vps murah

Home / Adsense

Selasa, 10 Juni 2014 - 15:09 WIB

Bagaimana Cara Iklan Google Ditargetkan ke Pengguna Situs Anda?

Halo juragan… Sebagai seorang publisher adsense, kita harus tahu bagaimana cara google menargetkan iklannya ke pengunjung situs kita. Hal ini harus kita pahami agar kita bisa menentukan cara terbaik untuk menempatkan iklan maupun menentukan niche blog, atau hal- hal lainnya yang berhubungan dengan optimasi adsense.

Dengan memahami cara google menargetkan iklannya ke pembaca situs kita maka kita akan tahu seberapa baik konten yang kita buat dan seberapa maksimal kinerja iklan di blog kita. Google benar-benar menargetkan iklan dengan sangat relevan bagi pengguna blog kita dan iklan-iklan tersebut berpeluang besar untuk di-klik menurut pandangan google. Google tidak hanya sekedar memunculkan iklan di blog kita, namun lebih dulu melakukan penyeleksian yang benar-benar ketat dan terprogram.

Oke, sekarang kita bahas bagaimana cara google menampilkan iklan di situs kita berdasarkan penargetan iklan yang digunakan oleh google.

Siapa yang dibidik oleh google ketika menargetkan iklan?
Pengguna. Google membidik pengguna sebagai target untuk menampilkan iklan, karena yang memerlukan iklan adalah pengguna, bukan pemilik website. Ketika pengguna masuk ke situs anda, maka google akan melemparkan “umpan” berupa iklan yang paling cocok dan paling disukai pengguna.

( i ) Perlu kita pahami bahwa google menargetkan iklan kepada pengguna blog anda tersebut ibarat seperti memancing ikan di kolam kecil. Jika google tepat dalam memberikan “umpan iklan” kepada pengguna blog anda, maka umpan tersebut akan berpeluang besar untuk di-klik.

Oleh karena itu bantulah google agar tepat dalam memberikan umpan iklan di blog anda. Caranya adalah dengan memastikan akses perayap adsense tidak mengalami masalah ketika hendak menargetkan iklan di situs anda. Silakan baca disini Cara Memperbaiki Perayap Adsense Ditolak Dan Laman Tidak Ditemukan.

* Iklan-iklan adsense tersebut ditargetkan oleh google kepada pengguna blog anda melalui tiga cara, yaitu penargetan penempatan, penargetan kontekstual, dan penargetn berbasis minat.

1. Penargetan kontekstual
Penargetan kontekstual adalah iklan ditargetkan di situs anda berdasarkan isi konten anda. Misalnya anda memposting artikel tentang web hosting, maka iklan yang tampil di blog anda adalah iklan yang berhubungan dengan web hosting, jasa domain, jasa pembuatan website, dan sejenisnya.

READ  Sudahkah Anda Mencoba Iklan Adsense Baliho 970x250?

Sebagai contoh, anda seorang netter yang sedang mengunjungi situs gadget. Artikel di situs tersebut tentunya berisi informasi tentang segala macam merk handphone dan komputer. Maka anda akan melihat iklan yang berhubungan handphone dan komputer juga di situs tersebut. Misalnya iklan tentang produk terbaru dari samsung mobile atau sonny ericson mobile.

Ini disebut penargretan kontekstual. Google menganggap iklan tersebut cocok dengan informasi yang dicari oleh pengguna sehingga berpeluang besar untuk diklik pengguna. Penargetan kontekstual ini lebih sering terjadi di blog dengan niche tertentu yang cukup spesifik. Iklan yang tampil sering menyamai isi konten.

(Baca juga: Sudahkan Anda Mencoba Iklan Adsense Baliho 970×250?)

2. Penargetan berbasis minat
Penargetan berbasis minat adalah iklan ditargetkan ke situs anda berdasarkan perilaku pengguna atau berdasarkan kesukaan pengguna. Misalnya pengguna blog anda suka main game online di internet, maka google akan menampilkan iklan-iklan yang berhubungan dengan game atau permainan-permainan lainnya meskipun konten anda berisi resep masakan padang.

Sebagai contoh, anda adalah seorang netter yang sering melihat gambar-gambar cewek cantik di internet. Riwayat penjelajahan anda tersebut akan tersimpan di kuki browser dan akan digunakan oleh google untuk mengetahui kegemaran alias hobby anda. Maka suatu saat nanti jika anda mengunjungi situs yang ada iklan adsensenya, google akan menampilkan iklan bergambar cewek cantik atau sejenisnya meskipun situs yang anda kunjungi tersebuit berisi resep masakan.

Ini disebut penargetan berbasis minat. Google berasumsi bahwa iklan bergambar cewek cantik lebih anda sukai daripada iklan masakan padang, karena google tahu bahwa anda lebih sering melihat gambar cewek cantik daripada melihat gambar makanan. Penargetan berbasis minat ini diterapkan karena google tahu selera anda.

READ  Ini Lho, Tempat dan Cara Terbaik Untuk Belajar Google Adsense

* Penargetan berbasis minat ini lebih sering terjadi di blog gado-gado atau blog buku harian. Karena blog gado-gado lebih sering dikunjungi oleh pengguna internet yang suka browsing mencari artikel apa saja sehingga riwayat penjelajahan mereka mengundang google untuk menargetkan iklan berbasis minat. Silakan baca juga Ibu Guru Sukses di Google Adsense Hanya Dengan Buku Harian.

3. Penargetan penempatan
Penargetan penempatan adalah iklan ditargetkan ke situs anda berdasarkan permintaan pengiklan. Misalnya, pengiklan menyukai niche pada website anda kemudian mereka secara khusus memilih situs anda untuk menampilkan iklannya melalui saluran khusus (custom channel) yang anda buat. Maka iklan milik advertiser yang telah membidik situs anda tersebut akan sering tampil di blog anda.

Sebagai contoh, anda memiliki blog super niche dan bertrafik bagus. Kemudian anda membuat saluran khusus atau custom channel, lalu anda menampilkan custom channel tersebut kepada pengiklan adwords. Jika ada pengiklan adwords yang melihat custom channel yang anda buat lalu mereka tertarik dengan situs anda, maka pengiklan adwords akan menargetkan iklannya ke situs anda dengan harapan iklan mereka akan sering tampil di situs anda. Pengiklan adwords suka dengan situs anda karena produk mereka sama dengan niche yang ada di blog anda.

Penargetan penempatan ini akan menciptakan persaingan ketat terhadap iklan-iklan yang ingin tampil di situs anda sehingga hanya iklan yang membayar tinggi yang bisa tampil di blog anda. Akan tetapi google juga melihat iklan berdasarkan “angka mutu” alias seberapa besar kemungkinan pengguna mengklik iklan. Jika google melihat bahwa ada iklan lain yang memiliki angka mutu lebih baik, maka google akan menggunakan penargetan berbasis minat atau penargetan kontekstual meskipun blog anda adalah blog niche.

^^ Sampai disini dulu informasi yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman dan semoga bermanfaat. jangan lupa baca juga Cara Meningkatkan CTR Adsense Dengan Warna Iklan Unik.

Share :

Baca Juga

Adsense

2 Cara Mencari Uang Adsense Paling Mudah Dan Cepat

Adsense

Prakiraan Penghasilan Adsense Anda Bulan Desember

Adsense

Cara Terbaru Merubah Warna Iklan Adsense Dengan Gaya Iklan

Adsense

Kisah Sukses Publisher Adsense James Graham

Adsense

Belajar Sukses di Google Adsense Dari Nick – Moosey

Adsense

Akun AdSense di Banned, Sakitnya Tuh Disini…

Adsense

Tips Mengoptimalkan Iklan Adsense di Situs Berbagi (Joint Venture)

Adsense

Menyimak Iklan Adsense Musiman