vps murah

Home / Adsense

Sabtu, 3 Mei 2014 - 19:07 WIB

Apakah Kode Iklan Adsense Boleh DiParse?

Halo juragan… Kali ini saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang apakah memparse kode iklan adsense melanggar kebijakan program adsense. Memparse kode iklan adsense seringkali menimbulkan rasa khawatir bagi para publisher, terutama publisher pemula. Mereka khawatir bahwa memparse kode iklan ini dilarang oleh kebijakan program adsense sehingga beberapa publisher tidak berani melakukannya.

Hal itu wajar, karena saya sendiri dulu juga takut mau memparse kode iklan adsense. Jangan-jangan memparse kode iklan ini hanya akal-akalannya para blogger saja dan google melarangnya.

Sekarang marilah kita bahas bersama.

* Berdasarkan kebijakan program adsense, publisher dilarang merubah unit iklan adsense. Namun ada batasan-batasan tertentu yang diijinkan oleh google untuk merubah kode iklan. Misalnya, menyetel Ad-Format pada unit iklan responsive. Secara default unit iklan responsive menggunakan format “auto”. Tetapi pubilsher boleh merubah “auto” menjadi “horisontal”, “vertical”, dan “rectangle” agar sesuai dengan ukuran ruang iklan yang disediakan. Untuk informasi tentang cara memasang unit iklan responsive di blog silakan baca Cara Aman Memasang Iklan Adsense di Postingan Desain Responsive.

Contohnya seperti di bawah ini:

<ins class=”adsbygoogle”
    style=”display:block;”
    data-ad-client=”ca-pub-1234″
    data-ad-slot=”5678″
    data-ad-format=”auto></ins>
<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<script>(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});</script>

auto boleh dirubah menjadi rectangle, horizontal atau vertical agar sesuai dengan ruang iklan yang tersedia di blog anda.

READ  Tips Sukses Mengoptimalkan Adsense Via Wordpress Selfhosting

Contoh lain:

<style type=”text/css”>
.adslot_1 { width: 320px; height: 50px; }
@media (min-width:500px) { .adslot_1 { width: 468px; height: 60px; } }
@media (min-width:800px) { .adslot_1 { width: 728px; height: 90px; } }
</style>
<ins class=”adsbygoogle adslot_1″
    style=”display:inline-block;”
    data-ad-client=”ca-pub-1234″
    data-ad-slot=”5678″></ins>
<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<script>(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});</script>

Yang berlatar kuning itu boleh anda rubah agar sesuai dengan lebar blog anda. Karena jika tidak dirubah terkadang iklan akan lari kesamping, atau keluar dari tempat yang anda inginkan.

( i ) Namun untuk perubahan selain di atas itu dilarang oleh kebijakan program adsense.

Apakah memparse iklan dibolehkan oleh kebijakan program adsense?

1. Google tidak menerangkan secara rinci tentang memparse iklan, namun google menyarankan kita seperti di bawah ini:

Letakkan kode iklan di situs Anda
Salin dan tempel kode iklan ke dalam kode sumber HTML laman yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan, sambil memperhatikan bahwa tindakan ini akan secara dinamis mewarisi ukuran penampung induk.

2. Google juga mengijinkan publisher menyematkan kode iklan adsense disumber HTML yang nantinya tampil seperti gambar di bawah ini.

Jika kita menyematkan kode iklan adsense di sumber HTML begitu saja tanpa diparse apakah iklan bisa tampil? Tentu saja iklan tidak bisa tampil bukan?! Nah, agar iklan bisa tampil maka kode iklan harus kita parse dulu. Berarti google mengijinkan kita memparse kode iklan.

READ  Cara Merubah Mata Uang Pelaporan Adsense Menjadi Rupiah

( ? ) Perlu kita tahu bahwa memparse kode iklan ini adalah bertujuan agar kode iklan bisa dibaca oleh browser sehingga iklan bisa tampil. Jadi memparse ini bukan merubah kode iklan meskipun menurut pandangan mata kita kode iklannya berubah, karena menurut browser kode iklan tidak berubah.

Jika google tidak mengijinkan kita memparse kode iklan, pasti google akan menyediakan kode iklan tersendiri yang bisa tampil tanpa diparse. Dari sini kita sudah bisa yakin bahwa memparse kode iklan itu dibolehkan oleh google dan tidak melanggar TOS tentunya.

Yang dilarang adalah merubah kode iklan yang mengakibatkan tampilan iklan berubah maupun merubah kode iklan yang berdampak meningkatkan pendapatan yang tidak semestinya. Misalnya, menghilangkan tulisan ads by google, menambahkan kata kunci untuk menargetkan iklan tertentu dan rekayasa-rekayasa lain yang berpotensi membahayakan pengiklan maupun hal-hal negatif lainnya.

Kesimpulan:

Memparse kode iklan adsense tidak dilarang asalkan script iklan aslinya tidak dikurangi atau ditambahi dengan embel-embel buatan anda sendiri.

^^ Sekian dulu info yang bisa saya sampaikan buat teman-teman, semoga tulisan ini bisa menghapus keraguan kita semua tentang misteri memparse kode iklan adsense dilarang atau tidak. Jangan lupa baca juga Cara Menentukan Ukuran Iklan Adsense Membayar Mahal.

Share :

Baca Juga

Adsense

Cara Video Unik Youtube Mendapat Jutaan Tayangan Dengan Cepat

Adsense

Mengapa Akun Google Adsense Anda Dibanned?

Adsense

Memanfaatkan Blog Zombie Untuk Main Adsense

Adsense

Manfaat Lain Dari Pengujian A/B Adsense (Experiment Beta)

Adsense

Web Hosting Terbaik Untuk Bisnis Online Dan Publisher Adsense

Adsense

Asyiknya Diterima Google Adsense

Adsense

Mengapa Detik.Com Menyukai Iklan Skyscraper di Postingan?

Adsense

Earning Adsense Kembali Naik Sebulan Paska Lebaran