Apa itu Mesin Press Hidraulik?

Apakah anda sudah pernah melihat mesin press hidraulik sebelumnya? Jika belum biasanya mesin ini banyak dipergunakan untuk kebutuhan industri-industri kecil hingga besar. Biasanya alat ini digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan khusus seperti menghancurkan bahan-bahan logam.

Baca juga:

Tidak hanya dipergunakan untuk menghancurkan bahan-bahan logam saja karena mesin ini juga bisa dipergunakan untuk kebutuhan pekerjaan seperti meluruskan bahan logam yang bengkok. Salah satu penggunaannya yang paling terkenal adalah untuk meluruskan rangka, stang dan velg sepeda motor yang bengkok karena hantaman keras.

Bahkan ada beberapa perusahaan terutama percetakan kelas menengah hingga besar yang menggunakan alat ini untuk merapikan kertas-kertas sisa potongan menjadi sampah kertas yang rapih. Mesin press hidrolik sesuai dengan namanya memiliki sistem kerja yang mengandalkan kekuatan angin. Jadi mesin ini memerlukan bantuan kompresor udara untuk membantu proses kerjanya.

mesin-press-hidrolis

 

Cara kerja mesin press hidrolik adalah sebagai berikut konsep tekan mesin press hidrolik didasarkan pada teori pascal dimana tekanan dapat diterapkan dalam cairan sistem tertutup maka tekanan tersebut di seluruh sistem akan konstan dan stabil. Bisa dikatakan bahwa mesin press hidraulik adalah sebuah mesin press yang tidak hanya mengandalkan kekuatan udara saja namun juga mengandalkan kekuatan cairan untuk melakukan penekanan.

Apakah ada mesin press yang tidak mengandalkan kekuatan hidrolik? Sampai saat ini sayangnya saya belum menemukan mesin press yang bisa anda temukan di pasaran Indonesia hanyalah yang bersistem hidrolik dan konvensional. Sangat jarang ada penjual mesin teknis yang menjual mesin press dengan menggunakan kekuatan listrik. Seandainya pun ada pasti harganya lebih mahal dibandingkan dengan mesin press hidrolik.

Namun perlu untuk anda ketahui bahwa kemungkinan besar mesin press hidrolik memiliki daya tahan yang jauh lebih lama dibandingkan dengan mesin press bertenaga listrik. Salah satu alasan kenapa yang membuat mesin press lebih cocok menggunakan kekuatan udara adalah karena kompresor lebih memiliki kekuatan yang lebih besar dan stabil dibandingkan dengan tenaga listrik.

Untuk harga mesin press sendiri memang variatif tergantung dari jenisnya yang anda butuhkan. Sebagai contoh harga mesin press tipe Krisbow KW0500567 harganya mencapai Rp. 40 jutaan. Mesin press hidrolik itu termasuk salah satu mesin press dengan spesifikasi yang paling bagus untuk kebutuhan daya tekan medium. Biasanya yang membedakan harga antara satu mesin press dengan mesin press lainnya adalah kekuatan daya tekannya. Ada mesin press yang bisa memiliki daya tekan hingga 20 ton tapi ada juga mesin press ukuran jumbo yang bahkan memiliki daya tekan hingga 100 ton.

Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai mesin press hidraulik ini. Mudah-mudahan penjelasan sesingkat ini bisa membantu pemahaman anda mengenai mesin press hidraulik. Terima kasih. Jangan lupa ketahui juga Apakah Biaya Sewa Concrete Pump Mahal Untuk Konstruksi Rumah Tinggal?

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.