Awas Saat Pergantian Musim Rawan Terserang Penyakit, Lakukan Hal Ini Untuk Mengantisipasinya

Indonesia mempunyai 2 iklim yang silih berganti tiap tahunnya. Musim panas/ kemarau dan musim hujan. Di saat pergantian musim, yaitu saat berakhirnya musim panas menjelang musim hujan tiba, biasanya banyak yang terkena flu. Siapa saja yang saat itu ketahanan tubuhnya sedang lemah, baik itu orang tua maupun anak-anak bisa dipastikan akan terserang penyakit ini. Maka dari itu untuk mengantisipasi sangat diperlukan kondisi tubuh yang prima, makan makanan bernutrisi hingga olahraga.

penyakit-pergantian-musim

Karena saat tubuh kita fit maka dengan mudah kita bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, bahkan dengan cuaca yang buruk dan ekstrim sekalipun. Dibawah ini beberapa tips dan trik untuk Anda saat menghadapi pergantian musim, sehingga bisa terhindar dari yang namanya sakit, khususnya sakit flu.

1. Perbanyaklah minum air putih

Cara yang paling mudah menyehatkan badan untuk mengantisipasi pergantian musim adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Selain untuk menghindari dehidrasi, air putih juga memiliki manfaat untuk menekan racun dari dalam tubuh dan mengurangi resiko terserang batuk dan pilek

2. Dengan Rutin Olahraga

Olahraga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya saat pergantian musim. Walaupun itu cuma olahraga ringan, misalnya hanya lari-lari kecil di pagi ataupun sore hari, tetapi jika kita melakukannya secara rutin dan sampai berkeringat, maka sudah bisa membantu mengkondisikan tubuh agar selalu prima. Salah satu alasannya adalah, karena saat kita melakukan olahraga maka tubuh akan banyak mengeluarkan keringat. Dan keringat yang keluar tersebut adalah akibat pembakaran lemak dan racun yang keluar dari dalam tubuh.

3. Konsumsi Suplemen, Buah Dan Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin C

Vitamin C salah satunya berfungsi sebagai penguat ketahanan tubuh seseorang. Oleh sebab itu gaya hidup yang sehat seperti rajin berolahraga di tambah dengan banyak mengkonsumsi vitamin C akan semakin membuat kondisi tubuh menjadi prima. Dan tentunya semakin fit kondisi tubuh semakin jarang penyakit mendekat, termasuk flu. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C yang asli dan alami yaitu yang berasal dari sayuran, makanan dan buah-buahan. Misalnya, buah jeruk, paprika, buah bery, pepaya, habbatusauda dan yang lainnya

4. Banyak Konsumsi Sup jamur

Sup Jamur adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga stamina tubuh. Itu karena, dalam jamur terkandung banyak zat yang kaya akan nutrisi. Efek yang dirasakan langsung saat mengkonsumsi sup jamur adalah, badan langsung terasa hangat. Untuk itu sup ini juga baik untuk melegakan batuk dan mencegah pilek.

5. Selalu Menjaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan dalam kondisi apapun adalah sangat penting. Termasuk dalam menjaga kebersihan badan, tempat tinggal serta lingkungan. Selain sedap di pandang mata tentunya juga sangat besar manfaatnya untuk kesehatan. Semua bakteri, kuman penyebab berbagai penyakit sangat menyukai tempat yang kotor, disana mereka hidup dan berkembang biak.

Dan selain itu dampak lain dari kurangnya bisa menjaga kebersihan adalah, potensi terserangnya penyakit akibat dari polusi atau pencemaran udara di sekitar kita. Semakin sering kita menghirup udara yang tercemar memperbesar potensi kita untuk terserang penyakit. Misalnya sakit batuk, radang tenggorokan, pilek, flu serta penyakit-penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus, yang bisa menular melalui udara yang kotor.

Dengan menerapkan pola hidup sehat maka badan pun otomatis akan lebih sehat dan tahan dari berbagai penyakit, termasuk penyakit yang ditimbulkan dari efek pergantian musim. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Jangan lupa simak juga Manfaat Luar Biasa Limbah Kulit Telur Yang Belum Banyak Diketahui.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.