Awas! Merokok Terlalu Banyak Bisa Meningkatkan Resiko Diabetes

Beberapa hari yang lalu saya browsing di Internet tentang resiko penyakit diabetes. Penyakit ini seperti yang diketahui banyak orang bisa dikategorikan sebagai penyakit umum yang mematikan selain penyakit jantung, penyakit hipertensi dan stroke. Diabetes mellitus sendiri digolongkan menjadi dua buah kategori yaitu tipe 1 dan tipe 2.

diabetes-melitus-type-2
Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2

Menariknya diabetes mellitus tipe 2 kebanyakan dialami oleh seseorang yang merupakan perokok berat. Memang tidak hanya faktor merokok yang menyebabkan seseorang bisa mengidap penyakit diabetes mellitus tipe 2 karena ada beberapa faktor lainnya seperti tidak teraturnya dalam berolahraga, dan tidak menerapkan pola hidup yang sehat.

Gejala-gejala awal yang dialami oleh penderita diabetes mellitus tipe 2 antara lain adalah mudahnya merasa haus, kencing terlalu sering hingga mudah kelelahan. Nah, yang saya mau bagikan dengan teman-teman sekalian adalah pengalaman saya mengenai gejala awal yang saya sebutkan diatas.

Saya memang belum pernah ke dokter untuk melakukan pengecekan kadar glukosa dalam darah. Namun saya adalah perokok berat dan saya seringkali mengalami rasa haus yang berlebih, kencing terlalu sering dan juga mudah kelelahan. Ketika saya mengetahui gejala awal diabetes mellitus tipe 2 ini seringkali saya alami, saya menjadi takut.

Saya pun termasuk orang yang hampir tidak pernah berolahraga. Terakhir kalinya saya berolahraga secara teratur yaitu ketika masih bekerja di sebuah percetakan di bilangan Sunter, Jakarta Utara. Itu pun sudah 6 tahun lalu terakhir kalinya saya lakukan, setelah itu, saya paling berolahraga ketika berlari takut terlambat absen masuk kantor J.

Saya mulai berpikir bahwa seharusnya saya bisa mengurangi atau bahkan berhenti merokok demi kesehatan saya. Hal ini sudah saya pikirkan dengan matang beberapa hari ini. Jika saya sudah merokok, saya bisa menghabiskan 1 bungkus rokok mild dalam satu hari. Kalau beli rokok filteran juga hampir sama saja banyaknya yang dihabiskan.

penderita-diabetes
Penderita diabetes mellitus tipe 2 akibat sering mengkonsumsiย racun dari rokok

Terus terang saja saya jadi agak khawatir setelah membaca mengenai gejala penyakit diabetes mellitus tipe 2 yang saya baca di Internet. Saya ingin membagikan hal ini kepada teman-teman sekalian yang mungkin mengalami gejala-gejala awal yang sama. Saya berharap saya tidak akan terkena penyakit ini dan berniat untuk hidup lebih sehat dengan berhenti merokok.

Jika teman-teman mengalami tanda-tanda seperti rasa haus yang berlebih, mudah kelelahan dan kencing terlalu sering dalam satu hari, silahkan berbagi di dalam kolom komentar ya. Saya tunggu komentarnya J. Oh ya, jika teman-teman ada yang mau membagikan informasi mengenai obat diabetes alami, silahkan saja berbagi di kolom komentar juga ya.

Bagikan:
15 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.