iklan terus-menerus, maka tampilan blog akan terlihat seperti orang “menyunggi” tumpukan barang di atas kepala. Karena di bawah header dipenuhi oleh tumpukan iklan berkerlap-kerlip persis seperti Putri Bali yang sedang menyunggi barang-barang untuk perayaan hari raya Nyepi.
Iklan Adsense
Anda terikat dengan TOS Adsense, tidak bisa posting seenaknya. Jika melanggar akan mendapat hadiah banned. Uang baru bisa diterima secara rutin setelah memiliki trafik 2K (untuk blog indo). Jika trafik belum ada 2K, kita harus mau bekerja keras untuk meraih gaji bulanan. Malas update jangan berharap mendapat bayaran, bahkan sampai tahun depan tidak akan dapat menembus payout. Itu sudah pasti.
Namun jumlah penghasilan adsense tidak terbatas. Meskipun anda hanya memasang 3 iklan saja di blog, penghasilan anda bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan asalkan anda bisa meningkatkan trafik blog sesuai yang dibutuhkan. Semakin banyak jumlah postingan yang anda miliki maka akan semakin tinggi trafik blog yang berdampak meningkatkan jumlah penghasilan anda.
Bagikan:
13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.