Apa Yang Dimaksud Buku Warna Pantone?

Jika anda pergi ke toko material dan menanyakan soal cat yang cocok untuk anda pakai di rumah anda. Biasanya para pemilik toko material akan membawa buku panduan warna pantone yang mereka miliki kepada anda. Mereka (pemilik toko material) jual cat warna pantone  oleh karena mengetahui bahwa warna-warna cat yang terstandarisasi secara internasional oleh pantone adalah warna-warna yang terbaik.

Selain itu mereka memberikan anda panduan warna tersebut agar anda lebih mudah untuk memilih warna yang sesuai dengan konstruksi rumah anda.

cat-warna-pantone

Buku panduan warna pantone ini pertama kali diciptakan oleh Lawrence Herbert pada tahun 1963 dikarenakan ia masih merasa tidak puas dengan sistem pewarnaan yang ada pada saat itu. Jika anda melihat buku panduan warna pantone ini di toko material, anda akan menemukan bahwa sistem pewarnaan yang dibuat oleh Lawrence Herbert sangat sistematis.

Buku panduan pantone dilengkapi dengan sistem penomoran yang sudah sangat terstandarisasi. Dengan nomor-nomor ini anda bisa melakukan pencampuran warna tanpa harus kuatir salah dalam memilih cat yang cocok. Pencampuran warna sebelum adanya buku panduan warna pantone ini dilakukan dengan intuisi (mengandalkan feeling yang tajam). Namun, sekarang dengan sistem penomoran (bahkan perbandingan antara campuran satu warna cat dengan warna cat yang lain sudah disediakan di buku pantone) maka tingkat akurasi pencampuran warna lebih mudah tercapai.

Buku panduan warna Pantone sendiri di Indonesia disebarluaskan oleh PT Gramedia Asri Media yang ditunjuk oleh Pantone sebagai Authorized Distributor Color USA di Indonesia. Sampai saat ini Pantone masih menjadi satu-satunya pemegang hak paten atas warna-warna Pantone yang tersebar di seluruh dunia.

Kelebihan yang dimiliki warna pantone dibandingkan sistem pewarnaan lainnya adalah tingkat diversifikasi penggunaannya pada banyak bidang. Warna pantone juga digunakan untuk industri percetakan dan desain grafis, industri tekstil, repro house termasuk industri properti. Untuk jenis-jenis buku panduan warna pantone juga terdiri dari beberapa macam, diantaranya :

  1. Pantone untuk Properti dan Fashion

Pantone for F&H Color Guide (FGP 120), Pantone for F&H Specifier Paper (FBP 120), Pantone for F&H Specifier and Guide Paper (FPP 120), Pantone for F&H Passpor Cotton (FFC 124), Pantone for F&H Cotton Planner (FFC 125), dan Pantone Nylon Bright (FFN 100).

  1. Pantone Formula Guide Edisi 2012 (GP 1301 XR), edisi buku panduan warna pantone ini merupakan buku panduan warna pantone yang digunakan secara khusus untuk industri percetakan, desain grafis, industri pengemasan, dan industri pra cetak seperti repro house. Pantone Formula Guide edisi ini terdiri dari beberapa jenis lagi diantaranya adalah Pantone Formula Guide Coated, Uncoated, + Supplement (GP 1301XR), Pantone Formula Guide Coated, Uncoated, Pastel, Metallic (GP 1302), Pantone Premium Metallic Guide (GG 1305 Plus), Pantone Pastels and Neon Coated Guide (GG 1304), Pantone Color Bridge Guide Edisi 2012 (GG 4003) dan lainnya.

Informasi diatas mudah-mudahan membantu pemahaman anda tentang apa itu buku panduan warna pantone. Siapa tau kedepannya anda bisa bereksperimen (mencampur warna pantone) untuk menghasilkan warna pantone jenis tertentu bagi dinding rumah tinggal anda misalnya. Terima kasih dan salam sukses. Jangan lupa simak juga Apakah Penggunaan Wallpaper Lebih Baik Daripada Cat Dinding?

Bagikan:
9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.