vps murah

Home / Blogger

Rabu, 24 Desember 2014 - 09:43 WIB

Bagaimana Mengatasi Trafik Blog Turun Akibat Update Algoritma Google?

Halo teman-teman setia blog juragan cipir… Mungkin diantara kita ada yang pernah mengalami trafik blog terjun bebas, dan saya juga pernah mengalaminya. Sebagai pengingat, hal itu wajar! Anda tidak perlu panik.

Sebelum kita mencoba mengatasi trafik blog yang jatuh, kita harus tahu dulu apa yang menjadi penyebab trafik blog kita jatuh. Sebenarnya saya sudah sering menulis artikel semacam ini dan silakan teman-teman cari di blog ini melalui kolom pencarian di pojok kanan atas. Atau silakan baca juga 7 Penyebab Trafik Pengunjung/Visitor Blog Turun

tips mencegah trafik blog turun, tips meningkatkan trafik blog, tips menaikkan peringkat website

Trafik blog jatuh disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah kesalahan/tindakan kita dalam mengelola blog, misalnya kita baru saja ganti template, kita menyisipkan script-script di sumber laman yang menghalang-halangi jalannya pengindeksan googlebot, dan sebagainya. Hal ii bisa kita atasi dengan memperbaiki blog seperlunya.

Sedangkan kesalahan ekternal adalah akibat perbuatan auto blog yang menyedot artikel kita, akibat teralu banyak di copas orang, dan sebagainya. Hal ini bisa kita atasi dengan memberikan takedown ke google sandbox atau dmca google, maka trafik akan pulih.

READ  Memahami Jati Diri Website Kita Sendiri

Nah, kali ini yang akan saya sampaikan adalah cara mengatasi jika blog kita terkena dampak dari perbaruan algoritma google, bukan sandbox. Jika sandox, satu-satunya cara adalah memperbaiki pelanggaran lalu mengajukan rekonsiderasi atau peninjauan ulang ke google. Ketahui juga Penyebab Utama Trafik Blog Anda Turun.

Tapi jika mengatasi dampak atau efek dari algoritma google, menurut saya mudah.

Cara mencegah dan mengembalikan trafik blog yang tutun:

1. Tingkatkan jumlah update artikel perhari dari biasanya selama terjadi penurunan. Ingat ya! Updatenya harus artikel orisinil tentunya. Ini saya sebut sebagai masa kritis. Kita hanya bisa bertahan pada trafik semula, bukannya meningkatkan trafik. Itu urusan nanti.

2. STOP! Jangan lakukan mencari backlik kemana-mana. Misalnya, jangan menautkan URL di situs-situs komunitas maupun men-submit URL di social bookmarking Dan situs social boomarking ini menurut saya justru malah berbahaya bagi keselamatan blog kita dari update algoritma google. Situs-situs sosial bookmark bisa mencaplok blog kita sendiri suatu saat nanti.

3. Lakukan pendekatan ke google. Hal ini bisa anda lakukan dengan pengelolaan situs di webmaster tools dan pemeriksaan di google analitycs. Google akan mengikuti aktivitas anda disitu sehingga blog anda akan mendapat dukungan dari google analitycs dan webmaster tools. Silakan simak Cara Memperbaiki Kesalahan Perayapan di Webmaster Tools agar google melindungi situs anda ketika sedang terjadi razia di mesin pencari.

READ  Mengapa Seorang Blogger Terkadang Malas Ngeblog?

( i ) Jika 3 langkah di atas telah anda lakukan, niscaya blog anda akan aman dari apa yang disebut “trafik terjun bebas”. Trafik yang tadinya 1 VU/day anjlok menjadi 200 VU/day. Ini akan membuat kita kehilangan semangat ngeblog.

Sebagai quote:

Ketika trafik blog anda mengalami penurunan yang disebabkan oleh bermacam-macam faktor tetapi anda tidak segera mengatasinya, maka trafik blog anda akan jatuh ke bawah dan diperlukan waktu paling cepat 3 bulan untuk bisa kembali ke posisi semula. Dan ini berarti anda rugi waktu dan rugi trafik, karena waktu selama 3 bulan seharusnya bisa meningkatkan trafik tetapi kali ini anda hanya mengembalikan trafik ke posisi semula saja. Duh!

Happy blogging! Jangan lupa baca juga Blog Anda Hilang Dari Serp Google? Bisa Jadi Terkena Depakan Penguin 3.0.

Share :

Baca Juga

Blogger

Cara Agar Blog Kang Ismet Berdampingan Dengan Blog Anda

Blogger

Bisakah Mengganti Domain TLD Yang Berbeda Dengan Aslinya di Blogspot?

Adsense

Apakah Penempatan Iklan Saya Melanggar Kebijakan Program Adsense?

Blogger

Bagaimana Cara Mengatasi Macet Saat Menulis Artikel di Blog

Blogger

Cara Meningkatkan Visitor Blog/Website Dengan Internal Linking

Adsense

Trafik Tinggi Earning Rendah, Trafik Rendah Earning Tinggi

Blogger

Desain Website Lebar Tapi Ruang Artikel Minimalis

Blogger

Hal-hal Penting Yang Perlu DiKetahui Oleh Seorang Blogger