Apa itu Guardrail?

Nama ini memang terdengar asing di telinga banyak orang walaupun sebenarnya sudah sering kita melihatnya di jalan-jalan tol antar kota. Guardrail adalah pagar pembatas jalan yang memisahkan ruas jalan yang satu dengan ruas jalan yang lainnya.

Guardrail memiliki kegunaan yang lebih dari sekedar pembatas ruas jalan saja yaitu sebagai salah satu alat safety di jalan raya. Guardrail mampu untuk menahan laju kendaraan yang menabraknya agar tidak masuk ke dalam ruas jalur jalan yang ada di sebelahnya.

guardrail-1

Guardrail sendiri terbuat dari bahan lempengan baja yang dibuat dengan mesin cold roll. Setelah diproses dengan menggunakan mesin tersebut lempengan baja itu disebut dengan nama W-Beam. Setelah mendapatkan proses W-Beam tersebut baja menjadi lebih lentur terhadap tekanan kinetik saat mobil menabraknya.

Namun tentunya ada pengecualian dari besaran daya kinetik saat tabrakan itu berlangsung. Kecelakaan mobil yang sampai bisa menembus guardrail juga pernah terjadi di negeri ini, saya tidak perlu menyebutkan siapa yang terlibat disana karena perkaranya sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

guardrail-2

Jadi walaupun guardrail berfungsi sebagai penahan daya kinetik saat tabrakan tapi ada batasan toleransi maksimumnya juga. Kecepatan di jalan tol sebaiknya anda perhatikan dengan baik supaya tidak melebihi batas yang sudah ditentukan oleh pihak kepolisian.

Kalau menilik dari kasus yang pernah terjadi tersebut apakah perlu guardrail yang dipergunakan oleh pihak pengembang jalan tol dipertebal? Bisa jadi iya. Dengan mempertebal lembaran baja W-Beam paling tidak daya tahannya akan semakin kuat terhadap daya hantam kendaraan.

Jangan lupa ketahui jugaย Apa itu Rockwool?

Bagikan:
17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.