Beberapa Hal Penting Yang Harus Anda Tahu dan Pahami Tentang Data Statistik Adsense

Halo sahabat blog juragancipir, banyak ide menulis yang saya dapat dari forum juragancipir dan saya ingin berterima kasih atas keberadaan forum di blog ini yang banyak mengasah saya dalam hal belajar blogging. Banyak ilmu yang luar biasa bertebaran di blog ini dan di forum blog ini. Jangan ada satupun ilmu yang tidak Anda tangkap, tingkatkan kepekaan Anda untuk menangkap semua ilmu yang bertebaran disini.

Artikel ini bermula dari sebuah pertanyaan di forum tentang “Berapa pageviews yang diperlukan untuk menghasilkan $100”. Pertanyaan itu pula yang ada di kepala saya saat awal-awal bergabung dengan Adsense. Saat saya berhadapan dengan tab “performance report” di Adsense maka di pikiran saya hanya ada kata-kata “Apa Ini, banyak banget angka-angka. Bagaimana cara menggunakannya?” Sesaat setelah itu saya terus memandangi layar monitor yang menampilkan tab “Performance Report” selama 5 menit dan akhirnya senyum-senyum sendiri sambil berkata “Oya, ya, ya, ya betapa hebatnya Google mengatur semua ini dan menyediakan data statistik selengkap ini yang akan sangat-sangat berguna bagi para publisher”.

Saya yakin bahwa ebook-ebook adsense yang beredar diluar sana membahas mengenai hal ini juga tapi jika di ebook tersebut tidak membahas tentang hal ini berarti ebook tersebut tidak lebih canggih dari artikel kali ini… 😀 Siapkan cemilan dan minuman segar untuk menemani Anda membaca artikel ini, karena artikel ini akan cukup panjang atau jika perlu Anda sambil membuka kalkulator di komputer Anda karena kali ini kita akan belajar “berhitung”. Bukan menghitung berapa jumlah anak ayam yang dapat masuk ke dalam kantong Anda, tapi menghitung berapa banyak dollar yang bisa Anda hasilkan dari blog Anda menggunakan Adsense.

Sedikit Memperkenalkan Diri

Jika Anda ingin belajar optimasi Adsense maka mba Indri adalah ratu nya dan silahkan berguru pada beliau. Saya pun banyak belajar dari blog ini dan itulah mengapa saya sering hilir mudik di blog ini. Sebelumnya Anda perlu tahu bahwa saya adalah seorang pemula yang baru 7 bulan bergabung dengan Adsense dan selama itu pula saya belajar tentang blogging.

Pengalaman saya sangat-sangat minim jika dibandingkan teman-teman semua yang lebih senior dan lebih dulu terjun di dunia blogging. Sudah 1 tahun juga saya lulus dari perkuliahan dan usia saya November tahun ini 26 tahun. Tapi itu tidak menyurutkan keinginan saya untuk terus belajar, kalau belajar tentang materi perkuliahan ya saya sudah malas…haha tapi kalau belajar tentang blogging, saya masih semangat.

Latar belakang pendidikan saya tidak ada kaitannya sama sekali dengan dunia blogging, saya bukan lulusan teknik informatika atau sarjana multimedia, saya hanya lulusan teknik pertambangan di sebuah universitas swasta di Bandung. Akhir-akhir ini industri pertambangan Nasional sedang lesu guys mulai dari turunnya harga batubara dan banyak nya PHK di beberapa perusahaan besar.

Mungkin suatu saat saya akan kembali lagi ke dunia saya tapi setidaknya ada hal penting yang bisa saya bawa tentang blogging dan saya mampu meninggalkan jejak yang bermanfaat di internet. Baru beberapa buan saya bekerja di pertambangan, saya resign pada bulan maret kemarin dan tidak sengaja terdampar di dunia blogging.

Semasa kuliah dulu cita-cita saya adalah bekerja di pertambangan beberapa tahun untuk mencari modal dan saya kembali ke tanah kelahiran saya di Bandung untuk memulai usaha sendiri. Intinya adalah saya ingin punya usaha sendiri atau berwiraswasta dan tidak ingin selamanya menjadi seorang karyawan. Apa daya, tidak ada cita-cita yang mudah untuk diraih dan pada tahap ini saya masih terus berjuang untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Bekerja di pertambangan, kita harus siap dengan semua resiko yang ada. Kerja lapangan dan bisa disebut kerja berat adalah salah satu resiko yang harus diterima dan itu tidak masalah bagi saya karena saya pun menikmati itu. Resiko lain adalah kita harus rela “terpisah” dengan keluarga dan berada jauh dari keluarga. Mungkin ini juga yang dirasakan mba Indri, kalau tidak salah suami mba Indri juga bekerja di pertambangan.

Resiko lain adalah (mungkin tidak semua orang pertambangan pernah mengalaminya), bagi orang eksplorasi yang kerjanya mencari keterdapatan sumber daya mineral atau batubara maka harus siap berhadapan dengan pihak-pihak tertentu yang bisa saja tidak menerima kehadiran kita di wilayah mereka.

Jika pihak-pihak yang dimaksud adalah warga asli atau orang pedalaman di Kalimantan contohnya maka status Anda semakin terancam dan tidak aman. Anda harus siap menghadapi acungan parang dari warga pedalaman, jika Anda tidak mampu mendinginkan suasana dan melakukan pendekatan yang baik maka nyawa Anda taruhannya. Itulah sekilas tentang kerasnya dunia pertambangan yang sedikti saya lebih-lebihkan…haha

Materi 1

Kita masuk ke inti materi, pada bagian ini kita harus sepakat dan sepemahan dulu mengenai beberapa hal supaya lebih mudah bagi kita semua memahami semua materi di artikel ini. Beberapa hal yang harus disepakati dan dipahami adalah :

Pageviews Adsense (Tayangan Laman)

Perlu diingat bahwa Pagviews Adsense berbeda dengan pageviews pada umumnya, misalnya pageviews di webmaster tool yang berarti jumlah halaman kita yang muncul di mesin pencari berdasarkan kriteria pencarian yang dilakukan oleh orang lain. Pageviews Adsense memiliki definisi tersendiri, Pageviews Adsense adalah jumlah tayangan dari laman di blog kita yang mengandung unit iklan Adsense, Pageviews Adsense tidak terpengaruh oleh jumlah unit iklan yang Anda gunakan di suatu halaman. Misal, Anda menggunakan 3 unit iklan di dalaman A dan halaman tersebut sudah dilihat oleh pengunjung sebanyak 10 kali maka Pageviews Adsense nya adalah 10. Halaman yang tidak mengandung unit iklan Adsense tentu tidak akan masuk dalam perhitungan Pageviews Adsense.

Impressions (Impresi)

Impressions (Impresi) adalah jumlah unit iklan yang tayang, menggunakan contoh yang sama dengan pageviews di atas yaitu misal Anda memiliki 3 unit iklan yang di pasang di halaman A. Jika halaman tersebut telah tayang/tampil sebanyak 10 kali maka nilai Impresi nya adalah 30, hasil dari (3 unit iklan x 10 tayangan laman).

Page RPM

Page RPM adalah nilai dari penghasilan/seribu pageviews (tayangan laman) yang dinyatakan dalam satuan mata uang dan secara default dinyatakan dalam dollar ($). Page RPM ini sudah tersedia di tab “Performance Report” tapi jika Anda ingin mengecek kebenarannya atau ingin menghitung secara manual maka formulanya.

(Penghasilan Adsense/Pageviews) x 1000

Impressions RPM

Hampir sama dengan Page RPM namun kali ini perbandingannya adalah nilai Impresi bukan pageviews. Impressions RPM adalah nilai yang menyatakan penghasilan Anda/seribu Impresi. Jika ingin menghitung secara manual maka formulanya.

(Penghasilan Adsense/Impresi) x 1000

Penjelasan di atas mungkin sebetulnya tidak terlalu diperlukan mengingat sebagian besar publisher sudah paham mengenai istilah-istilah tersebut. Saya hanya ingin memastikan dan menyatukan pemahaman dulu dengan Anda mengenai istilah-istilah tetsebut. Mengenai istilah-istilah lainnya seperti CTR, CPC atau BPK dll tidak akan saya jelaskan karena tidak terlalu berhubungan dengan materi kali ini.

Materi 2

Lihat dulu gambar berikut :

Demi materi ini saya rela membagikan ss dari adsense saya yang “cupu” dan jangan bully saya ya master-master karena penghasilan saya tidak seberapa. Kira-kira apa saja yang bisa kita ketahui dengan data-data di atas?

Anggap saja di Adsense ini tidak ada istilah Page RPM dan Impressions RPM maka bisa dipastikan tidak banyak yang bisa dihasilkan dari data-data di atas. 2 data tersebut yaitu Page RPM dan Impressions RPM menjadi 2 data yang sangat berguna dan penting bagi kita sebagai publisher sekaligus sebagai kunci untuk membuka variabel-variable baru yang belum kita ketahui. Salah satu tujuan Google menghadirkan data statistik seperti itu adalah secara tidak langsung agar publisher dapat mengoptimasi akun miliknya berbekal data-data tersebut, kurang baik gimana coba om Google ini.

Rata-rata jumlah unit iklan yang saya gunakan per laman adalah 3 unit dan lihat nilai Impresi saya di atas. Hasilnya masuk akal, bahwa nilai Impresi saya = nilai pageviews x 3.

Beberapa Hal Yang Bisa Anda Ketahui Dari Data Tersebut.

Dengan bermodal data-data di atas maka hal-hal yang bisa Anda ketahui adalah :

  1. Butuh berapa Pageviews untuk dapat menghasilkan dollar sejumlah tertentu.
  2. Butuh berapa Impresi untuk dapat menghasilkan dollar sejumlah tertentu.
  3. Butuh berapa klik iklan untuk dapat menghasilkan dollar sejumlah tertentu.

Nilai yang dihasilkan nantinya dari hitungan-hitungan yang Anda lakukan bersifat “Unik” artinya nilai tersebut hanya berlaku bagi Anda dan tidak berlaku bagi orang lain karena setiap akun memiliki “perilaku atau kemampuan” yang berbeda-beda dalam menghasilkan dollar.

Butuh berapa Pageviews untuk dapat menghasilkan dollar sejumlah tertentu.

Anda punya pertanyaan yang sama? tidak perlu khawatir, dengan artikel ini Anda dapat mengitung sendiri dan memprediksikan kira-kira berapa pageviews yang Anda perlukan untuk menghasilkan dollar sejumlah tertentu.

Contoh Kasus :

Saya akan menggunakan data-data saya sendiri yang ada pada gambar di atas. Jika Anda ingin mengikuti cara saya ini maka terlebih dahulu set waktu penghasilan Anda menjadi “All Time”. Data-data yang saya punya adalah :

  • Total Penghasilan : $16.08
  • Pageviews : 66959
  • Impresi :185961
  • Klik : 244
  • Page RPM : $0.24
  • Impresi RPM : $0.09

Dengan data-data tersebut saya ingin mengetahui berapa jumlah pageviews, klik dan impresi yang dibutuhkan untuk menghasilkan dollar sejumlah tertentu. Contoh kali ini saya ingin menghasilkan $100.

Berapa Pageviews yang Saya Butuhkan Untuk Menghasilkan $100?

Ingat formula Page RPM di atas :

Page RPM=(Total Penghasilan/Pageviews)x1000

Sekarang yang ingin saya cari bukan Page RPM tapi Pageviews, maka formulanya berubah menjadi :

Pageviews=(Penghasilan Yang Ingin Dicapai x 1000)/Page RPM
Pageviews=($100x1000)/$0.24
Pageviews= 416666

Kesimpulan : Untuk menghasilkan $100 maka saya memerlukan 416666 pageviews, jika saya ingin menghasilkan $100 perhari maka dengan “kemampuan” akun saya, maka saya butuh 416666 pageviews/hari.

“Kemampuan” antara akun saya dengan Anda tentu berbeda dalam hal menghasilkan dollar, oleh karena itu saya katakan bahwa nilai yang dihasilkan dari hitung-hitungan ini adalah “Unik”, hanya berlaku bagi Anda seorang.

Berapa Impresi yang Saya Butuhkan Untuk Menghasilkan $100?

Ingat formula Impressions RPM di atas :

Impressions RPM=(Total Penghasilan/Impresi)x1000

Sekarang yang ingin saya cari bukan Impressions RPM tapi Impresi, maka formulanya berubah menjadi :

Impresi=(Penghasilan Yang Ingin Dicapaix1000)/Impressions RPM
Impresi=($100x1000)/$0.09
Impresi= 1.111.111 

Kesimpulan : Untuk menghasilkan $100 maka saya memerlukan 1.111.111 Impresi, jika saya ingin menghasilkan $100 perhari maka dengan “kemampuan” akun saya, maka saya butuh 1.111.111 impresi/hari.

Berapa Jumlah Klik yang Saya Butuhkan Untuk Menghasilkan $100?

Untuk klik maka Anda perlu tahu nilai CPC rata-rata dari akun Anda, atau bisa juga Anda menghitung CPC secara manual dengan tetap menggunakan data-data yang saya sebutkan dalam contoh. Secara umum formulanya adalah :

CPC=Total Penghasilan/Jumlah Klik

Sehingga dalam kasus saya CPC=$16.08/244 hasilnya adalah $0.065. Kecil banget kan sob, mengharukan :D.

Jumlah klik yang saya butuhkan untuk dapat menghasilkan $100 dengan kemampuan akun Adsense saya saat ini adalah

CPC=Total Penghasilan/Klik
Klik=Penghasilan Yang Ingin Dicapai/CPC
Klik=$100/$0.065
Klik= 1539

Kesimpulan : Untuk menghasilkan $100 maka saya memerlukan 1539 klik, jika saya ingin menghasilkan $100 perhari maka dengan “kemampuan” akun saya, maka saya butuh 1539 klik/hari.

Penutup

Metode yang saya lakukan di atas untuk memprediksi penghasilan dari akun Adsense adalah metode yang paling medekati akurat karena kita menggunakan data-data milik akun kita sendiri. Perlu diingat bahwa kemampuan setiap akun itu berbeda, Ada akun yang memiliki Page RPM tinggi, Ada akun yang memiliki Page RPM rendah seperti saya. Antara akun yang satu dengan yang lain tidak akan sama.

Banyak faktor yang mempengaruhi nilai Page RPM, Impresi RPM dan CPC. Setelah mengetahui cara memprediksi penghasilan Adsense, tugas Anda selanjutnya adalah melakukan optimasi agar nilai-nilai tersebut semakin tinggi. Tingginya nilai Page RPM, Impresi RPM dan CPC tentu akan mempengaruhi hasil akhir “Prediksi Penghasilan” yang Anda lakukan dengan cara di atas.

Semakin tinggi nilai Page RPM maka Pageviews yang Anda perlukan untuk dapat menghasilkan $100 akan semakin sedikit, begitu pula dengan Impresi. Semakin tinggi nilai Impresi RPM maka Impresi yang Anda perlukan untuk dapat menghasilkan $100  akan semakin sedikit. Semakin tinggi nilai CPC Anda maka jumlah klik yang Anda perlukan untuk dapat menghasilkan $100 semakin sedikit. Ini semua logika dan bisa dibuktikan berdasarkan perhitungan di atas kertas. Margin errornya sangat kecil.

Itulah salah satu tujuan si mbah Google menyediakan data-data statistik untuk kita. Diharapkan kita sebagai publisher mampu menganalisa data-data tersebut dalam rangka langkah optimasi Adsense.

Jika pertanyaannya adalah, butuh berapa visitor untuk dapat menghasilkan $100? Mengingat dalam data statistik Adsense tidak ada tentang jumlah visitor maka Anda perlu melihat data statistik pengunjung, apakah itu di Histats, Google Analytics ataupun layanan perhitungan statistik lainnya. Jika sebagian besar halaman di situs Anda memiliki unit iklan maka perhitungan akan semakin mudah dilakukan karena nilai Pageviews Adsense seharusnya sama atau paling tidak tidak berbeda jauh dengan nilai pageviews (tayangan laman) di Google Analytics atau Histats.

Jika dengan kemampuan akun Adsense Anda saat ini, Anda memerlukan 100.000 Pageviews untuk menghasilkan $100 maka lihat data statistik pengunjung. 100.000 Pageviews setara dengan berapa visitor di situs Anda? Itulah jumlah visitor yang Anda perlukan untuk dapat menghasilkan $100.

Ini semua sebatas prediksi dengan menganalisa perilaku dan kemampuan dari :

  1. Blog/Situs kita sendiri
  2. Akun Adsense kita sendiri
  3. Pengunjung situs kita
  4. Perilaku kita sebagai pemilik blog 😀 apakah kita nyaman dan merasa cukup dengan angka-angka tersebut atau ingin meningkatkannya dengan melakukan langkah-langkah optimasi? Baik itu optimasi Adsense ataupun optimasi blog.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, artikel ini saya susun sendiri berdasarkan analisa yang saya lakukan sehingga jika Anda punya analisa lain silahkan di share demi kepentingan pembelajaran. Saya lebih baik dikatakan salah dan dikoreksi oleh orang yang memang paham betul daripada saya tahu tentang sesuatu tapi saya tidak membaginya untuk orang banyak. Jangan lupa simak juga Negara Yang Menjadi Kiblat Blogger di Asia.

Bagikan:
25 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.