Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google?

Halo juragan… Sitelink (taut situs) adalah sebuah struktur link website kita yang ditampilkan di mesin pencari google. Sitelink ini dimaksudkan untuk memperingkas daftar isi halaman blog kita agar tidak menjulur ke bawah jika ada pengguna yang menuliskan judul blog kita di google search.

Jika kita tidak suka dengan sitelink ini kita bisa men-demote di webmaster tools agar semua tautan situs tersebut menjulur ke bawah. Wujud sitelink bisa anda lihat seperti gambar dibawah ini.

Sitelink ini yang membuat google, bukan kita. Google akan memberikan sitelink bagi blog yang dianggap memiliki peringkat tertentu. Misalnya, umur blog sudah lama, trafik blog lumayan bagus, dan hal-hal lain yang google menganggap situs tersebut perlu diberi sitelink.

Sitelink ini muncul dengan sendirinya dan terkadang juga hilang dengan sendirinya. Penyebab sitelink hilang adalah karena ada pesaing yang mendepak blog kita  di serp google, atau artikel kita banyak di copas oleh blog berperingkat tinggi. Sehingga setelink blog kita akan rontok ketika terjadi duel SEO di serp mesin pencari. Jangan lupa sempatkan membaca 7 Penyebab Trafik Pengunjung Blog Turun.

Sekarang pertanyaanya adalah:

Bagaimana caranya agar cepat mendapatkan sitelink?

Sebenarnya tidak ada cara khusus yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan sitelink dari google. Namun menurut saya ada satu cara ampuh yang bisa kita upayakan agar sitelink cepat nongol di google. Dengan adanya sitelink maka akan membuat blog kita sedikit keren di halaman penelusuran.

Yaitu: Gunakan domain tingkat atas (TLD).

Domain tingkat atas memiliki kekuatan tersendiri di halaman pencarian. Domain tingkat atas tidak bisa didepak oleh subdomain atau biasa disebut blog gratis, bahkan dengan mudah bisa mendepak blog gratis berumur lama yang berani menyamai artikel kita. Untuk mengetahui kelebihan domain tingkat atas sempatkan membaca Tips Membangun Blog Gratis Bertrafik Tinggi Luar Biasa.

Domain tingkat atas memiliki posisi kokoh dan bisa bertahan lama di halaman pertama google meskipun kita tidak pernah update artikel selama setahun. Sebagai contoh, gambar dibawah ini adalah domain tingkat atas yang telah saya copot dari blogger sekitar seminggu lalu, tetapi baru-baru ini google memberinya sitelink. Padahal blog itu sudah tidak ada.

Namun jika subdomain gratis, boro-boro mendapatkan sitelink, kita tidak update seminggu saja maka blog kita akan sepi seperti kuburan. Namun jika domain TLD, meskipun kita tidak update dua tahun, maka jumlah pengunjung tetap meluber dan peringkat alexa tetap bertahan pada posisi semula. Hanya sesekali turun naik, namun jumlah pengunjung tetap melimpah. Tetapi syaratnya kita harus memiliki setidaknya 100 artikel untuk diisikan di blog ber-domain tingkat atas tersebut. Jangan lupa sempatkan juga membaca Tips Memperbanyak Artikel Blog Dengan Posting Cepat.

Sekali lagi, untuk mendapatkan sitelink, atau untuk mempertahankan trafik blog yang telah anda raih dengan susah payah, gunakanlah Top Level Domain atau TLD. Kita hanya membayar 95 ribu pertahun tetapi trafik blog kita tidak akan hilang meskipun kita cuti dari ngeblog selama dua tahun.

Lebih-lebih anda menggunakan selfhosting, hmmm… dijamin blog anda akan menjadi juara di search engine. Kita bisa mendapat 1000 visitor unik perhari hanya dalam jangka 3 bulan. Tidak percaya? Silakan dicoba.

Hari ini saya sedang mempersiapkan sebuah domain yang saya copot dari blogger untuk saya pindahkan ke wordpress dengan hosting gratis namun profesional. Jika anda ingin tahu dari mana saya bisa mendapatkan hosting gratis namun profesional, silakan baca Tahukah Anda Hosting Gratis Terbaik Tanpa Iklan?

Sampai disini dulu informasi yang bisa saya bagikan kepada teman-teman dan semoga bermanfaat. 

Bagikan:
153 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.