Belajar Membuat Konten Abadi Ala Blog Juragan Cipir

Secara tak sengaja sekitar 10 hari yang lalu saya menemukan blog juragancipir. Hampir tiap saat saya membuka konten demi konten yang tersaji di blog juragan cipir. Mungkin tak ada yang bisa menebak jumlah konten yang ada di blog juragan cipir. Yang jelas ratusan jumlahnya.

Kekuatan blog juragan cipir adalah dari kontennya yang abadi sifatnya. Maksudnya bahwa kontennya tidak lekang dimakan waktu, jadi bisa berguna hari ini, esok bahkan 5 tahun yang akan datang. Blog yang berfokus pada event atau news haruslah update dengan teratur setiap harinya. Kalau tidak maka blog tersebut akan ditinggalkan pembacanya.

penulis artikel, penulis website, jasa artikel, cara menulis konten abadi

Saya pun mulai mendaftarkan diri menjadi contributor kepada adminnya yaitu mbak indri. Dan mulai berusaha secara teratur menulis setiap harinya. Ada satu pertanyaan mungkin diantara para blogger, kenapa saya tidak langsung membuat blog dan menulis konten di blog sendiri?

Ibarat seseorang yang lagi belajar jadi montir.Tentu saja harus ikut bergabung di bengkel yang sudah jadi dan belajar semua ilmu yang disajikan di bengkel tersebut.  Dan itu bisa berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun tahun. Tergantung kemampuan otak saya untuk menyerap ilmu yang ada di bengkel tersebut.

Dan saya berusaha memberikan yang terbaik bagi bengkel tempat saya bekerja. Saya percaya bahwa jika kita memberikan yang terbaik pastinya Allah juga membalas yang terbaik pula. Saya masih ingat perkataan mbak indri kepada keponakannya, yang meminta keponakannya untuk menulis 5 konten perhari, jangan menunggu komentar yang banyak.

Artinya apa? artinya kalau kita memiliki sesuatu yang bagus untuk ditulis janganlah menunggu sampai saat yang tepat, saat yang penuh energy ataupun semangat, baru memulainya. Tulislah saat ini juga, bila kita sudah focus maka ide akan datang dengan sendirinya.

Dan berdasarkan pengalaman saya sebagai asisten penulis scenario, maka patutlah kitamemakai  4 w, dan 1 f, yaitu what, when, why, who dan if.  Apa, ketika, mengapa, siapa dan jika. Misalkan kita ingin membahas tentang dunia supranatural.  Kita bisa memulainya dengan definisi supranatural, ilmu ilmu supranatural, daerah-daerah yang angker, mahluk-mahluknya, dll, itu bisa menjadi ratusan konten. Dan menurut penjelasan mbak indri, konten supranatural merupakan pancing yang ampuh untuk menarik trafik yang abadi sifatnya.

Begitu juga saat kita ingin membuat artikel tentang pariwisata. Pariwisata di kota jogja misalkan, ada banyak yang bisa kita bahas, misalkan tentang pantainya, kraton Jogjakarta, jalan malioboro yang legendaris, benteng peninggalan belanda dan masih banyak yang lain.

Seperti yang pernah ulas kemarin. Kalau kita memang berniat membuat konten yang abadi. Niatnya itu harus bulat kalau bisa 1000 persen. Buat thema apa yang ditulis, lalu menulislah. Tidak ada artikel yang jelek atau bagus, asalkan artikel itu orisinil, bukan artikel copi paste.

Okay.. selamat berkreasi dan semoga sukses .. aamiin.

( i ) Jangan lupa baca juga Obrolan Santai Mengenai Hakikat Niat.

Penulis : Risman Aji Darmawan
(Terverifikasi)

Address : Desa Kasihan, Kab. Bantul, Jogjakarta

Facebook : Risman Aji Darmawan

Google+ : +Risman Aji

Bagikan:
15 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.