Asyiknya Makan Sate Bekicot di Karangkates

Hari ini saya akan mengajak anda menengok danau dataran tinggi di timur, tepatnya di karangkates, malang, jawa timur.

Ada apa di sana?

Tidak berbeda dengan daerah-daerah lainnya, di sana ada warung makanan. Namun warung di sini bukan sembarang warung, anda bisa menemukan sate bekicot dengan mudah di hampir semua warung lesehan di sekitar bendungan lahor. Di karangkates, sate bekicot juga disebut sate 02.

Jika anda melintas di karangkates, pastikan anda mampir di warung lesehan di selatan dam lahor untuk mencicipi gurihnya sate bekicot. Selain sate bekicot, disini juga bekicot goreng maupun keripik bekicot yang gurih rasanya. Pak dokter bilang katanya bekicot mengandung protein yang tinggi dan juga mengandung obat alami bagi kesehatan tubuh. Karena itu sate bekicot bukanlah sembarang makanan.

Warung lesehan ini terletak di selatan dam lahor, tepatnya setelah pintu masuk dari arah malang, berjejer di sisi barat jalan. Setiap pengendara yang lewat pasti mampir sejenak disini untuk minum kopi, makan bakso atau makan sate bekicot. Sepeda motor atau mobil anda bisa diparkir di depan warung dan dijaga oleh petugas parkir selama anda ngopi.

Warung-warung disini merupakan tempat idola saya setiapharinya jika jemu ngeblog dan ingin mencari udara segar. Hal pertama yang saya tuju adalah sate bekicot, lalu makan bakso urat sapi pedas dan panas, hmmm…

Bahkan si kecil ini tiap hari minta dibelikan sate bekicot karena ia telah tahu rasanya, grih, pedas dan sangat menggugah selera.

Sate bekicot terbuat dari hewan bekicot yang biasanya merambat di pohon pisang atau melata di tanah sehabis hujan. Mereka banyak dijumpai di daerah pegunungan atau dataran tinggi hutan hujan tropis. Beberapa warga berburu bekicot pada malam hari sebagai mata pencaharian, dan harga perkilonya cukup mahal, sekitar 20 ribu rupiah perkilogram beserta cangkangnya.

Selain sate bekicot, anda juga bisa makan ikan bakar. Bahkan, anda bisa membawa pulang sekeranjang ikan bakar, karena danau lahor merupakan penghasil ikan air tawar terbanyak di wilayah sini dan deretan warung ikan bakar bisa anda temui di sebelah utara dam lahor. Baca juga Menikmati Ikan Bakar di Dam Lahor Karangkates.

Anda melintas di karangkates? Pastikan anda mapir di warung lesehan di selatan dam lahor untuk minum kopi, makan bakso dan menikmati sate bekicot yang pedas dan gurih rasanya.

^^ Jangan lupa baca juga Jalan-jalan Sore Hari di Dam Karangkates.

Bagikan:
9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.