Belajar Menulis Artikel Untuk Mengasah Kecerdasan Intelektual

Halo juragan… Kecerdasan intelektual atau biasa disebut IQ (intelligence quotientt) adalah kemampuan kita untuk memahami sesuatu, merencanakan gagasan, berpikir abstrak, memecahkan masalah, mengolah bahasa, menciptakan suatu karya, dan sebagainya yang merupakan bagian dari kemampuan otak kita dalam berpikir.

Jika anda pernah melamar kerja di suatu perusahaan besar, pasti anda pernah menjalani test IQ. Misalnya, anda akan disodori sebuah kertas dan fulpen. Di dalam kertas tersebut ada sebuah garis melengkung, lalu anda disuruh memodifikasi garis melengkung tersebut untuk mengembangkannya menjadi sebuah pohon yang paling bermanfaat bagi manusia. Anda harus bisa menyelesaikan tugas ini hanya dalam hitungan detik, bukan menit.

penulis artikel, penulis website, penulis online, jasa artikel, penulis konten

Nah, pada saat test IQ seperti ini kecerdasan intelektual kita sedang diuji. Anda harus bisa berpikir cepat, bisa berpikir realitas, berpikir abstrak/ imaginasi, bisa merencanakan, bisa melaksanakan, dan sebagainya agar garis melengkung di kertas tersebut bisa menjadi sebuah pohon yang paling bermanfaat bagi manusia. Dan tentunya sebelum anda memulai menggambar, maka anda harus tahu lebih dulu, apa pohon yang paling bermanfaat bagi manusia. Ini merupakan suatu test kecerdasan yang tidak mudah.

Jika otak kita telah terlatih untuk berpikir, maka garis melengkung di kertas tadi akan bisa kita kembangkan menjadi sebuah pohon kelapa hanya dalam hitungan detik. Mengapa pohon kelapa? Karena pohon kelapa adalah pohon yang paling banyak manfaatnya bagi manusia.

Misalnya: akarnya bisa mencegah erosi, phonnya bisa digunakan sebagai bahan bangunan, daunnya bisa digunakan sebagai tikar, lidinya bisa digunakan sebagai sapu, airnya bisa diminum, buahnya bisa dijadikan makanan srundeng, santannya bisa digunakan membuat kolak, batoknya bisa digunakan membuat hiasan atau arang, sepatnya bisa dijadikan keset atau tampar, dan masih banyak lagi manfaat pohon kelapa yang tidak bisa saya sebutkan. Mulai dari akar hingga ujung pohon paling atas, semuanya bermanfaat bagi manusia dan tidak ada secuilpun yang dianggap sampah.

Jika kita ingin menjadi manusia yang bermanfaat, maka kita harus bisa mencontoh seperti pohon kelapa. mulai dari mulut kita, tangan kita, keringat kita, mata kita, pikiran kita, semuanya bermanfaat bagi orang lain, yang pada akhirnya semuanya akan kembali memberikan manfaat bagi diri kita sendiri.

^^ Sekarang kita kembali ke masalah belajar menulis artikel untuk mengasah kecerdasan intelektual seperti di atas. Cobalah kita membuat soal untuk diri kita sendiri. Buatlah satu kalimat di atas kertas atau di dalam blog. Lalu kembangkan kalimat tersebut menjadi sebuah artikel yang bermanfaat bagi pembaca. Maka niscaya kita tidak akan kehilangan ide untuk menulis artikel, sekaligus hal itu akan melatih kecerdasan intelektual kita untuk berpikir cepat dan tepat. Jangan lupa ketahui juga 3 Hal Utama Yang Harus Dimiliki Oleh Penulis Artikel.

Sebagai contoh, marilah kita memulai menulis artikel dari diri kita sendiri. Cobalah melihat tangan anda, lalu tanyakan kepada diri anda apa manfaat dari tangan anda tersebut. Maka anda akan menemukan lebih dari sejuta jawaban.

Dimulai dari bangun tidak, apa yang dikerjakan oleh tangan anda. Maka anda akan bisa menulis artikel tentang cara merapikan tempat tidur. Ide ini akan terus berkembang jika anda realisasikan dengan baik. Bukan hanya manfaat tangan saja, tetapi anda bisa menemukan ide-ide lainnya.

Lalu tangan anda digunakan menyabun tubuh ketika mandi, maka anda akan menemukan ide cara merawat kulit yang sehat. Selanjutnya tangan anda digunakan masak, maka akan muncul ide membuat aneka masakan yang pernah anda alami.

Untuk menulis pengalaman anda memasak saja tidak cukup hanya ditulis di buku setebal bantal. Muali dari cara merebus air, memasak telor, menggoreng ikan, menanak nasi uduk, nasi jagung, dan sebagainya.

Kemudian hendak berangkat kerja, tangan anda berguna untuk menyisir rambut. Maka anda akan menemukan ide cara merawat rambut, mengusir ketombe, model rambut, dan sebagainya. Bahkan di internet terdapat 16.300.000 (enam belas juta tiga ratus ribu) artikel yang hanya mengulas masalah rambut. Setidaknya anda bisa menuliskan hal-hal yang pernah dialami oleh rambut anda.

Misalnya, mengatasi rambut rontok atau pengalaman-pengalaman lain tentang rambut anda sendiri. Tidak perlu mengutip blog orang lain, cukup pengalaman yang ada pada diri anda sendiri saja tidak akan habis untuk anda tulis seumur hidup anda. Jika kita mau belajar menulis artikel yang bersumber dari diri kita sendiri, maka kita tidak akan pernah kehabisan bahan untuk menulis artikel. Simak juga Mengapa Anda Kehabisan Ide Menulis di Blog Adsense?

Sekarang pertanyaannya adalah:

Masihkan anda merasakan betapa sulitnya menemukan ide untuk menulis artikel? Jika masih sulit, bertanyalah pada salah satu bagian tubuh anda sendiri tentang apa yang pernah mereka alami dan kerjakan, lalu tulislah pengalaman anda tersebut di blog. Niscaya artikel-artikel anda akan terus orisinil dan memberikan nilai tambah, karena artikel yang bersumber dari pengalaman kita sendiri belum pernah dipublish oleh siapapun di internet, karena yang bisa mempublishnya hanya diri anda sendiri.

Kesimpulan: 

Setiap manusia dianugerahi kecerdasan intelektual yang berbeda-beda dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. namun jika kita mau mengasahnya dengan membiasakan diri berpikir dan menulis, maka kecerdasan intelektual kita akan menjadi semakin tajam dan bukannya tumpul terus. Sebaliknya, dengan kecerdasan intelektual yang terasah, maka mudah bagi kita untuk menciptakan artikel yang orisinil dan berkualitas sebanyak-banyaknya setiap hari.

Karena tulisan ini sudah terlalu panjang, maka saya tutup sampai disini dulu dan semoga bisa menambah wawasan kita semua, amin.

^^ Jangan lupa baca juga Belajar Membuat Konten Abadi Ala Blog Juragan Cipir.

Bagikan:
10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.