Belajar Membuat Website Sukses Ala Andrew Darwis

Memiliki website yang sukses adalah impian para blogger. Namun, sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sukses hanya akan tercapai bagi orang-orang yang mau bekerja keras. Namun demikian, sukses juga bisa menjadi milik anda. Membuat website sukses tidak harus dimulai dengan puluhan juta, tapi 50 ribu saja bisa membuat website sukses jika anda pandai dan tepat dalam mengelolanya.

Andrew Darwis (pemilik kaskus.co.id) adalah salah satu contoh tauladan bagi kita semua. Hanya dengan modal 50 ribu rupiah untuk bayar server beliau bisa membangun website Kaskus yang hari ini menjadi website forum jual beli online terbesar di Indonesia. Tetapi tentunya mas andrew tidak hanya datang duduk dan diam lantas sukses. Jerih payah selama 15 tahun telah ia tebus untuk mengantarkan Kaskus memasuki gerbang kesuksesan.

Belajar Membuat Website Sukses Ala Andrew Darwis

Andrew Darwis – Pendiri Kaskus (foto by wikipedia)

Seperti yang saya tulis pada posting sebelumnya bahwa website forum merupakan jenis website yang paling cepat sukses jika kita pandai dan tepat dalam mengelolanya. Silakan simak penjelasan tentang Website Apakah Yang Paling Cepat Sukses?

Apa resep rahasia mas Andrew yang begitu mujarab dalam membangun website sukses?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sukses hanya berpihak kepada orang yang mau berusaha dan bekerja keras serta bisa bersabar. Pada awalnya mas andrew menulis artikel di Kaskus menggunakan tangannya sendiri terus menerus setiap hari, sampai akhirnya jumlah member semakin bertambah banyak dan memaksa mas Andrew untuk melayani mereka dengan menyediakan website yang aman dan lancar. Kini lebih dari 5 juta kaskuser yang terus bertambah setiap detiknya untuk mengisi konten di kaskus.

Mendatangi kantor-kantor perusahaan dari pintu ke pintu (door to door) merupakan pengalaman manis tak terlupakan bagi mas Andrew selama 16 tahun bersama kaskus, dimana kaskus didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh mas Andrew Darwis yang ketika itu beliau masih berusia 20 tahun.

Presiden Jokowi memilih Kaskus

Bahkan pak Presiden Jokowi dalam siaran televisi mengatakan bahwa lebih baik memilih kaskus ketika beliau ditawari oleh bos facebook, Mark Zuckerberg, untuk membuat media online penyambung lidah rakyat yang dinamai E-blusukan. Dan itu merupakan prestasi tersendiri bagi mas Andrew betapa gigihnya untuk tetap mempopulerkan kaskus meskipun milyaran rupiah telah mengalir ke rekeningnya setiap bulan.

Dengan semakin membesarnya website tentunya tugas mas Andrew mengelola kaskus semakin tambah berat. Kini beliau mempekerjakan beberapa pegawai untuk mengelola Kaskus serta harus mengeluarkan biaya ratusan juta rupiah setiap bulannya untuk biaya operasional. Namun semua biaya tersebut didapat dari hasil kaskus itu sendiri, dan sisanya masuk ke kantong mas Andrew. Itulah hasil kerja keras. Simak juga cerita tentang kaskus yang berjudul Tahukah Anda Pemilik Bisnis Online Tersukses di Indonesia?

Nah, itulah sekilas cerita singkat tentang Perjalanan Mas Andrew Darwis Bersama Kaskus, media kasak kusuk yang berawal dari 50 ribu rupiah namun ternyata kini sangat dibutuhkan oleh 40 juta netter yang tersebar di seluruh Indonesia.

Belajar Membuat Website Sukses Ala Andrew Darwis

Sekarang pertanyaannya adalah:

Sampai dimana perjuangan anda dalam membangun website milik anda sendiri? Apakah masih menjadi sampingan saja, jika tidak sukses dibuang?

Bagi para pengusaha besar, bisnis ibarat mengendarai seekor singa. Jika berhenti maka singa akan mencaplok kita. Namun jika terus melaju maka kita akan bisa mengendarai raja hutan, dimana hutan tersebut ditumbuhi oleh pohon-pohon berdaun uang. Semua warga hutan akan takluk padanya. (lebay dotcom 😀 )

Kiat membangun website sukses:

1. Buatlah website forum dan tulislah dengan tangan anda sendiri.

2. Perkenalkan website forum anda kepada pengguna di internet.

3. Sambutlah setiap pengguna dengan ramah dan senyum, mereka adalah ujung tombak anda.

4. Berilah kemudahan bagi pengguna untuk register dan menulis.

5. Tingkatkan mutu layanan setelah jumlah member banyak. Pada saat ini anda mulai dipaksa mengeluarkan modal tambahan.

6. Perkenalkan website anda kepada pengiklan secara offline. Datanglah ke kantornya untuk bertatap muka sehingga tercipta rasa kekeluargaan dan saling percaya.

7. Siapkan rekening deposito untuk menampung uang dari pendapatan website forum anda.

8. Selebihnya silakan tanya ke mas Andrew secara langsung, anda bisa menghubungi mas Andrew malalui situs Kaskus atau datang langsung ke rumah beliau di Jakarta. Saya yakin anda akan diberi tips-tips sukses oleh mas Andrew, karena beliau memiliki sifat loyalitas yang tinggi terhadap komunitas publik dengan dibuktikannya kaskus sebagai situs forum paling digemari di Indonesia.

Kaskus Ditawar 100 milyar

Bahkan ketika Kaskus ditawar dengan harga 100 ilyar oleh Yahoo dan Google, mas Andrew tidak memberikannya karena takut dimarahi oleh kaskuser. Berikutnya anda yang menjadi orang sukses. Jika tidak sekarang, mungkin nanti. Siapa tahu anda adalah calon pemilik website sukses yang sedang menapaki jalan menuju sukses yang saat ini sedang membaca artikel di blog Juragan Cipir.

Jangan lupa simak juga 5 Keuntungan Anda Menambahkan Forum di Website.

Bagikan:
23 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.