Anda Ingin Mendapatkan Penghasilan Adsense Yang Terbaik?

Halo juragan… Setiap publisher memiliki pengalaman yang berbeda-beda sepanjang sejarah mereka di adsense. Hal itu disebabkan karena cara yang mereka gunakan juga berbeda-beda. Ada yang hanya menulis artikel dan mendatangkan trafik saja.

Ada yang memilih-milih niche tertentu. Ada yang memilih-milih template tertentu. Ada yang memilih-milih bahasa tertentu, dan sebagainya. Bahkan ada yang menggunakan software auto-spiner atau mixer untuk mencetak artikel, dan bahkan ada pula yang menggunakan cara-cara yang melanggar atau black-hat. Dan cara-cara yang melanggar ini janganlah dicoba jika anda ingin sukses di adsense yang sebenarnya.

Dari kesekian banyak cara yang mereka lakukan, namun hasilnya masih saja kurang memuaskan. Publisher masih saja mencari-cari cara lain bagaimana agar pendapatan adsensenya bisa maksimal. Mereka tidak percaya dengan trik-trik mereka sendiri yang telah ia lakukan.

Apa saja faktor yang menunjang earning adsense bisa maksimal?

Berikut ini saya ingin berbagi pengalaman meskipun saya bukanlah master dan belum masuk ke dalam kriteria publisher sukses. Tetapi setidaknya pengalaman saya ini mungkin bisa mencegah kesalahan-kesalahan kecil kita di masa depan.

1. Bahasa

Bahasa yang dimaksud ini adalah bahasa inggris. Bahasa inggris sangat berpengaruh terhadap nilai CPC alias harga klik setiap iklan. Karena pengunjungnya adalah orang-orang dari negara-negara premium dimana nilai uang disana lebih tinggi daripada rupiah. Otomatis pendapatan yang anda boyong dari luar negeri jika dikurskan rupiah akan menjadi besar ketika tiba di rumah anda.

2. Niche

Niche sangat berpengaruh terhadap pendapatan adsense kita. Niche akan memberikan 2 keuntungan bagi kita. Pertama, iklan akan lebih tertarget. Artinya, semua iklan yang tampil akan selalu mirip dengan isi postingan sehingga berpeluang besar untuk diklik pengguna.

Kedua, pengguna akan lebih tertarget. Artinya, pengguna blog anda adalah orang-orang yang tepat, karena mereka akan melihat iklan yang tepat dan sesuai dengan informasi yang mereka baca di blog anda.

2. Template

Template sangatlah berpengaruh dalam hal RKT/CTR alias jumlah klik iklan. Pemilihan template yang tepat bisa jadi akan mendongkrak penghasilan adsense anda.

Dalam studi kasus yang saya alami, saya memiliki beberapa blog dengan niche yang sama serta jumlah trafiknya juga sama, namun templatenya berbeda. Hasilnya, ternyata jumlah klik iklan atau CTR-nya berbeda. Ini bukti bahwa masing-masing template memiliki kinerja yang berbeda-beda dalam hal CTR. Bahkan blog saya lainnya yang bertrafik tinggi bisa dikalahkan oleh blog bertrafik rendah tetapi ber-CTR tinggi.

3. Hosting dan Domain

Domain dan hosting sangat berpengaruh terhadap trafik blog yang pada akhirnya mempengaruhi pendapatan adsense. Untuk masalah yang satu ini saya tidak akan menjelaskan disini karena telah saya tulis pada beberapa posting sebelumnya. Salah satunya silakan anda baca di Memperbanyak Blog WordPress Untuk Mengoptimalkan Adsense.

Satu lagi, untuk hasil yang maksimal anda bisa menggunakan Hosting USA kelas Bisnis. Seperti kita tahu, hosting dibedakan menjadi 3 kelas, yaitu hosting gratis, hosting premium, dan hosting bisnis. Hosting bisnis harganya lebih mahal dari hosting kelas lainnya. Namun meskipun harganya mahal (2 kali lipat hosting premium), tetapi anda tidak akan rugi jika melihat hasilnya.

Tapi jika anda masih dalam tahap merintis, sebaiknya gunakan hosting premium saja dengan server USA dan ini merupakan kelas sedang namun hasilnya lumayan bagus. Hosting premium harganya tidak terlalu mahal dan saya sendiri menggunakan hosting premium (kelas sedang) dengan server USA.

4. Perubahan

Seperti prinsip sukses, “Kesuksesan adalah perubahan”. Blog anda harus memiliki perkembangan dari hari ke hari, baik dalam hal trafik maupun kualitas artikel. Jika blog anda mengalami perkembangan tersebut, maka penghasilan adsense anda akan terus merangkak naik dari hari ke hari. Meskipun lambat namun pasti.

Tetapi jika website anda tidak mengalami perkembangan alias macet, berarti penghasilan anda akan mecet juga dan berpotensi untuk tenggelam karena akan di kalahkan oleh website-website lain yang memacu pertumbuhan mereka.

5. Modal

Anda harus mau mengeluarkan modal sejak awal, apalagi jika blog anda telah berkembang pesat dan menghadapi persaingan yang ketat di internet. Karena kita tidak akan mampu melayani kebutuhan permintaan artikel setiap harinya jika hanya mengandalkan jari-jari kita saja.

Beberapa publisher sukses menghadapi persaingan ini dengan cara membayar penulis online yang profesional untuk mencetak artikel berkualitas tinggi. Meskipun biayanya mahal, namun kualitasnya akan membuat pertahanan website anda menjadi kuat dari depakan website-website besar yang siap menelan blog anda.

^^ Ini adalah salah satu tips sukses di google adsense, semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya dan juga saya. Tapi jangan lupa baca juga info keren yang satu ini: Rahasia Sukses Publisher Adsense Dari Awal Hingga Akhir

Bagikan:
12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.