Apakah Menciptakan Artikel Orisinil Secara Rutin di Blog Itu Sulit?

Seperti pertanyaan pada judul di atas: apakah membuat artikel original secara konsisten itu sulit? Jawabannya adalah: Ya ! Buktinya banyak blogger (dan juga saya sendiri) yang tidak bisa membuat artikel original setiap hari dengan alasan bermacam-macam, misalnya: tidak ada waktu lah, sibuk kerja lah, capek lah, malas lah, dan lah lah lainnya.

capek-menulis-artikel

Menulis artikel orisinil secara rutin itu bukan sekedar mencari ide dan menyusun kata-kata saja, akan tetapi waktu, tenaga dan kesempatan juga merupakan bagian dari artikel original yang bisa tercipta setiap hari. Bahkan uang juga termasuk bagian dari artikel original. Cobalah anda mau mengeluarkan uang (biaya), maka tidaklah sulit bagi anda membuat artikel original secara rutin untuk makanan blog anda setiap hari. Banyak jasa artikel atau jasa update blog yang siap mengisi blog anda dengan artikel original.

Namun apakah hanya dengan sekedar menerima artikel original kita bisa puas?

Dari segi kepuasan tentu saja tidak! Sebagai seorang blogger, maka tentu saja kita juga harus menulis artikel sendiri untuk menyalurkan hobby berceloteh di blog. Selain itu, dengan terlatihnya diri kita menulis artikel sendiri setiap hari, maka blog kita akan terus terupdate ketika si jasa artikel atau jasa update blog yang kita gunakan sedang macet.

Kesimpulan:

Sesulit apapun sulitnya membuat artikel baru, namun kita harus bisa memaksa diri kita sendiri untuk bisa rutin menulis artikel setiap hari, terlebih lagi bagi blogger yang menggunakan blog untuk uang. Seperti apa yang dikatakan oleh Bapak Blogger Indonesia, yaitu Bapak Enda Nasution, “untuk mendapatkan uang dari blog tak perlu berorientasi pada uang, tapi paksa diri kamu untuk terus menulis”.

Demikian secoret opini saya tentang unek-unek pokok yang dihadapi oleh para blogger, yaitu tentang problema membuat artikel baru untuk makanan blognya setiap hari. Happy blogging dan salam sukses 😀 Jangan lupa lihat juga Mencoba Membuat Blog Super Minimalis Lagi Untuk Main Adsense.

Bagikan:
17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.