Apa itu Concrete Pump?

Pertanyaan yang sangat sederhana “apa itu concrete pump?” Sebenarnya sudah banyak orang yang sudah melihat alat ini namun mungkin saja mereka tidak tau pasti apa nama alat tersebut. Concrete pump akan seringkali anda temukan di tempat-tempat yang sedang mengalami perombakan total secara infrastruktur. Alat ini memang memiliki fungsi yang sangat unik.

Ya, fungsi alat ini adalah sebagai pemompa beton beserta dengan material campurannya. Kenapa beton harus sampai dipompa? Mungkin itu pertanyaan yang sebersit muncul dalam benak kita.

Ya, concrete pump dikhususkan untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau dengan cara pembetonan normal (menggunakan truck mixer). Sebagai contoh saja sebuah gedung dengan tingkat tinggi biasanya memiliki struktur beton bertulang dan concrete pump adalah satu-satunya alat yang bisa menunjang pekerjaan ini.

Apa yang membuat concrete pump bisa mengerjakan pekerjaan yang sulit? Pertama, tentu saja karena lengan panjang yang dimilikinya. Lengan concrete pump dapat membawa pipa yang akan menyalurkan material beton beserta dengan campurannya ke ketinggian yang cukup menjulang.

Keunggulan tersebut membuat concrete pump sampai saat ini menjadi alat yang belum tergantikan di bidang konstruksi bangunan. Untuk jenisnya sendiri concrete pump memiliki dua jenis yaitu tipe mobile dan fixed. Untuk concrete pump jenis mobile adalah concrete pump yang paling banyak digunakan saat ini karena kemudahannya.

Concrete pump tipe mobile adalah sebuah concrete pump yang menjadi satu kesatuan dengan truk atau kendaraan yang membawanya. Hal tersebut semakin memudahkan concrete pump untuk bergerak menjangkau area-area yang paling sulit sekalipun.

Untuk concrete pump yang bertipe fixed adalah concrete pump yang tidak bisa bergerak kemana-mana karena tidak dibawa oleh sebuah kendaraan. Walaupun sudah memiliki lengan yang panjang, concrete pump jenis ini tetap memiliki kelemahan karena kurang mampu menjangkau area yang sangat sulit.

Lalu pertanyaan selanjtunya adalah untuk pekerjaan seperti apa concrete pump digunakan? Biasanya concrete pump digunakan untuk pengecoran lantai atau slab    . Setiap concrete pump memiliki kapasitas pengecoran yang berbeda-beda namun kisarannya berada di angka 10 s/d 100 m3 per jam.

Sewaktu proses pengerjaan berlangsung, concrete pump juga membutuhkan concrete vibrator sebagai alat bantu untuk memadatkan pengecoran sehingga mendapatkan hasil beton yang tidak mudah keropos. Pekerjaan tentunya akan lebih cepat dan mudah dengan adanya concrete vibrator ini sebagai alat bantu.

Nah, yang terakhir bagaimana dengan soal harga concrete pump? Sejujurnya jarang sekali ada perusahaan yang menjual concrete pump, jikalau ada harganya akan sangat mahal bisa mencapai miliaran rupiah. Dan concrete pump sendiri biasanya dibeli atas nama korporasi yang sudah cukup besar (dalam hal ini perusahaan konstruksi bangunan) bukan berbasis individu.

Saya rasa cukup sekian informasi dari saya. Mudah-mudahan artikel singkat ini memberikan wawasan baru kepada terutama soal concrete pump. Jangan lupa ketahui juga Apa itu Rockwool?

 

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.