Bagaimana Cara Mengatasi Macet Saat Menulis Artikel di Blog

Halo juragan… Terkadang kita pernah mengalami pada saat menulis artikel tiba-tiba ada gangguan atau ada masalah lain sehingga update kita tinggalkan, lalu akan tersimpan di draft. Kemudian besoknya kita akan melanjutkan artikel tersebut tetapi sudah lupa mau menulis apa, atau besoknya kita malas untuk melanjutkan artikel tersebut.

Sehingga akhirnya banyak artikel yang tersimpan di draft dan tidak jelas nasibnya. Menurut saya, sebenarnya tidak boleh ada satupun artikel setengah jadi yang tersimpan di draft. Kalaupun sampai terjadi, maka jangan sampai terlalu lama ada artikel tidur di draft.

Bagaimana cara mengatasi artikel yang macet seperti itu?

Pertama adalah jangan sampai anda mengalami macet di tengah jalan pada saat menulis artikel. Jika memang anda tidak bisa melanjutkan, segeralah buat kalimat penutup lalu publish. Selesai. Jangan sampai artikel anda tersimpan di draft, apalagi sampai punya puluhan artikel di draft selama berbulan-bulan.

Kita jangan terlalu pusing-pusing dengan kualitas artikel, yang penting maksud kita telah tersampaikan kepada pembaca sehingga pembaca tidak kecewa. Dan itu sudah termasuk artikel berkualitas karena pembaca tahu maksudnya.

READ  Kiat Manjur Menjadi Fashion Blogger Sukses

Resiko terlalu banyak menyimpan artikel di draft

– Terkadang artikel yang tersimpan di draft bisa terpublish tanpa sengaja oleh suatu hal. Saya pernah mengalami puluhan artikel setengah jadi yang ada di draft tiba-tiba hilang semua. Dan pada suatu hari ada pengunjung yang berkomentar di salah satu postingan saya bahwa artikel saya tidak jelas maksudnya, dan mereka kecewa. Ternyata itu adalah artikel saya bulan lalu yang tersimpan di draft dan terpublish tanpa sengaja ketika saya memperbarui blog secara menyeluruh.

– Jika anda seorang publisher adsense, artikel setengah jadi yang terpublish tanpa sengaja bisa menyebabkan situs atau akun adsense dibanned. Karena bisa saja sistem deteksi otomatis google menganggap kita menggunakan software auto spinner atau mixer, dimana kalimat bacaan tidak jelas maksudnya seperti artikel buatan mesin. Atau bisa saja google mengira kita suka membuat artikel yang asal-asalan dan sama sekali tidak memberikan manfaat bagi pengguna.

READ  Menulis Artikel SEO-Friendly

Kesimpulan:

Menulis artikel sebaiknya jangan sampai putus di tengah jalan, sebab biasanya besoknya kita malas untuk melanjutkan lagi karena banyak yang lupa. Yang penting anda sudah bisa menyampaikan maksud anda kepada pembaca, lalu buatlah kalimat penutup dan klik publish.

^^ Semoga sharing pengalaman saya ini setidaknya bisa menambah wawasan bagi teman-teman semua tentang bagaimana cara-cara yang dilakukan oleh blogger lain jika mengalami gangguan pada saat menulis artikel. Jangan lupa baca juga Mengapa Anda Kehabisan Ide Menulis di Blog Adsense?

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

12 komentar

  1. draft saya hampir gak pernah diisi 🙂

  2. Paling tak scedule mbak?

  3. Iya Nih, saya Juga ada 30 artikel di draft, mau di perbaharui males sekali, oya adan kang jum , salam kenal kang jum, dari blogger bogor

  4. Blog saya udah lama nggak ada tulisan terbarunya mungkin udah sekitar 6 bulan tuh. Mau mulai lagi menulis tapi kayaknya butuh persiapan yang extra mantap lagi neh mba.

  5. Saya juga sering ditaruh di draf macet, besok udah lupa lagi mau nulis apa.

  6. Draft saya malah gak pernah dipakai, mbak Juragan… Biasanya saya menulis artikel atau postingan di Word sampai puluhan bahkan ratusan, terus di copas ke Notepad kalau mau posting atau dijadwalkan … yang penting postingan saya gak setengah jadi… kecuali kalau pas posting, eh tiba – tiba pulsa habis, ya sudah nunggu gajian dulu hehehe

  7. Gambar Gravatar Wahyu Eka Prasetiyarini berkata:

    bener banget, saya juga terlalu banyak nih nyimpan judul artikel di draft hape, sampai ada 1000 judul sampai sekarang belum digarap-garap artikel nya hehehe :D<br />wah harus semangat nih bikin artikel nya biar blog bisa up to date 😉

  8. Saya malah di draff belum sempet nulis, karena ngantuk saya klus nah lupa gak ada isinya baru besoknya buka lagi dan kembali mikir lagi mau nulis apa gitu mbak…. 😀

  9. saya kalo lagi nulis terus kehabisan kata2 suka langsung di publish aja karena kalo di simpan di draf suka lupa topik yg akan dibahas lagi.

  10. cara nya melanjutkan tulisan kita yang tersimpan di draf bagaimana mbak?sy kok g bsa ,tolong ya mbak,makasih,sy pk blogspot

  11. kadang suka begitu juga nih…

  12. yang saya harapkan dari judul postingan ini adalah bagaimana menulis artikel tanpa teputus atau kehabisan bahan utuk di tulis, bukan menjabarkan masalah artike di fodel draft mbak juci….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *