Beberapa Tantangan Dalam Menjalankan Bisnis Online Pemula

Halo juragan… Jika anda masih dalam tahap menjajal berbisnis online di internet, nantinya anda pasti akan menghadapi beberapa tantangan perdana dalam menjalankan bisnis online anda. Setidaknya hal ini sudah pernah saya alami dalam menjalankan sebuah bisnis online yang bergerak dalam bidang “jasa pembuatan website”.Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saja, namun setidaknya bisa anda jadikan sebagai gambaran jika anda berniat hendak menerjuni bisnis online.

internet marketing, bisnis online, cari uang, jasa pembuatan website

Saya pernah membuka jasa pembuatan segala macam website yang khusus terbuat dari blogger. Saya memilih blogger karena saya tidak perlu “kulakan” alias saya bisa mendapatkan bahan secara gratis dari google untuk saya jual kepada klien.

Ketika pertama kali bisnis online tersebut saya umumkan di internet, saya langsung mendapat banyak pelanggan dari pembaca blog saya sendiri. Jutaan uang mengalir ke rekening saya dalam waktu relatif singkat karena saya bisa membidik sasaran yang tepat, yaitu orang-orang yang sama sekali tidak mengenal website tetapi mereka punya “hobby menulis dan berbisnis di facebook”. Jika anda ingin mencoba, ketahui dulu rahasianya dengan membaca Dapatkan Uang Dengan Berjualan Website Paling Cepat Dan Mudah.

Saya menjual website berplatform blogger dengan harga 50 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah per-website. Harga masing-masing website saya buat secara bervariasi karena saya sesuaikan dengan permintaan klien. Semakin sulit website itu dibuat maka akan semakin mahal harganya.

Untuk website “Blog Buku Harian” dengan desain cantik dan keren, saya memberi banderol 50 ribu rupiah per-website, dan website seperti itu ternyata paling laris di facebook. Untuk website “Toko Online” saya memberi banderol 100 ribu rupiah per-website. Di dalam postingan saya berikan tips & tricks cara mengelola website bagi pemula secara lengkap, ada sekitar 50 postingan panduan pemula.

Sedangkan untuk pembeli Website Adsense yang dilengkapi dengan Optimasi SEO, Keyword Adsense, Robots.txt Khusus, dan serangkaian optimasi lainnya, saya menjualnya dengan harga 300 ribu per-website. Khusus untuk website adsense, saya menjualnya beserta akun Gmailnya, karena Optimasi SEO berada di webmaster tools di akun tersebut.

Selain itu, bagi para pembeli website adsense, saya juga memberinya satu akun microsoft untuk mengoptimalkan blog di Yahoo dan Bing, serta satu  akun Alexa. Sehingga trafik dari 3 mesin pencari dijamin mak wuss dan cepat mendapatkan payout hanya dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu saya juga menyisipkan trik-trik bermain adsense bagi pemula agar bisa menyamai master, karena segala sesuatu ada caranya, dan cara-cara tersebut tergantung masing-masing guru.

Sebagai penjual website gratis dari blogger, maka tentu saja pekerjaan saya setiap hari adalah membuat akun gmail dan blog sebanyak-banyaknya, tapi hal itu ternyata memunculkan satu masalah tersendiri, yaitu kita harus memiliki beberapa nomor HP (handphone). Google membatasi pembuatan akun gmail dalam setiap harinya, jadi jika kita membuat akun gmail yang banyak dalam sehari maka google akan meminta kode verifikasi melalui HP. Itulah perlunya kita memiliki beberapa nomor HP.

( i ) Namun sayang, bisnis online yang sebenarnya memiliki prospek bagus tersebut tidak berlangsung lama karena ketidakmampuan saya sendiri dalam melayani pembeli, dan akhirnya bisnis online tersebut saya tutup. Ternyata saya belum siap alias tidak mampu untuk menghadapi tantangan-tantangan berikutnya yang terus-menerus muncul selama saya menjalankan bisnis online.

Ketahui juga Bisnis Online Sederhana Yang Paling Laris di Facebook.

Apa saja tantangan yang harus anda persiapkan jika terjun di bisnis online?

1. Menguasai Skill

Pertama anda harus benar-benar menguasai skill (keahlian) yang ingin anda tawarkan ke pembeli. Saya ambilkan contoh. Jika anda ingin berjualan website, maka anda harus bisa membuat website model apa saja yang sesuai dengan permintaan pembeli.

Namun, ini adalah tantangan pertama dan yang paling mudah. Karena sebelum anda mengumumkan bisnis jasa pembuatan webite, sudah pasti anda telah memiliki keahlian dalam hal pembuatan website. Ini sebenarnya tidak pas untuk dimasukkan sebagai daftar tantangan, karena ini merupakan tugas pokok bisnis anda. Namun karena ada saja tantangan-tantangan kecil selama pembuatan website, maka hal ini saya masukkan sebagai tantangan pertama dan yang paling mudah.

2. Menyediakan Dukungan Online (customer service)

Anda akan mendapatkan banyak telpon, sms, email, inbox di facebook, dan apa saja harta karun milik anda akan menerima pesan dari pelanggan. Pesan-pesan tersebut isinya bermacam-macam, ada yang bertanya, ada yang mengirim uang, ada yang komplin, ada yang websitenya rusak dan minta anda perbaiki, dan berbagai macam persoalan lain yang harus anda jawab dan anda selesaikan secepatnya.

Jika anda menundanya, maka saya jamin tugas anda akan semakin menumpuk dan akhirnya anda tidak akan sanggup melanjutkannya. Hal-hal seperti itulah yang memaksa saya untuk berhenti dari bisnis online “Jasa Pembuatan Website” dan akhirnya saya memilih untuk fokus di bisnis Google Adsense saja.

Tantangan yang nomor dua inilah yang menurut saya merupakan tantangan yang paling merepotkan dan paling banyak menyita waktu anda nantinya, terutama jika anda menjual website kepada para newbie yang seringkali mereka menanyakan bagaimana cara menulis postingan di blog. Satu lagi, klien newbie dijamin setiap hari akan bertanya terus-menerus kepada anda selama setidaknya 3 bulan sampai mereka benar-benar memahami arti sebuah blog. Namun, mereka paling berani membeli blog anda dengan harga tinggi.

3. Tantangan-tantangan lain

Tantangan-tantangan lain ini akan muncul secara bervariasi, tergantung bisnis online apa yang anda jalankan dan bagaimana cara anda menjalankannya. Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu, jadi silakan anda lihat sendiri saja jika suatu saat nanti anda telah terjun di bisnis online.

Simak juga 6 Cara Memasarkan Produk Barang/Jasa Anda Secara Online.

Berapa perbedaan hasil antara adsense dan jasa pembuatan website?

Tergantung bagaimana kita mengelola keduanya. Namun yang saya alami, bisnis online jasa pembuatan website menawarkan penghasilan yang lebih besar daripada adsense, hanya saja saya tidak mampu melaksanakannya karena keterbatasan waktu dan tenaga saya.

Namun, adsense lebih enak, karena kita tidak dikejar-kejar oleh tugas yang menumpuk seperti yang terjadi pada bisnis online jasa pembuatan website. Adsense, jika anda berhasil menembus Sukses Tahap Pertama Untuk Trend Jangka Panjang (payout setiap bulan secara konsisten), maka itu berarti anda telah mendapatkan penghasilan tetap yang mengalir setiap bulan hanya dengan bekerja di dalam rumah selama 6 jam perhari.

^^ Jangan lupa baca juga Tips Berjualan di Toko Online Agar Pembeli Tertarik Dan Membeli.

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.