Bayi Anda Mengalami Sembelit? Tenang Ibu-Ibu, Berikut Ini Adalah Solusinya

Apakah ibu pernah mendengar si kecil mengeluh sakit gara-gara susah saat buang air besar. Atau sikecil sudah sampai beberapa hari tidak buang air besar? Jika iya, silahkan baca artikel kali ini dan semoga membantu memberi solusi keluhan anak anda. Oya, jangan lupa simak juga Manfaat Penting Jagung Buat Kesehatan Ibu Hamil Serta Janinnya.

Sebenarnya susah buang air besar atau yang biasa disebut sembelit, yang terjadi pada anak anda adalah keluhan yang masih dalam kategori wajar yang diderita anak kecil pada umumnya. Biasanya hal ini di sebabkan karena kurang dalam mengkonsumsi cairan, terutama air putih.

bayi-sembelit

Sebenarnya sampai tidak buang air besar berapa hari sih, seorang anak/bayi baru bisa dikatakan mengalami sembelit? Bayi atau anak kecil dikatakan mengalami sembelit saat dia tidak buang air besar lebih dari 3 hari, atau frekuensi air besar kurang dari 3 kali perminggunya.

Ciri-ciri fisik pada tinja si bayi bila mengalami sembelit adalah tinja atau fesesnya bertekstur keras. Selain dikarenakan kurang cairan, sembelit pada anak bisa juga disebabkan karena pola makan yang kurang serat, pemberian susu yang kurang tepat, dengan tekstur terlalu padat/kurang cair sehingga kurang tercerna oleh bayi.

Untuk ibu-ibu yang anaknya mengalami sembelit, jangan terlalu khawatir, berikut adalah cara ampuh mengatasi sembelit pada anak anda. Silahkan disimak.

Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat, misalnya pepaya.agar anak anda tidak kesulitan mengkonsumsi sebaiknya buah pepaya di blender dulu hingga lembut. Selain buah pepaya, agar proses penyebuhan bisa maksimal silahkan perbanyak juga mengkonsumsi sayuran.

Untuk sembelit yang terjadi pada bayi, yang mana bayi tersebut masih full mengkonsumsi ASI, solusinya adalah, si ibu harus memperbanyak minum air putih, buah -buahan serta sayuran. Intinya konsumsi ibu harus yang berserat tinggi dan perbanyak cairan.

Tips berikutnya adalah, mandikan anak atau bayi anda menggunakan air hangat, agar tubuhnya bisa menjadi rileks. Jika kondisi ini bisa dicapai di tambah konsumsi makanan berserat serta cairan, maka buang air besar pun bisa lancar kembali.

Berikan olahan makanan dari sagu. Kenapa sagu? Sebab sagu merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung atau kaya akan serat. Untuk cara penyajian ke bayi sebaiknya di buat bubur. Jika kesulitan memasak bubur, bisa juga dengan memasak bubur mutiara, atau kalau orang jawa bilang mutioro. Yaitu sari pati sagu yang berbentuk bulat-bulat kecil berwarna merah setelah dimasak.

Semoga artikel diatas bisa membantu ibu-ibu semua dalam mengatasi sembelit yang terjadi pada si buah hati. Terimakasih. Jangan lupa ketahui juga Obat Alami Untuk Menyembuhkan Penyakit Demam Berdarah Yang Terbukti Manjur.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.