Apakah Pernah Merasa Blog Anda Dipandang Sebelah Mata?

Saya tidak tau dengan artikel ini saya akan memberi kata kunci apa. Yang saya tau, saya menulis untuk berbagi sebagian pengalaman ngeblog saya. Mudah-mudahan banyak berguna.

Nah, sesuai dengan judul ..pernahkah Anda suatu saat mengalami hal yang sedemikian? Anda merasa bahwa blog anda dipandang sebelah mata atau istilahnya diremehkan?

Atau mungkin hanya perasaan Anda sendiri? Mengapa setelah sekian lama menulis blog, pengunjung hanya segitu gitu aja. Bahkan tak pernah ada komentar pengunjung menghampiri blog Anda?

Ujung-ujungnya Anda sendiri yang berkomentar dengan alamat email cadangan Anda.

Ini adalah sampel klasik yang banyak menghantui blogger. Jelas banyak hal yang membuat Anda merasa seolah-olah blog Anda diremehkan. Salah satunya adalah rasa minder Anda sendiri.

Mengapa?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, sebaiknya lihat kembali isi blog anda. Apakah semua materi dan hasil tulisan Anda mempunyai sesuatu yang bernilai bagi orang lain?

Apakah blog Anda hanya catatan pribadi untuk keperluan Anda sendiri? atau memang Anda berniat membuat blog untuk sharing dan berbagi.

Mas brow, yang buat blog bukan hanya Anda seorang, banyak mereka diluar sana berlomba-lomba membuat artikel yang menarik untuk setiap pembacanya.

Nah, persaingan pun tak terelakkan…Jika blog Anda hanya mempunyai artikel yang notabene pas-pasan dan umum seperti artikel lainnya apakah Anda akan bisa menembus kancah persaingan?

Lantas apa? apakah Anda harus membuat artikel yang wow? atau artikel yang spektakuler? Lalu jenis yang bagaimana artikel yang seperti itu?

Oh..tidak, Anda hanya perlu membuat style di blog Anda..Anda hanya perlu membuat perbedaan untuk blog Anda, dengan gaya dan kemampuan Anda sendiri.

Inilah saya..dengan hasil tulisan saya, dengan segala pemikiran dan pencurahan hati saya yang saya salurkan melalui blog. (Stop, jangan terlalu melankolis)

blog-anda-diremehkan

 

Dan..apakah cukup hanya itu?

Itu belum cukup mas brow, tetapi setidaknya itulah modal utama buat melangkah ke dunia blogging.

Langkah selanjutnya..

Ini termasuk dalam hal yang bisa dikatakan penting, yaitu menentukan template atau theme dari blog Anda.

Saat ini banyak sekali pilihan theme baik gratis maupun berbayar, Anda bisa pakai yang manapun.

Anda bisa poles tampilan blog sebagus dan sesimpel mungkin, karena loading blog juga merupakan satu penentu prestasi blog Anda.

Jangan membuat yang aneh-aneh dalam blog sehingga terkesan seperti pasar malam, ada kelap-kelipnya.

Ingat…blog anda belum terkenal, jangan membuat lari pengunjung hanya karena blog Anda lambat di akses.

Setidaknya anda sedikit mempelajari tentang SEO

Ada beberapa hal yang mestinya Anda pelajari, terutama SEO (Search Engine Optimation). Karena dengan SEO artikel Anda akan dimanjakan oleh google, yaitu menempati hasil peringkat terbaik di search engine.

Tidak usah di jelaskan lagi, dengan peringkat terbaik di mesin pencari otomatis artikel Anda akan berpeluang banyak untuk dikunjungi.

Setidaknya ini akan mengurangi sedikit pekerjaan Anda karena tidak perlu kampanye keliling dari satu media sosial ke media sosial lain.

Apakah cukup sampai disini?

Tentu tidak, Anda harus jadi leader di blog Anda dengan memacu konten di blog Anda sendiri.

Jika Anda hanya paruh waktu mengurus blog , buatlah pengaturan khusus masalah waktu agar bisa membuat konten secara rutin.

Dan jika Anda seorang full timer blogger saya tidak bisa berbicara banyak, ini hanya masalah malas dan tingkat kerajinan seseorang.

Kerena banyak full timer blogger yang niatnya mencari bahan artikel, justru kena pelet film India dan ber’ nehi-nehi ria, akhirnya artikel terbengkalai.

Apakah dengan melakukan semua hal ini blog anda masih diremehkan?

Tentu hal ini belum bisa dijadikan pijakan jika Anda hanya melakukannya dalam sesaat saja.

Yang pasti, Anda harus melakukan hal ini berturut-turut dalam 3 bulan pertama. Saya yakin hal ini akan sangat mendongkrak trafik blog secara signifikan.

Otomatis peringkat Alexa rank atau apapun yang menjadi patokan peringkat blog akan mempunyai nilai yang bagus. Setelah itu lanjutkan 3 bulan berikutnya dengan durasi sesuai planing anda.

Jangan krisis konsisten

Anda bisa buka kamus mengenai kata konsisten, tapi yang jelas jangan sampai Anda sendiri kehilangan arti dari istilah kata itu. Teruslah mencapai target yang bisa Anda buat sendiri sebagai patokan, sehingga tujuaan awal Anda tercapai.

Keberhasilan Anda akan segera terwujud manakala Anda melihat statistik pengunjung mulai tampak bergerak naik dengan teratur, semua kelelahan Anda akan terbayar pada saat itu.

Apakah anda terlalu berat untuk melakukan hal itu?

Saya tau, setiap kemampuan orang pasti berbeda-beda. Anda hanya cukup menerapkan beberapa hal yang berkaitan dengan konsistensi serta berkelanjutan dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Mengapa saya mengatakan hal yang demikian? Karena saya juga pernah mengalami hal itu pada awal pertama membangun sebuah blog.

Saya hanya seorang buruh TKI yang mengadu nasib di negri orang, pastinya Anda tau sendiri kalau jadi buruh itu sama sekali tidak menyenangkan. (Karena banyak waktu tersita untuk kerja)

Nah, saya yakin dan percaya hasil kerja keras Anda juga akan berbuah manis jika Anda punya prinsip dan semangat. Insya Allah blog Anda tidak akan diremehkan lagi, tidak dipandang sebelah mata oleh mesin pencari karena blog Anda terlihat sangat aktif.

Anda juga tidak perlu lagi membuat email cadangan untuk mengomentari blog Anda sendiri, jika blog Anda mempunyai peringkat yang bagus maka banyak pengunjung dengan sukarela mengomentari blog Anda, walaupun hanya sekedar “say hello”

Wasalam…

 

Bagikan:
40 Comments
  1. Supriyantocs

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.