Apakah Google Adsense Bisa Dijadikan Pekerjaan Tetap?

Halo juragan… Kali ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan seorang teman kita publisher adsense yang ingin mengundurkan diri dari pegawai. Pertanyaan ini saya lihat secara tanpa sengaja di sebuah treadh di forum ketika saya sedang browsing.

Memang rejeki itu adalah rahasia illahi, hanya Allah yang berhak menentukan rejeki siapapun. Tidak sedikit seorang publisher yang berawal dari iseng-iseng saja, namun jika keisengan tersebut ditekuni setiap hari maka akan memberikan hasil yang diluar perkiraan mereka sendiri.

Google adsense adalah sebuah peluang mencari uang dari blog dengan kapasitas penghasilan tanpa batas. Tergantung sampai dimana keseriusan publisher dalam mengoptimalkan adsense, maka berapapun penghasilan mereka akan dibayar tepat waktu oleh google. Dan saya sendiri terus terang juga menggunakan adsense untuk bekerja mencari nafkah, dan alhamdulillah adsense bisa menjawab masalah saya. Setidaknya untuk mengepulkan asap dapur setiap hari tidak pernah mengganggu gaji suami.

Seorang sahabat bertanya di sebuah forum:

[ask] ane minta pendapat sama agan2 disini. istri ane menyarankan agar ane berhenti dari pegawai untuk menekuni adsense dengan serius, karena saat ini ane kewalahan mengelola 3 blog yang terus berkembang dengan pesat. Bagaimana pendapat teman-teman jika ane mengundurkan diri dari pegawai, karena penghasilan adsense ane jauh lebih tinggi dari gaji ane sebagai pegawai?

Ini mungkin pertanyaan ke-sekian ribu yang pernah tersimpan di benak para publisher adsense yang mulai memasuki tanda-tanda sukses. Sebelumnya, James Graham, seorang publisher adsense asal New Zealand mengundurkan diri dari bekerja sebagai buruh di luar negeri untuk menekuni adsense di dalam rumahnya sendiri. Tentu saja, tekun dijamin sukses. Tanpa disangka James Graham masuk ke list google sebagai publisher sukses kelas atas. Eks teman-teman sesama buruh mengatakan kini Graham “hidup di dalam mimpi”.

Begitu juga dengan pertanyaan salah satu teman kita di forum tersebut. Karena pertanyaan itu telah dijawab oleh para suhu, maka saya hanya menonton saja. Lagian saya gak bisa ikut menjawab karena saya tidak pernah mendaftar di forum. Kali ini saya akan mengulas jawaban dari pertanyaan tersebut di blog ini menurut pandangan saya pribadi.

* Pada hakikatnya pekerjaan tetap itu tidak ada. Semua pekerjaan pasti ada resikonya. Pegawai negeri maupun karyawan swasta bisa saja dipecat jika mempunyai kesalahan. Pengusaha bisa bangkrut jika mengalami kegagalan atau kesalahan dalam berbisnis. Bahkan presiden atau perdana menteri juga bisa lengser jika tersandung suatu kasus. Begitu juga dengan adsense. Akun adsense bisa saja dibanned setiap saat jika google menemukan adanya issue pelanggaran berbahaya di jaringan akun publisher.

Suatu pekerjaan bisa dikatakan sebagai pekerjaan tetap jika kita telah pensiun sesuai prosedur yang benar. Namun, secara umum pekerjaan dikategorikan dua macam, yaitu pekerjaan tetap dan pekerjaan tidak tetap alias freelance.

Bagaimana dengan adsense?
Adsense biasanya pada awalnya bukan pekerjaan tetap dan juga bukan pekerjaan freelance, tetapi pekerjaan sampingan atau pekerjaan sekunder. Namun jika ditekuni maka tentu saja akan sukses dan bisa menjadi pekerjaan utama atau pekerjaan tetap. Jika kita belum sukses di adsense, mungkin kita menganggap adsense hanyalah pekerjaan sampingan. Dan itu memang benar, sementara pekerjaan utama anda mungkin pegawai atau pengusaha muda.

Seperti halnya James Graham yang awalnya pekerjaan sehari-harinya adalah sebagai buruh, namun pada akhirnya adsense memaksa Graham untuk berhenti sebagai buruh dan memberinya penghasilan utama.

Semua akan berjalan dengan sendirinya tanpa kita memaksakan. Suatu pekerjaan yang awalnya menjadi pekerjaan sampingan bisa saja akhirnya menjadi pekerjaan utama, dan begitu pula sebaliknya. Pekerjaan utama bisa berubah menjadi pekerjaan sampingan atau bahkan ditinggalkan sama sekali.

* Kesimpulan dari pertanyaan di atas:

Bagaimana jika saya mengundurkan diri dari pegaai dan fokus di adsense?

Jawab dulu pertanyaan ini:
1. Apakah anda yakin jaringan akun adsense anda mematuhi kebijakan program?
2. Apakah penghasilan adsense anda sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup anda?
3. Apakah anda sudah menyiapkan rencana matang untuk mengembangkan website adsense?
4. Apakah anda yakin bahwa adsense merupakan bakat anda yang terbaik bagi anda?
5. Apakah anda punya pekerjaan alternatif jika akun adsense anda dibanned?

Jika jawabannya YA, anda boleh mengundurkan diri dari pegawai dan fokus di adsense.

Studi kasus:
Yakin dan Percaya Diri adalah faktor utama menuju sukses. Jika dari awal anda takut tidak bisa sukses di adsense, sebaiknya urungkan niat anda main adsense dari sekarang. Karena jika anda paksakan maka akan menimbulkan kerugian di belakang hari. Namun jika anda yakin dan percaya diri bahwa anda bisa sukses, maka kemampuan akan menghampiri anda. Anda akan mampu menghadapi segala rintangan di hadapan anda dan semua ujian yang anda lalui akan menjadi sebuah pengalaman unik yang menyenangkan.

Suatu hari saya melihat ada seorang publisher yang mengeluh di mesin pencari. Dia menuliskan kata kunci di google search dengan tkeyword, “ya alloh kenapa pengunjung blog ku rendah”. Anda bisa lihat curhatnya pada gambar di bawah ini.

Lalu pengunjung dari USA itu berlabuh di artikel saya yang berjudul Cara Menentukan Ukuran Iklan Adsense Yang Membayar Mahal. Tentu saja saya langsung berasumsi bahwa beliau adalah seorang publisher adsense yang trafik blognya dilanda kesepian. Trafk sepi itu wajar, dan saya sendiri juga pernah mengalami hal seperti itu.

Trafik adalah faktor utama sukses di adsense. Siapa yang akan nge-klik iklan kita jika blog kita minim trafik? Namun trafik blog sepi menurut saya hanya bersifat sementara saja. Trafik blog akan ramai dengan sendirinya jika anda telah mempunyai artikel yang banyak dan semuanya orisinil. Oleh karena itu untuk sukses di adsense tidak ada cara instant, semuanya perlu waktu dan kerja keras.

Kita akan tahu sedapnya bermain adsense jika kita telah memiliki setidaknya seribu artikel orisinil dengan alexa rank dibawah 50 ribu. Jumlah artikel merupakan salah satu penentu banyaknya trafik, selain alexa rank juga menentukan.

Oleh karena itu pada masa-masa merintis jangan berpikir tentang earning dan earning, tetapi berpikirlah tentang bagaimana cara memperbanyak artikel yang orisinil dan berkualitas. Itu saja! Nanti trafik akan datang dengan sendirinya serta diikuti earning adsense terus naik dari hari ke hari. Jika trafik blog anda tinggi, iklan anda pasti ada saja yang ngeklik meskipun anda sembunyikan di bagian yang paling tersembunyi di blog anda. Namun jika anda ingin mendapatkan klik syah yang banyak, maka iklan harus ditempatkan di tempat-tempat yang paling dekat dengan perhatian pengguna.

* Berikut ini saya ingin berbagi tentang step-step penting dalam bermain adsense yang harus kita lalui, khususnya bagi pemula:

1. Semakin perdalam pemahaman tentang kebijakan program agar akun anda aman dari banned. Jika situs anda mematuhi kebijakan program, resiko dibanned kecil. Selain itu, jika akun kita mematuhi kebijakan program maka kita berani menghubungi tim adsense sewaktu-waktu tanpa rasa takut. Bahkan kita malah ingin blog kita mendapatkan perhatian khusus dari adsense agar diberi tips sukses (ngarep.com).

2. Perbanyak artikel orisinil. Tujuannya adalah untuk mendapatkan trafik organik yang tinggi dan bertarget. Klik yang datang dari mesin pencari memiliki BPK yang tinggi, atau setidaknya lumayan meskipun blog indo, dan juga aman dari smarth pricing.

3. Belajar pengoptimalan adsense. Pelajari cara yang baik dan benar tentang cara pengelolaan dan penempatan iklan di blog. Menurut saya, SEO tidak penting. Dan saya tidak pernah mengandalkan ilmu SEO karena sekarang hasil pencarian dikendalikan oleh algoritma hummingbird. Artikel orisinil dan berkualitas dijamin juara satu di SERP google meskipun dicopas oleh puluhan copaser di internet. Dan artikel yang mengcopas dijamin macet di google, sementara dalam beberapa kasus blog mereka banyak yang dihapus google. Jika tidak dihapus sekarang, mungkin nanti. Hanya menunggu waktu.

4. Sabar dan tawakal, serta tetap semangat. Beberapa blogger banyak yang patah hati ditengah jalan. Ada yang blognya ditinggalkan begitu saja karena trafik tak kunjung naik, ada juga yang blognya dijual karena penghasilan tak kunjung datang, dan berbagai tindakan galau lainnya. Padahal hanya tinggal sejengkal saja mereka akan sukses. Ingatkah masa-masa lalu betapa susahnya ketika anda berjuang mendapatkan akun adsense? Kini anda hanya perlu menambah artikel setiap hari sampai jumlah artikel mencapai 1000 artikel, maka rasa lelah anda sekian lama akan sirna seiring masuknya dollar yang manis di saku anda setiap bulan. Nantinya anda hanya perlu update seminggu 3 kali saja maka blog akan bekerja sendiri mencari uang untuk anda.

Sekian dulu informasi yang saya bagkan buat teman-teman hari ini dan semoga bisa membangkitkan semangat kita semua untuk menggapai sukses. Jangan lupa baca juga informasi penting yang berjudul Apakah Situs Download Melanggar Kebijakan Program Adsense?

Bagikan:
54 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.