Benarkah Pendapatan Bisnis Online Sepi Pada Hari Libur?

Halo juragan… Seperti pertanyaan pada judul di atas, apakah hari libur mempengaruhi penghasilan bisnis online? Menurut saya itu benar. Pada hari libur orang-orang lebih fokus di acara liburan mereka. Ada yang sibuk dengan urusan rumah maupun berlibur bersama anak-anak mereka, dan lain sebagainya.

Namun setidaknya ada satu hal yang pasti, yaitu para pekerja kantor yang biasanya browsing di internet sedang absen ketika hari libur. Bahkan, para blogger dan internet marketer banyak yang mematikan komputer pada hari libur. Semua itu akan berpengaruh terhadap bisnis online secara menyeluruh.

Coba anda lihat pada grafik anda, bisa di dasbor blogger, histats, maupun google analitycs, tentu ada sedikit penurunan trafik cukup membedakan degan hari-hari biasa.

Tetapi pada hari senin biasanya akan ditandai dengan sedikit ledakan trafik sebagai pengganti hari minggu kemarin. Pada hari berikutnya, lalulintas pengunjung akan berjalan normal seperti biasanya sampai masuk hari libur berikutnya atau hari minggu depan.

Dampak pendapatan:

Bagi internet marketer seperti pebisnis online maupun publisher adsense, hal ini cukup untuk mencolek perhatian mereka dengan menurunnya pendapatan harian. Setidaknya ada 4 hari dalam sebulan yang memaksa internet marketer jangan mengharap penghasilan terlalu banyak. Apalagi jika pada musim hari libur atau hari besar, tentu akan berdampak menurunkan pendapatan bulanan.

Tapi bagi pebisnis online yang bergerak dibidang travel dan pariwisata mungkin malah sebaliknya. Hari libur mungkin justru meramaikan dering telepon dari para customer yang meminta order.

Menyikapi iklim bisnis online yang seperti ini, hendaknya kita ikut serta menikmati hari libur dengan mematikan komputer dan berangkat tamasya ke pantai. Setidaknya kejenuhan dan rasa penat selama 6 hari duduk di depan komputer akan terobati.

^^ Happy blogging. Jangan lupa baca juga 3 Tahap Penting Menumbuhkan Pendapatan Google Adsense.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.