Bagaimana Cara Mengetahui Peringkat Sebuah Situs

Ketika kita membangun backlink, mengirimkan posting tamu  atau sekedar beriklan di situs, kita ingin situs yang populer karena jaminan keberhasilan. Sementara tidak ada algoritma peringkat yang sempurna dan kita tidak pernah bisa yakin bahwa situs yang dipilih adalah yang baik (atau tetap demikian di masa depan), berikut adalah beberapa layanan peringkat untuk membantu Anda memutuskan apakah situs tertentu adalah berperingkat tinggi atau atau tidak.

 

1 Page Rank (PR)

Layanan Page Rank dari Google adalah cara yang paling populer untuk mengukur kualitas dan popularitas sebuah situs, tetapi belum cukup untuk memberi tahu kita dengan benar apakah situs berperingkat baik atau tidak. Ada terlalu banyak situs dengan PR meningkat, sehingga kita tidak bisa mempercayai PR itu sendiri.

Prinsip PR adalah bahwa situs dibagi menjadi 11 kategori dengan peringkat dari 0 sampai 10, masing-masing (ditambah situs berkategori N/A yang tidak termasuk dalam peringkat). Konsepnya adalah bahwa semakin tinggi PR, semakin baik situs. Situs yang memiliki PR 10 sangat jarang. Situs dengan PR dari 7-9 lebih umum tetapi tetap saja mereka adalah minoritas karena ini menunjukkan peringkat halaman situs yang berkualitas sangat tinggi. Jika situs memiliki PR 5 atau 6, ini berarti situs ini dipandang oleh Google sebagai situs yang berkualitas. PR 3 dan 4 adalah untuk situs rata-rata. PR dari 0 sampai 2 adalah untuk situs yang berada di bawah rata-rata dan oleh karena itu bukan kandidat backlinking kelas atas.

 

2 Alexa

Tidak seperti PR, Alexa tidak membagi situs dalam kelompok. Sebaliknya, Alexa mengatur mereka dalam daftar. Situs yang paling populer, seperti Google, Facebook  atau Twitter berada di bagian atas. Konsep di sini adalah bahwa semakin rendah peringkat Alexa, semakin populer situs tersebut. Situs dengan peringkat Alexa di bawah 10 ribu dianggap sangat populer. Situs dengan peringkat Alexa dari 10 ribu sampai 30 ribu memiliki popularitas yang sangat baik. Situs berperingkat Alexa hingga 100 ribu  mendapatkan lebih dari lalu lintas yang layak. Dapat dikatakan bahwa situs yang baik menjangkau hingga 200 – 250 ribu dan di atas iti adalah situs dengan lalu lintas rendah.

Cara terbaik adalah jika Anda menggunakan Alexa bersama dengan PR sekaligus. Meskipun ada beberapa korelasi antara keduanya, tidak terkecuali untuk menemukan situs dengan PR 6 dan Alexa lebih dari 100 ribu atau dengan PR 3 atau 4 dan Alexa lebih dari satu juta. Tinggal akukan cross-check situs dalam dua atau lebih layanan peringkat dan ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan relevansinya.

Salah satu manfaat dari Alexa adalah memungkinkan kita untuk melihat negara mana sebagian besar lalu lintas situs berasal.

3 Compete

Proses Compete.com seperti dua layanan pertama karena mereka mengumpulkan data sampel dari 2 juta pengguna AS saja, tetapi masih membantu untuk mengetahui apakah sebuah situs populer di Amerika Serikat atau tidak. Ketika Anda menganalisis data Compete, Anda akan melihat bahwa banyak situs dengan PR dan Alexa yang baik hampir tidak pernah terdengar di Amerika dan begitu juga sebaliknya.

 

4 Quantcast

Quantcast juga layanan dengan target utama pasar AS. Quantcast juga mengumpulkan data dari sampel ketimbang populasi internet umum, tetapi ini sampel terdiri dari webmaster situs, yang menyisipkan potongan kode di situs mereka, sehingga dapat melacak pengunjung. Quantcast juga mengumpulkan data mereka dari ISP dan perusahaan iklan. Tak perlu dikatakan, Quantcast tidak terlalu diandalkan karena ada jutaan situs besar yang tidak menggunakan layanan mereka tapi tetap saja merupakan salah satu layanan yang baik untuk memeriksa, jika Anda ingin mengetahui apakah sebuah situs baik atau tidak.

 

5 CustomRank

CustomRank.com menyediakan layanan yang menggabungkan beberapa metrik sekaligus menawarkan peringkat gabungan. Saat ini, layanan kumpulannya adalah MozTrust, MozRank, PageAuthority, DomainAuthority, Alexa, serta beberapa metrik lainnya, seperti banyaknya loading, tanggal dibuat dan apakah terdaftar di DMOZ atau tidak. Hal yang baik dari CustomRank adalah mencoba menyeimbangkan satu layanan dengan yang lain untuk menghasilkan nilai yang adil.

6 MozTrust dan MozRank

MozTrust, MozRank, bersama-sama dengan DomainAuthority dan PageAuthority semua metodologi yang dikembangkan oleh SEOmoz, salah satu nama yang paling terkemuka di SEO. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dua metrik ini sangat berguna untuk tujuan SEO. MozTrust mengukur skor link kepercayaan global, sementara MozRank mengukur popularitas link. Backlink sebuah situs lebih terkemuka, semakin tinggi skornya di MozTrust. Kedua MozTrust dan MozRank menggunakan skala dari 1 sampai 10 dan di sini aturannya adalah semakin tinggi, semakin baik.

 

7 ComScore

ComScore adalah perusahaan lain yang menggunakan sampel dari 2 juta pengguna untuk memberikan peringkat dan karena itu tidak dapat diandalkan seperti PR atau Alexa. Mirip dengan Compete dan Quantcast, ComScore  terasa lebih berguna saat Anda merencanakan anggaran iklan Anda daripada ketika Anda mencari situs untuk mendapatkan backlink tapi tetap situs top di internet hadir dalam daftar ComScore, sehingga layanan ini masih layak digunakan juga.

 

8 Google Trends

Google Trends lebih khusus ke pencarian volume keyword, tapi salah satu penggunaannya yang kurang dikenal adalah untuk membandingkan bagaimana biaya yang dipakai dua situs dari waktu ke waktu atau di berbagai daerah. Jadi, jika Anda memiliki beberapa situs Anda ingin mendapatkan data masa lalu, sehingga Anda dapat memprediksi kemungkinan popularitas masa depan mereka, Anda dapat melakukannya dengan Google Trends (Alexa juga menawarkan trendline untuk layanan semacam itu).

 

9 Ranking

Ranking.com adalah satu lagi layanan yang perlu dipertimbangkan jika Anda tidak puas dengan yang lain. Namun agak terbatas karena hanya satu juta ter atas situs yang termasuk ke dalamnya tetapi jika situs yang Anda inginkan tidak ada dalam daftar, itu karena Ranking berbicara banyak tentang popularitas. Peringkat mengumpulkan data dari toolbar browser Internet Explorer, yang artinya data kurang akurat karena tidak ada data dari pengguna Firefox dan Apple yang merupakan bagian dari sampel.

Daftar layanan peringkat tidak berakhir di sini tapi paling tidak ini adalah yang teratas. Gunakan secara bersamaan (3 atau lebih secara bersama) untuk menentukan apakah sebuah situs baik untuk backlink. Beberapa dari layanan ini tersedia sebagai ekstensi Firefox, sehingga pasang ekstensinya dan Anda akan tahu lebih banyak tentang situs saat Anda membukanya.

 

sumber: idblog.uptopromo.com

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.