Benarkah Berenang Setelah Makan itu Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh Anda?

Memang, jika kita berenang setelah makan, rasanya tubuh menjadi sangat tidak enak. Bahkan, tidak sedikit yang mengutarakan apabila berenang setelah makan malah mampu menyebabkan terjadinya kram perut, dan bisa menyebabkan seseorang menjadi tenggelam.

Anda bahkan diharuskan menunggu selama 1 (satu) jam untuk bisa berenang kembali setelah anda makan, agar kondisi tubuh tetap terjaga.  Simak juga Makan Daging Ternyata Bisa Membuat Badan Anda Gemuk Lho!

berenang-setelah-makan

Di sisi lain, ada kabar baik yang muncul bagi anda. Kabar baiknya, tidak ada 1 (satu) pun kasus kematian yang pernah terjadi, di mana diakibatkan oleh berenang setelah makan, alias perut yang masih terisi oleh makanan.

Walaupun demikian, anda mungkin mempunyai resiko yang jauh lebih tinggi merasa mual atau bahkan sakit perut jika memaksakan tetap berenang setelah makan. Ya, inilah yang akan anda alami.

Jika hal itu terjadi, anda perlu keluar dari air, dan beristirahat sejenak. Pada umumnya, nanti tubuh akan kembali bugar lagi.

Maka, bisa disimpulkan jika anda diharuskan menunggu selama 1 (satu) jam untuk bisa kembali berenang setelah makan itu menjadi salah satu hal yang tidak diwajibkan.

Teori waktu tunggu sebanyak 1 (satu) jam itu adalah suatu pendapat saja, jika tanpa dengan adanya suplai darah yang cukup, maka otot perut bisa saja terjadi kram karena kandungan oksigen yang kurang, dan malah bisa menyebabkan seseorang yang berenang tersebut menjadi tenggelam.

Nyatanya, aliran darah memang dialirkan ke perut dengan adanya proses pencernaan ini. Akan tetapi, selama kegiatan fisik itu sedang berlangsung, maka jantung berusaha untuk bisa memompa darah itu menuju ke bagian otot-otot, dan nantinya, aliran yang menuju ke perut itu bisa dikurangi.

Kram perut nantinya tidak akan terjadi, atau kemungkinan besar tidak terjadi apabila Anda sudah melakukan pemanasan sebelum berenang dengan baik.

Bisa dikatakan, tenggelam memang bisa terjadi pada diri siapa saja, dan yang menjadi penyebab terbesar tenggelam ini bukan karena berenang setelah makan. Banyak faktor lain yang mempengaruhinya.

Jadi, lakukan pemanasan dengan baik sebelum anda berenang. Jika memang anda memaksakan ingin berenang setelah makan, maka tunggu makanan itu bisa dicerna, sehingga nantinya tidak terjadi mual. Jangan lupa simak juga Hati-hati, Stroke Bisa Terjadi Jika Anda Mengidap Insomnia.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.