Bagaimana Menganalisis Pesaing SEO Anda?

kompetitor analisis

Apakah Anda pernah merasa bahwa Anda tidak peduli dengan apa yang Anda lakukan? Anda merasa tidak berhasil dengan search engine ? Meskipun sangat mungkin bahwa Anda melakukan hal yang salah, salah satu alasan lain yang mungkin menyebabkan kinerja SEO Anda buruk adalah bahwa pesaing Anda benar-benar tangguh. Jika Anda berada dalam bidang yang sangat kompetitif, maka pesaing Anda dapat benar-benar menghancurkan dan Anda tidak mampu untuk mengacuhkan mereka.

Bahkan jika bidang Anda bukan bidang yang kompetitif, maka Anda akan menang hanya jika Anda tahu bagaimana cara mengukur keberhasilan dan kegagalan pesaing Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menganalisis pesaing SEO Anda.

1. Cari Siapa Pesaing SEO Anda

Anda tidak dapat menganalisis pesaing Anda,  jika Anda tidak tahu siapa mereka. Dalam beberapa kasus mengidentifikasi pesaing Anda sangat mudah, misalnya, jika Anda memiliki bisnis offline dan Anda tahu bahwa ada pesaing Anda di sana, Anda cukup memeriksa situs mereka.

Namun, dalam kasus lain, mengidentifikasi pesaing Anda tidaklah mudah. Pesaing Anda bisa berupa situs di bidang Anda, situs dengan peringkat yang bagus untuk keyword utama Anda  atau pesaing langsung keyword   Anda, dan lain sebagainya. Daftar pesaing Anda bisa jadi panjang dan pastinya Anda tidak dapat memantau mereka satu per satu. Lakukan pencarian dengan Google tentang keyword target Anda dan buatlah daftar situs / perusahaan yang muncul di atas dalam hasil pencarian. Anggaplah ini menjadi pesaing utama Anda.

2. Kunjungi Situs Pesaing Anda dan Analisis Mereka

Setelah Anda memiliki daftar pesaing Anda, langkah berikutnya adalah mengunjungi situs mereka dan analisis mereka. Anda harus lihat apakah situs mereka didesain secara profesional, apakah mereka memiliki banyak konten, seperti apa kualitas konten mereka, apakah mereka menggunakan URL statis atau dinamis, dan lain sebagainya.  Ini inspeksi situs dasar yang dapat memberikan banyak informasi tentang seberapa profesional situs pesaing Anda, maka bisa kita lihat seacrh engine menykainya atau tidak.

3. Menganalisis Keyword Pesaing Anda Gunakan

Keyword selalu menjadi faktor yang paling penting bagi keberhasilan SEO. Inilah sebabnya mengapa Anda bisa menganggap bahwa jika pesaing Anda menggunakan keyword dengan benar,maka  situs mereka akan memiliki peringkat yang baik di search engine. Anda mungkin kesulitan untuk mengidentifikasi keyword yang digunakan pesaing Anda karena apa yang Anda pikir keyword teratas untuk bidang Anda, mungkin tidak berada di daftar mereka sama sekali. Jika Anda tidak mengetahui keyword yang mereka gunakan, cobalah periksa apakah mereka menggunakan keyword Anda.

Atau Anda dapat gunakan Website Keyword Suggestion tool untuk memeriksa keyword yang seharusnya bekerja dengan baik untuk situs mereka. Saat melakukan pemeriksaan, Anda mungkin menemukan banyak keyword yang berguna Anda yang telah Anda lewatkan dan mulailah optimasikan situs Anda dengan keyword-keyword itu.

Anda juga harus memeriksa kepadatan keyword dari keyword pesaing Anda. Keyword Desnity Cloud tool akan membantu Anda mendapatkan ide. Di samping itu, jangan lupa untuk memeriksa lokasi keyword, seperti dalamjudul, metatag, tag gambar, URL, dan lain sebagainya.

keyword research

4. Periksa Kompetisi itu Backlink

Backlink adalah tulang punggung lain dari peringkat SEO yang baik. Inilah sebabnya mengapa Anda harus benar-benar memeriksa persaingan backlink. Ketahuilah jumlah dan asal usul mereka, anchor text dan lain sebagainya, maka Anda akan mendapatkan petunjuk bagaimana pesaing Anda lakukan di sisi ini. Sering kali Anda mungkin mendapatkan beberapa ide backlink , yaitu jika Anda melihat bahwa pesaing Anda memiliki backlink dari situs populer Anda tidak tahu, menghubungi webmaster dari situs populer untuk mengetahui apakah Anda bisa mendapatkan backlink dari mereka juga. Ada banyak tools gratis yang dapat Anda gunakan dan beberapa yang terbaik diantaranya adalah: Backlink Anchor Text Analisis dan Backlink Summary.

5. Periksa Faktor SEO Lainnya

Keyword dan backlink penting tetapi bukanlah segalanya. Untuk mengetahui bagaimana persaingan Anda diberi peringkat, Anda perlu melihat Page Rank pesaing Anda di Google dan bagaimana performa mereka di Yahoo dan Bing. Anda juga harus melihat berapa  jumlah halaman yang terindeks yang dimiliki situs pesaing Anda di search engine.

6. Evaluasi Keberadaan Kompetisi Anda di Media Sosial

Media sosial cenderung mengarahkan banyak traffic ke sebuah situs. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak dapat melewatkan apa yang dilakukan pesaing Anda lakukan pada media sosial. Sayangnya, pemeriksaan ini sulit untuk dilakukan. Situs social bookmarking adalah salah satu jenis media sosial dan Anda dapat memulai riset Anda dari sana. Silakan lihat pada beberapa situs bookmark sosial utama untuk melihat apakah pesaing Anda memiliki posting di sana dan seberapa populer posting mereka.

Twitter dan Facebook adalah dua sumber besar traffic  lainnya. Anda dapat menelusuri untuk melihat apakah pesaing utama Anda memiliki profil di situs tersebut, namun jika Anda tidak berteman dengan mereka, Anda tidak akan pernah tahu persis apa yang mereka posting. Namun, jika profil mereka memiliki bagian yang tersedia untuk publik, ini memberikan gambaran tentang apa yang mereka lakukan di Twitter dan Facebook.

7. Cara Menganalisis Pesaing Anda Apakah Menggunakan Iklan Pay Per Click (PPC)

Banyak perusahaan telah menyadari bahwa menggunakan PPC untuk mengarahkan traffic berkualitas yang lebih murah dan lebih efisien daripada optimasi peringkat yang baik dalam hasil pencarian alami. Google Adwords adalah pilihan yang lebih disukai untuk PPC tetapi ada juga jaringan lain yang banyak akan digunakan webmaster. Salah satu tool terbaik, meskipun terbatas pada Google Adwords saja, adalah Analyze Competition tool dari Google. Tool ini memungkinkan untuk membandingkan bagaimana PPC yang Anda lakukan dibandingkan dengan kampanye pesaing Anda.

Pemantauan pesaing Anda adalah tugas yang tidak pernah berakhir. Semua kegiatan yang tercantum dalam artikel ini cukup memakan waktu, tetapi jika Anda tidak ingin dibiarkan tidak mengerti tentang dunia di sekitar Anda, Anda perlu meluangkan waktu dan melakukan analisis. Bahkan jika Anda menyadari bahwa Anda tidak bisa memenangi kompetisi, setidaknya Anda belajar dari sana dan ini akan membantu Anda menjadi lebih efisien dalam usaha SEO Anda.

Referensi:  idblog.uptopromo.com

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.