Awas, Bahaya Penggunaan Botol Plastik Ternyata Sangat Menakutkan!

Botol plastik, menjadi salah satu wadah yang sekarang sudah marak ada di mana-mana, dan sudah sangat gampang ditemui. Dengan kehadiran dari botol plastik, tentu bisa membuat segala sesuatu, untuk ditampung, menjadi lebih mudah dan praktis.

Akan tetapi, dengan adanya botol plastik, ternyata, salah satu limbah ini sulit untuk diuraikan dan nantinya, akan membuat bumi menjadi kian sesak dengan sampah plastik-plastik, diantaranya botol plastik. Oya, simak juga Kiat Memulai Usaha Dari Sampah Menjadi Berkah.

minum-botol-plastik

Sebenarnya, jika dilihat dari aspek kesehatan, botol plastik ini menyimpan bahaya yang tidak sedikit bagi tubuh manusia. Lantas, bagaimana cara menyiasari botol plastik ini ke depannya?

Plastik adalah bahan sintetis yang sudah diproduksi menggunakan beragam senyawa yang ada di dalamnya. Memang, ada beberapa plastik yang dikenal dengan istilah plastik PET, di mana salah satu jenis ini memang aman untuk digunakan. Akan tetapi, plastik jenis ini hanya bisa digunakan sekali saja, atau sekali pakai, lalu buang.

Biasanya plastik ini akan dibuat menjadi botol plastik, dan dijadikan sebagai wadah minuman, sekarang ini sudah banyak beredar.

Sebenarnya, plastik yang seperti ini tidak boleh untuk dipakai lagi, karena pada saat proses daur ulang, terdapat unsur kimia, yang mampu membuat plastik diharuskan melepas zat kimia yang ada di dalamnya, atau lebih disebut dengan nama BPA (Bisphenol A). Inilah zat yang mempunyai dampak negatif bagi kesehatan tubuh kalian.

Yang lebih membahayakannya lagi, di dalam botol plastik ini terkandung adanya zat kimia, yang disebut dengan nama phthalates, di mana zat kimia ini akan membantu botol plastik menjadi lebih fleksibel nantinya. Dengan zat kimia ini, ternyata, perlu digarisbawahi, bisa memicu timbulnya beragam masalah kesehatan yang amat beresiko, seperti jumlah spe*ma yang menurun, masalah kesehatan reproduksi, hingga terjadinya kanker liver.

Maka dari itu, lebih disarankan untuk mengurangi penggunaan plastik, dengan mengganti menggunakan gelas kaca atau dengan bahan yang lain agar bisa mengurangi produksi dari limbah plastik itu sendiri.

Bahkan, perlu Anda ketahui sebelumnya, jika limbah plastik ini membutuhkan waktu yang sangat lama, hingga sekitar 450 sampai dengan 1000 tahun, agar limbah ini bisa terurai dengan baik oleh tanah.

Mulai sekarang, coba untuk menjaga kelestarian lingkungan, dengan dimulai hal-hal yang mudah, seperti mengurangi adanya limbah plastik ini. Jangan lupa ketahui juga Berapa Banyak Gelas Kopi yang Dianjurkan Diminum Dalam Satu Hari?

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.