Berapa Modal Awal Untuk Menjadi Blogger?

Halo juragan… Setiap pembelajaran perlu modal, termasuk ingin menjadi seorang blogger. Apalagi jika nantinya anda ingin mengembangkan prestasi sebagai blogger matre alias blogger komersial (yaitu orang yang mencari penghasilan dari blog), maka sudah pasti diperlukan modal tambahan.Untuk menjadi seorang blogger amatir saja kita perlu modal, apalagi untuk menjadi blogger profesional yang mencari uang dari blog, sudah pasti anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Seperti kata pak Jokowi di facebook, “Tidak ada yang namanya makan siang gratis”, artinya segala sesuatu itu perlu dana. Seperti kehidupan di kota besar, mau tidur bayar, mau mandi bayar, mau buang air besar bayar, yang gartis cuma buang angin aja karena gak ada orang yang tahu hehehe ๐Ÿ˜€

Baca jugaย 10 Syarat Utama Menjadi Seorang Blogger.

bisnis online, internet marketing, cari uang online, website bisnis

Berikut ini modal yang harus anda siapkan jika anda seorang pemula yang ingin menjadi bloger.

1. Blogger Warnet

Blogger warnet adalah seorang blogger yang ngeblog dengan menggunakan komputer serta koneksi internet milik warnet (warung internet).

Anda harus mengeluarkan uang 3.000 rupiah kali 8 jam (jika anda ngeblog 8 jam) setiap hari. Jadi anda harus mennyiapkan anggaran sebesar 24 ribu rupiah setiap hari jika ingin menjadi seorang blogger. Belum lagi biaya beli segelas kopi dan gorengan yang akan menemani anda selama ngeblog.

Jika dibulatkan maka anda akan menghabiskan dana sekitar 30 ribu perhari, dan jika dikalikan sebulan maka anda harus membayar sebesar 900 ribu ke warnet dan ke pemilik warung kopi serta gorengan.

2. Blogger Mandiri

Blogger mandiri adalah seorang blogger yang ngeblog dengan menggunakan komputer serta koneksi internet milik sendiri.

Anda harus menyiapkan dana sebesar 4 juta untyuk membeli komputer bekas/second hand versi lama, atau anda harus membeli komputer baru seharga 7 juta rupiah.

Sedangkan untuk biaya operasional selama sebulan, anda harus menyiapkan uang sekitar 150 ribu rupiah perbulan untuk membayar koneksi internet. Anda bisa berlangganan speedy bulanan atau membeli kuota prabayar, terserah mana yang anda sukai. Dan 150 ribu itu untuk ukuran ekonomis, anda iangan terlalu sering mendowload ini dan itu agar kuota anda tidak habis di tengah jalan.

3. Blogger Semi Mandiri

Blogger semi mandiri adalah seorang blogger yang ngeblog dengan menggunakan komputer sendiri tetapi menumpang koneksi internet milik pihak lain, misalnya: koneksi kantor, koneksi wifi umum, dan koneksi numpang lainnya.

Anda hanya perlu membeli komputer saja untuk modal awal, sedangkan untuk biaya operasional harian tentunya anda harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli makanan ringan yang akan menemani anda di teras atau halaman milik pt. telkom, jika anda suka menggunakan wifi milik pt. telkom.

( i ) Intinya, tidak ada seorangpun yang bisa menjadi blogger dengan cara gratis. Semua blogger pasti mengeluarkan uang untuk membiayai mereka selama ngeblog. Sedangkan biaya untuk membuat blog, anda bisa menggunakan “blog gratis” yang banyak terdapat di internet sebagai bahan pembelajaran anda. Ketahui jugaย 5 Ciri-ciri Seorang Blogger Sejati.

^^ Sampai disini dulu informasi yang bisa saya sampaikan dan semoga bermanfaat, terutama jika anda adalah seorang pemula yang ingin terjun di dunia blogger. Jika anda seorang publisher adsense, jangan lupa baca juga info penting satunya, yaituย Lihat Iklan Jokowi Ingat Cosa Aranda Tentang Adsense.

Bagikan:
19 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.