Berapa Lama Untuk Pay Out Pertama dari Google Adsense ?

Masih ingat ketika kita pertama kali mendapatkan akun adsense ?

Saya masih ingat betul bagaimana rasanya ketika pada tanggal 31 Agustus 2014, untuk  pertama kali saya mendapatkan E-mail cinta dari google yang membuat semangat saya langsung naik 1000 %. Saya langsung mengambil screenshoot E-mail tersebut dan memamerkannya kepada salah seorang kawan yang juga sedang berjuang untuk mendapakkan akun adsense.

Semangat yang menggebu-gebu membuat saya tidak henti-hentinya mengecek akun adsense setiap sejam sekali. Lupa makan, lupa blogwalking, lupa menulis konten baru, lupa pacar, bahkan lupa kalau status saya sebagai mahasiswa baru saja dirampas oleh toga.

Saya merasa menjadi orang yang sangat beruntung saat itu. Akhirnya setelah dua kali ditolak saya diterima oleh google menjadi salah satu orang yang berhak menayangkan iklan adsense di blog. Yang ada di kepala saya saat itu hanya satu, DUIT.

Saya membayangkan pundi-pundi dolar yang akan mengalir ke akun adsense saya setiap detiknya. Saya membayangkan barang-barang baru apa saja yang bisa saya beli nanti, saya membayangkan akan traveling ke mana di akhir tahun, dan hal-hal gila lainnya.

Akhirnya, setelah berjalan satu bulan saya terbangun dari mimpi-mimpi dan angan-angan yang sepertinya menampar wajah saya.

Setelah menjalankan adsense selama satu bulan, saya mendapatkan total $0,87. Ada banyak faktor mengapa selama sebulan menjalankan adsense saya hanya bisa menghasilkan angka demikian. Saya mungkin akan menjelaskannya pada tulisan lainnya.

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh seorang pemula seperti saya adalah menganggap bahwa dengan memiliki akun adsense saja dolar akan mengalir dengan mudah, semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi, faktanya adalah mendapatkan dolar dari adsense bagaikan membalikkan telapak tangan harimau.

Menghasilkan dolar dari adsense secara konsisten jauh lebih menantang dari pada mendapatkan akun adsense itu sendiri. Banyak publisher adsense di dunia yang hanya sekedar memegang status sebagai publisher tetapi tidak pernah pay out sekali pun.

Sebagai seorang blogger pemula, kita wajib terus berusaha dan belajar untuk bisa menghasilkan dolar secara konsisten. Akan tetapi, perlu juga kita pahami bahwa untuk bisa pay out pertama kali butuh waktu yang cukup panjang.

Ketika pertama kali mengenal google adsense, saya belajar dari tiga blog yang menurut saya sangat tepat untuk belajar adsese. Ketiga blog itu adalah blog juragan cipir yang dikelola oleh mbak Indri Lidiawati, blogodolar yang dikelola oleh Bang Herman Yudiono, dan Blog Portal-Uang yang dikelola oleh Bang GeeJhon.

Tahu nggak berapa lama waktu yang diperlukan oleh ketiga inspirator saya di atas untuk bisa pay out dari adsense ?

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan setelah membaca artikel blog-blog di atas, saya menemukan bahwa Mbak Indri membutuhkan waktu selama kurang lebih 10 bulan untuk Pay out dari adsense sebesar 1,8 juta rupiah. Bang Herman juga membutuhkan sepuluh bulan untuk PO, sedangkan Bang GeeJohn butuh setidaknya 8 bulan.

Nama-nama di atas adalah nama-nama yang berkecimpung di dunia adsense dengan niche yang masih memiliki hubungan erat dengan “making money online”. Bagaimana dengan publisher lain dengan niche yang berbeda ?

Ternyata, hasilnya juga sama. Bahkan ada beberapa blogger yang telah melakukan optimasi adsense selama 2 tahun tetapi belum juga bisa Pay out.
Berdasarkan cerita yang dibagi di forum-forum dan komentar blog, baik blogger lokal maupun blogger luar negeri, umumnya untuk bisa PO pertama kali rata-rata publisher membutuhkan setidaknya 3 bulan jika beruntung  dan paling lama bisa sampai 1 tahun. Sedangkan paling sial adalah akun dibanned. Hal ini tergantung pada banyak hal termasuk niche blog dan tentu saja trafik.

Fakta di atas memang cukup mengerikan untuk diketahui. Seorang blogger dengan mental yang lemah mungkin akan langsung patah semangat dan “gantung laptop”. Tetapi, bagi seorang blogger dengan kemauan keras justru akan berusaha menghadapi tantangan itu.

PENTING UNTUK DIINGAT, bahwa banyak blogger-blogger yang saat ini bisa dikatakan telah mengecap manisnya kesuksesan di dunia adsense harus mengalami perjuangan yang cukup panjang untuk bisa pay out  pertama kali dari google  adsense.

Dari pengalaman dari blogger-blogger di atas, kita tahu bahwa untuk pay out pertama kali dari adsense dibutuhkan waktu yang tidak singkat. Saya berharap bahwa tulisan ini tidak menghembuskan angin kencang yang melenyapkan semangat teman-teman sesama pemula untuk payout dari adsense.

Saya berharap tulisan ini justru menjadi pematik yang membuat semangat kita yang telah padam kembali hidup atau menjadi bensin yang  membuat semangat kita semakin membara dan membakar perasaan putus asa kita.
Saya sendiri sampai sekarang masih berharapa agar bisa PO secepatnya.
Sukses untuk kita semua.

Bagikan:
35 Comments
  1. Jaka Wijaya
    • Rush
    • Rush
    • Rush
    • Rush
    • Rush
    • Rush
    • Rush
    • Rush
    • Rush
    • Rush

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.