Benarkah Si Bayi Tidak Boleh 1 Tempat Tidur Dengan Orang Tua?

Sekarang ini, debat tentang bayi yang sebaiknya tidur di tempat tidurnya sendiri atau tidur bersama dengan orang tua, masih didebatkan dan belum menemukan jawaban pasti dari permasalahan yang timbul ini.

Akan tetapi, ternyata, belakangan ini, dari suatu penelitian dari National Health Service (NHS) Inggris telah memberi sedikit angin segar untuk mereka yang sangat mendukung jika anak sebaiknya tidak tidur dengan orang tuanya.

bayi-tidur-dengan-orang-tua

Namun, ternyata, dengan suatu syarat, jika orang tuanya itu merupakan perokok.

Sebenarnya, apa alasan dibalik dilarangnya bayi tidur bersama dengan orang tua yang perokok?

Pakar kesehatan dari NHS telah menyebutkan jika memang ada yang memiliki pendapat saat bayi tengah tidur bersama dengan orang tua, si bayi bisa merasa lebih aman, terutama jika si bayi tiba-tiba di malam hari membutuhkan asupan ASI.

Sebaliknya, sebagian orang lain berkata apabila tempat tidur khusus bagi bayi ini lebih disarankan sebagai salah satu tempat tidur dari si bayi untuk bisa tidur, lebih dikhususkan lagi apabila orang tuanya ini merupakan seorang perokok.

Bahkan, seorang pakar kesehatan menyatakan apabila orang tua yang seringkali meminum obat tidur, sangat tidak disarankan untuk tidur bersama dengan si buah hati dalam 1 (satu) tempat tidur.

Ternyata, tanpa disadari, orang tua perokok memiliki banyak sekali racun yang berasal dari rokok yang telah dihisap, dan akhirnya menempel pada baju, bahkan pada rambut orang tua yang merokok tersebut.

Nah permasalahannya di sini. Apabila orang tua itu tidur dalam 1 (satu) tempat tidur bersama dengan si buah hati, dikhawatirkan kandungan racun yang dihasilkan dari rokok tersebut bisa secara langsung menyentuh dari kulit si bayi, menempel di sprei, bahkan bisa mengendap dalam waktu yang lama. Ini sangat berbahaya, karena memiliki resiko terhirup oleh bayi di saat tengah bernapas.

Bahkan, salah satu hal ini juga diyakini mampu memicu sindrom kematian secara mendadak yang terjadi pada bayi. Waduh!

Saran terbaiknya ialah dengan menyarankan orang tua agar si buah hati ditidurkan dalam tempat tidur khusus yang ada di dalam kamar.

Tidak hanya untuk menghindarkan si buah hati dari rokok, dengan saran tersebut, kondisi tubuh bayi yang belum benar-benar sempurna membuat si buah hati juga susah dalam mengatur suhu tubuhnya sendiri, dikhawatirkan nantinya suhu tubuh dari si buah hati bisa meningkat secara drastis saat tidur bersama dengan orang tua di 1 (satu) tempat tidur, dan bisa menimbulkan resiko kematian mendadak.

Jangan lupa simak juga Tips Sederhana Agar Buah Hati Mau Gosok Gigi Sebelum Tidur.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.