Apa itu Rockwool?

Saya yakin sekali masih banyak diantara kita yang belum mengetahui apa itu rock wool? Rock wool memiliki sifat yang multifungsi dalam penggunaannya. Ketika pertama kali ditemukan rock wool berfungsi sebagai alat pertanian yang membantu petani untuk menggantikan tanah yang tidak subur.

Karena sifatnya yang baik untuk tanaman maka rock wool ini sangat ampuh untuk mengoptimalkan peranan pupuk. Hanya petani-petani dengan metode modern yang berani menggunakan metode rock wool sebagai pengganti tanah. Seiring dengan perkembangan penggunaannya rock wool dipergunakan sebagai alat insulasi termal.

Rock wool terbuat dari bahan bebatuan yang umumnya dikombinasikan dengan batuan basalt, batu kapur dan batu bara. Rock wool dibuat dengan cara dipanaskan sampai suhu mencapai 1600 derajat celcius. Sehingga batuan-batuan tersebut akan meleleh seperti lava kemudian nantinya cairan lava tersebut disentrifugalkan untuk membentuk serat-serat. Setelah itu rock wool bisa dipotong menjadi bahan jadi.

Rock wool ini bisa dipergunakan untuk meredam panas yang diakibatkan cahaya matahari. Bahkan dalam keadaan yang lebih berbahaya rock wool bisa menjadi penunda penyebaran api jika terjadi kebakaran di rumah. Jadi, anda masih bisa menggunakan sedikit waktu untuk menyelamatkan diri. Jadi banyak yang menggunakan rock wool ini sebagai kebutuhan konstruksi bangunan selain fungsinya sebagai media bantu di bidang pertanian.

Sifat dari rockwool sendiri padat dan menolak air sehingga tidak mudah kendur jika terkena air. Bagian isi dari rockwool yang padat memungkinkan media ini menjadi alat peredam suara yang sangat baik. Saat ini sudah ada perusahaan-perusahaan yang jual rock wool melalui dunia maya sehingga mempermudah anda untuk mencarinya.

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dari media rock wool ini adalah bahannya yang tidak mudah berjamur dan bisa digunakan pada berbagai macam suhu. Sehingga anda tidak perlu kuatir jika mendiamkan rock wool ini di tempat yang lembab.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.