Apa Rencana Blogging Anda Pasca Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah?

Halo teman-teman blogger, publisher adsense, pebisnis online, jasa domain hosting, diaryawan dan diarywati, serta segenap sahabat internet marketer dan juga para pembaca tercinta. Apa rencana blog anda setelah lebaran idul fitri 1436 H nanti?

Apa Rencana Blogging Anda Pasca Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah?

Mungkin pertanyaan di atas ada teman-teman yang sudah mempunyai jawabannya dan ada juga yang masih baru menyadari bahwa ada pertanyaan semacam ini. Jika anda baru menyadari, berarti anda tidak/belum mempunyai rencana untuk blog anda pasca lebaran, dengan kata lain: Anda masih menjalankan rencana awal dan belum melakukan upaya “perubahan” untuk blog anda paska lebaran.

Sebuah perencanaan baru biasanya dimulai pada awal tahun, dimana rencana baru akan menggantikan rencana sebelumnya atau sebagai tambahan dari rencana sebelumnya. Namun paska lebaran juga perlu dilakukan perubahan agar kita bisa mempercepat waktu untuk memasuki apa yang disebut suksesĀ  šŸ˜†

Langsung ke intinya:

Apa kendala, hambatan, rintangan, gangguan, yangĀ anda alami sehingga menghambat kemajuan blog anda? maka segerala menyusun rencana baru untuk mengatasi hal tersebut dan mulailah paska lebaran nanti.

Misalnya:

– Jika anda selama tidak mampu update artikel rutin atau tidak mempu menulis artikel sesuai kebutuhan website anda, silakan anda membeli artikel secara online atau mempekerjakan penuluis website. Anda bisa merekrut adik, kakak, saudara, tetangga, atau teman di dunia maya (facebook, google+, dll) sebagai penulis website anda.

– Atau jika anda punya rencana membangun sebuah website besar, silakan dimulai paska lebaran dengan menyiapkan domain dan hostingĀ serta desain website yang sesuai peran website anda.

– Jika anda sudah memiliki website yang sudah berjalanĀ dan semakin membesar tetapi server anda tidak mampu melayani dengan baik alias sudah sering down, maka siapkanlah anda membangun/ memiliki server sendiri.

Sebagai contoh: saat ini Mas Andrew DarwisĀ memiliki 16 server untuk mengoperasikan Kaskus.co.id yang merupakan website forum terbesar di negara Indonesia. Jika website anda sudah mulai besar, maka sudah saatnya paska lebaran nanti anda memiiki server sendiri, atau menggunakan server pribadiĀ seperti Hosting VPS.

– Jika anda ingin membangun website forum berskala besar, maka segeralah anda mengganti desain web anda dengan v-bulletin seharga 3,5 juta hingga 7 juta agar memiliki fitur-fitur yang bisa memanjakan member anda.

Dan jika anda sudah melakukan hal itu, maka siapkanlah Moderator Forum yang akan mengawasi situs anda. Pastikan moderator forum ini adalah orang-orang yang memahami tujuan website anda serta memahami aturan-aturan bisnis yang dijalankan di website anda. Setidaknya anda harus memiliki 2 orang moderator ahli dan ditambah diri anda sendiri, lalu anda membaginya dalam 3 shift kerja.

Shift 1 : Moderator 1 bertugas mengawasi forum mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Shift 2 : Moderator 2 bertugas mengawasi forum mulai jam 4 sore hingga jam 2 malam.

Shift 3 : Untuk shift 3 moderator forum nya adalah anda sendiri yang bertugas mengawasi forum mulai jam 2 malam hingga jam 8 pagi.

Selanjutnya setiap seminggu sekali dilakukan perubahan jadwal tugas atau disebut “Roster Kerja”, yaitu: moderator yang bertugas di shift 1 berganti ke shift 2, moderator 2 bertugas ke shift 3, dan anda sendiri berpindah ke shift 1. Roster kerja ini harus dilakukan setiap minggu agar anda beserta para moderator tidak jemu, dan kangen lupa siapkan kopi panas gelas besar selama mereka bekerja mengawasi website forum milik anda.

Apa tugas moderator forum?

1. Menghapus thread spam.

2. Membebaskan thread “asli” yang terjerumus ke folder spam.

3. Memberi warning dan memblokir member yang melanggar kebijakan forum.

Semua website besar memiliki beberapa pengawas yang bertugas dalam 24 jam sehingga jika ada gangguan dari para spamer maka postingan atau thread mereka akan langsung dihapus oleh tim moderator. Selain itu website anda juga harus anda lindungi denganĀ fitur penyaring konten atau content filtering.

#Sampai disini saja dulu info yang bagikan ke teman-teman dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca jugaĀ 3 Website Besar Yang Menjadi Inspirasi Saya.

Bagikan:
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.